Detail Tingkatkan Kompetensi

13 Rekomendasi Ide Konten TikTok untuk Maksimalkan Bisnis Anda

Tips & Trick

Kamis, 21 Sep 2023

13 Rekomendasi Ide Konten TikTok untuk Maksimalkan Bisnis Anda

Banyaknya contoh ide konten TikTok yang dapat dibuat kini mulai membuat platform ini mengalami perubahan. Jika sebelumnya media sosial asal Tiongkok ini identik dengan hiburan belaka, sekarang media sosial ini mulai berubah menjadi platform yang dimanfaatkan untuk kebutuhan bisnis di seluruh dunia. 

Dijelaskan oleh para ahli, pertumbuhan angka pengguna TikTok yang cukup masif ini dikarenakan media sosial berbasis video sekarang menjadi jenis konten yang paling disukai. 

Dilansir dari Material, diinformasikan jika saat ini TikTok menjadi platform digital terdepan dalam perjalanan konsumen. Mulai dari penemuan (discovery), pertimbangan (consideration) hingga pembelian (purchase) jika dibandingkan dengan platform dan media sosial lainnya. 

Ini juga yang menjadi alasan mengapa semakin banyak UKM yang menggunakan TikTok sebagai platform untuk berbisnis. Hal ini didukung dengan data yang menyatakan kalau 37% dari pengguna TikTok menemukan produk baru di media sosial ini berakhir dengan membeli produk tersebut. Angka ini 1,5 kali lebih besar dibandingkan platform lain.

Tentunya untuk memanfaatkan TikTok untuk bisnis, diperlukan berbagai referensi konten TikTok yang dapat menarik perhatian pelanggan. Kira-kira, apa saja ide konten TikTok untuk bisnis yang dapat dibuat?

Referensi Ide Konten TikTok agar UKM Makin Sukses

Sama seperti media sosial lain, untuk memenangkan hati pengguna TikTok dibutuhkan strategi yang tepat. Strategi ini tentu saja meliputi ide konten TikTok apa yang harus diunggah agar dapat menambah follower dan membuat mereka membeli produk yang UKM Anda pasarkan. 

Untuk membantu pengusaha UKM, berikut ini beberapa referensi ide konten TikTok yang dapat digunakan oleh pengusaha UKM untuk memaksimalkan akun bisnis di TikTok.

1. Konten Perkenalan Usaha

Saat ini, banyak pelanggan yang ingin mengenal suatu brand terlebih dahulu sebelum menggunakan produknya. Hal ini biasanya dapat mempengaruhi apakah pelanggan akan melakukan pembelian dari perusahaan tersebut atau tidak.

Contohnya saja, seorang pelanggan yang beragama Islam dan memegang teguh nilai-nilai syariat tentu akan lebih memilih produk dari perusahaan yang mempunyai ideologi yang sama dengan dirinya.

Melalui ide konten TikTok untuk bisnis yang satu ini, Anda dapat berbagi cerita dan penjelasan mengenai perusahaan Anda. Informasi yang dapat diceritakan pada konten ini dapat berupa sejarah usaha, nilai dan value yang dipegang, dan budaya perusahaan Anda.

Dengan melakukan hal ini, Anda dapat membangun koneksi emosional dengan pengikut Anda dan menggambarkan sisi manusiawi dari bisnis Anda.

2. Penjelasan dan Perkenalan Produk

Setelah memperkenalkan profil perusahaan Anda dan values yang dimiliki, Anda dapat mulai memberikan konten video yang berisi perkenalan dan penjelasan detail terkait produk Anda. Konten ini dapat membantu calon pelanggan untuk mengenal lebih dekat dengan produk Anda.

Beberapa informasi yang dapat disampaikan pada ide konten TikTok yang satu ini seperti nama produk, kegunaan produk, keunggulan produk, komposisi produk, dan informasi lainnya.

