article

Tingkatkan Keamanan Jaringan Anda Dengan Rutin Ganti Password

Senin, 1 Jul 2024
image

Keamanan jaringan WiFi sangat krusial untuk melindungi data pribadi dan perangkat dari ancaman yang tidak diinginkan. Salah-salah bukan data Anda saja yang hilang dan disalahgunakan tapi besar kemungkinan juga perangkat Anda juga rusak. Salah satu langkah paling efektif untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan rutin mengubah password WiFi.

Lantas bagaimana cara mengubah password WiFi? Yuk simak langkah-langkah sederhana berikut ini!

Cara Ubah Password WiFi Agar Internetan Tetap Aman

Akses Halaman Pengaturan Router

Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu mengetahui alamat IP router. IP yang sering menjadi default biasanya 192.168.1.1 atau 192.168.0.1. Selanjutnya ikuti langkah-langah ini:

  1. Buka browser web yang biasa Anda gunakan seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari
  2. Ketik alamat IP router di bilah alamat browser lalu tekan enter
  3. Login ke halaman pengaturan di mana Anda akan diminta memasukkan username dan password. Jika Anda belum pernah mengubahnya, username dan password default dapat ditemukan di manual router atau di bagian belakang router.

Temukan Menu Keamanan

Setelah login, langkah selanjutnya adalah menemukan menu keamanan atau pengaturan nirkabel (wireless settings). Setiap merek dan model router mungkin memiliki tampilan antarmuka (interface) yang berbeda, tetapi langkah urutannya serupa.

Berikut adalah panduan umum untuk menemukan menu ini:

  1. Di halaman utama pengaturan router, cari opsi yang mengarah ke pengaturan jaringan atau wireless settings
  2. Setelah menemukan pengaturan jaringan, klik pada opsi tersebut untuk masuk ke pengaturan wireless
  3. Di dalam pengaturan wireless, cari menu keamanan (security) yang biasanya mencakup pengaturan WPA/WPA2

Ubah Password WiFi

Di menu keamanan, Anda dapat mengubah password WiFi dengan mudah: Cara mengganti password WiFi yaitu:

  1. Pastikan Anda menggunakan metode keamanan yang kuat, seperti WPA2-PSK (AES)
  2. Di kolom password, masukkan password baru yang ingin Anda gunakan. Pastikan juga password tersebut kuat dan sulit ditebak, misalnya dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.
  3. Masukkan kembali password baru di kolom konfirmasi untuk memastikan tidak ada kesalahan pengetikan.
  4. Ada baiknya juga pertimbangkan untuk memakai password yang disugestikan oleh perangkat lunak seperti Windows dan MacOS.

Simpan Perubahan

Terakhir, cara mengubah password WiFi adalah dengan menyimpan perubahan yang telah Anda buat dan me-restart router jika diperlukan. Begini langkah-langkahnya:

  1. Setelah memasukkan password baru dan mengkonfirmasinya, klik tombol simpan atau apply untuk menyimpan perubahan
  2. Beberapa router mungkin memerlukan restart untuk menerapkan perubahan yang dibuat. Jika demikian, cari tombol restart di halaman pengaturan atau matikan dan nyalakan kembali router secara manual.
  3. Setelah router kembali menyala, perangkat yang sebelumnya terhubung ke jaringan WiFi Anda akan terputus. Anda perlu input password baru pada setiap perangkat untuk menyambung kembali ke jaringan.

Internetan Aman dengan Indibiz

Langkah-langkah di atas dapat membantu mengoptimalkan keamanan jaringan WiFi Anda. Apalagi bila jaringan tersebut diandalkan untuk operasional bisnis yang menyimpan banyak data-data sensitif yang tidak boleh diakses oleh sembarang pihak.

Karena faktor keamanan pentingnya keamanan jaringan WiFi untuk berbagai industri, layanan internet bisnis dari Indibiz menghadirkan solusi keamanan tingkat tinggi untuk melindungi operasional bisnis Anda.

Indibiz sendiri merupakan ekosistem solusi digital dunia usaha dari Telkom Indonesia yang membantu pebisnis menciptakan peluang dan mewujudkan harapannya. Ekosistem yang dihadirkan Indibiz terdiri dari empat pilar strategis yang memberikan ragam solusi digital bagi UKM.

Pilar pertama adalah solusi platform dan layanan digital. Pilar kedua merupakan kolaborasi dengan startup dan para developer yang fokus untuk solusi kemajuan UKM.

Pilar ketiga yaitu kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan. Terakhir, pilar keempat yang mencakup kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Indibiz menawarkan beragam layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya karena hadir dengan berbagai layanan. Mulai dari Indibiz Education, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel, Indibiz Finance, Indibiz Health, Indibiz Ekspedisi, dan Indibiz Energi. Semuanya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Salah satu layanan yang dihadirkan oleh Indibiz untuk mendukung eksistensi bisnis Anda adalah Paket Internet Bisnis. Melalui paket ini, Indibiz mengajak Anda untuk menciptakan ekosistem digital bisnis dengan konektivitas andal tanpa batas dan tanpa hambatan jaringan lagi.

Tersedia beragam pilihan paket internet bisnis dengan kecepatan up to 200 Mbps serta layanan digital lainnya. Misalnya monitoring jaringan by Netmonk, layanan customer omnichannel engagement, bundling IPTV, hingga bonus teleponan ratusan menit

Cukup mulai dari Rp 400 ribu saja perbulan, Anda dapat meningkatkan peluang bisnis agar makin eksis melalui ekosistem digital dari Indibiz. Plus ada juga promo-promo menarik yang bakal bikin bisnis Anda lebih untung lagi. Yuk berlangganan Paket Internet Bisnis dari Indibiz sekarang juga dan dapatkan promo potongan 70% untuk biaya pasang baru!

Nah, untuk informasi selengkapnya tentang layanan internet bisnis dari Indibiz serta berbagai ekosistem solusi digital usaha lainnya plus penawaran spesial yang sayang untuk dilewatkan, kunjungi website resmi Indibiz atau  bertanya langsung melalui di platform media sosial @indibiz.id dan @indibizcare.

Bagikan:

Tips & Trik Bisnis Lainnya

Lihat Semua

Cari Tahu Info Terbaru

Jangan lewatkan penawaran eksklusif!

Daftarkan email Anda sekarang!