Selain itu, ide konten TikTok yang satu ini juga dapat Anda jadikan sebagai katalog apabila Anda memiliki deretan produk yang Anda jajakan. Dengan begitu, pelanggan dapat memperoleh pengalaman yang lebih mudah dan menyenangkan untuk memilih produk apa yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Panduan Tutorial

Yang tidak kalah penting dengan video yang berisi perkenalan produk adalah video TikTok yang menjelaskan tutorial atau cara menggunakan produk. Terlebih lagi jika produk yang Anda jual memiliki faktor pembeda dengan produk-produk kompetitor di pasaran.

Anda dapat membuat dan membagikan video tutorial yang menunjukkan cara menggunakan produk atau layanan Anda dengan benar. Ini dapat membantu pelanggan potensial memahami manfaat yang mereka dapatkan dari produk atau layanan Anda.

4. Video Launching Produk Baru

Memiliki produk yang baru akan diluncurkan ke pasar? Anda dapat mempersiapkan konten yang berisi produk baru. Ide konten TikTok yang satu ini dapat menjadi sumber informasi bagi calon pelanggan terkait produk yang baru saja Anda luncurkan.

Tentunya untuk membuat video TikTok yang satu ini Anda perlu menyiapkan beberapa gimmick yang dapat menarik perhatian pelanggan. Contohnya seperti membuat konten yang bersifat click-bait, membuat konten yang berbeda 180° dengan konten Anda sebelumnya, atau metode-metode gimmick lainnya.

5. Mitra dan Ulasan dari Pelanggan

Berkembangnya media sosial menjadikan semakin banyak profil-profil pengguna media sosial yang memiliki dampak besar terhadap suatu brand. Profil-profil ini tidak perlu sampai ke tahap selebriti papan atas tanah air, namun juga dapat dari kalangan masyarakat biasa.

Uniknya lagi, informasi dan ulasan dari kalangan masyarakat biasa ini kerap kali membuat calon pelanggan menjadi lebih percaya dibandingkan ulasan dari selebritis yang memiliki kemungkinan telah dibayar untuk memberikan ulasan positif.

Maka dari itu, apabila Anda memiliki pelanggan yang membuat ulasan positif terkait produk, Anda dapat membagikan kembali video ulasan atau pengalaman positif tersebut. Ini akan memberikan bukti sosial dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

6. Video Proses Produksi

Tidak jarang pelanggan memiliki rasa penasaran terhadap bagaimana proses pembuatan produk yang ia gunakan. Anda dapat memanfaatkan rasa penasaran dari pelanggan dengan menyediakan ide konten TikTok yang satu ini.

Tunjukkan bagaimana produk Anda dibuat atau layanan Anda disediakan. Ide konten TikTok yang satu ini akan memberikan wawasan unik kepada pelanggan Anda tentang kualitas dan dedikasi Anda terhadap produk atau layanan tersebut.

7. Video Proses Packaging

Belakangan ini, konten unboxing atau membuka paket yang dibeli di online platform menjadi konten TikTok yang disukai audiens. Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat menjadikan hal kebalikannya sebagai ide konten TikTok untuk bisnis Anda, yaitu konten mengemas barang sebelum dikirim ke pelanggan.

Tidak hanya sekadar menjadi konten hiburan saja, konten proses pengemasan ini juga dapat menjadi sarana untuk menginformasikan kepada pelanggan bagaimana kualitas keamanan dan ketahanan produk dapat terjaga selama proses pengiriman.

Tentu saja hal ini dapat meningkatkan nilai trust pelanggan terhadap kualitas produk Anda sebelum sampai ke tangan pelanggan.

8. Tren Terkini

Tetap eksis dan keep up dengan tren terkini merupakan salah satu tantangan bisnis di era media sosial. Untuk itu, Anda harus dapat membuat konten TikTok yang sesuai dengan tren yang sedang ramai saat ini.

Yang perlu diperhatikan, pastikan tren yang sedang berlangsung tersebut dapat diaplikasikan pada konteks bisnis Anda. Hal ini agar tidak menciptakan ketidaksesuaian brand Anda dengan pesan yang disampaikan. 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengikuti tren terkini di TikTok. Misalnya, jika ada tantangan tari atau musik yang populer, Anda bisa mengikuti tren tersebut dan menyelipkan pesan bisnis Anda melalui konten video yang dibuat.

9. Challenge terkait Produk atau Layanan

Saat ini, banyak perusahaan yang memanfaatkan User Generated Content atau UGC untuk konten bisnisnya, Apa itu UGC? Singkatnya, User Generated Content merupakan segala jenis bentuk konten yang dibuat dan dibagikan dari pelanggan secara organik di akun pribadinya.

Anda dapat memanfaatkan UGC ini sebagai sarana promosi untuk bisnis Anda. Contohnya seperti mengadakan kompetisi atau tantangan yang mendorong pelanggan untuk menggunakan produk atau layanan Anda dengan cara yang kreatif dan membuat konten video TikTok. 

Misalnya, jika Anda memiliki toko baju, Anda bisa membuat tantangan "Tampil Gaya dengan [Nama Produk Anda]" di mana pengguna diminta untuk menunjukkan gaya mereka dengan mengenakan pakaian dari toko Anda.

10. Konten Edukatif

Tidak hanya sekadar hiburan dan untuk berbelanja saja, TikTok juga kini dijadikan sebagai wadah untuk mencari ilmu baru. Hal ini menjadi salah satu ide kontek TikTok yang dapat Anda bagikan kepada audiens.

Buat video yang memberikan informasi atau pengetahuan yang bermanfaat kepada audiens Anda. Ini dapat mencakup tips dan trik terkait industri Anda, atau informasi terbaru tentang tren dalam bisnis Anda.

11. Video Tur Kantor atau Pabrik

Bisnis Anda memiliki kantor operasional atau lokasi yang menjadi tempat produksi barang? Anda dapat menjadikan lokasi bisnis Anda sebagi ide konten TikTok yang dapat menarik perhatian pelanggan.

Mengeksekusi ide konten ini dapat Anda lakukan dengan menunjukkan keseharian di lokasi bisnis Anda, bagaimana para karyawan bertugas, menunjukkan mesin-mesin yang digunakan dalam proses produksi, hingga memperlihatkan bagaimana budaya kerja di lingkungan Anda.

Cara ini dapat menjadikan brand Anda semakin humanis dan menciptakan kedekatan dengan pelanggan Anda.

12. Video Motivasi dan Inspirasi

Sharing is caring. Meskipun pasar saat ini semakin kompetitif, namun brand yang melakukan persaingan secara sehat sering membuat pelanggan lebih tertarik. Mengapa demikian? Hal ini dapat menciptakan image bahwa brand Anda merupakan bisnis yang profesional dan memiliki value-value positif.

Anda dapat membuat konten yang berisikan tips dan trik berbisnis yang dapat diimplementasikan oleh perusahaan lain. Bila perlu, dalam pembuatan konten ini Anda juga dapat berkolaborasi dengan perusahaan lain sehingga exposure yang terkumpul dari konten TikTok tersebut dapat lebih besar.

13. Ucapan Terima Kasih

Apresiasi kepada pelanggan merupakan hal yang penting. Dengan cara ini, pelanggan Anda akan merasa dihargai secara personal oleh bisnis Anda, bukan hanya dipandang sebagai pasar untuk menghasilkan pendapatan bisnis.

Ide konten TikTok yang satu ini dapat Anda jadikan sebagai cara untuk meningkatkan kedekatan Anda dengan pelanggan. Bila perlu, Anda juga dapat memberikan hadiah apresiasi untuk pelanggan dan mengabadikannya dalam bentuk konten TikTok.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan TikTok Shop, Platform Inovatif untuk Bisnis Online

Itu dia 13 rekomendasi ide konten TikTok yang dapat Anda gunakan untuk dibagikan di akun bisnis Anda. Anda dapat menentukan sendiri konten seperti apa yang ingin Anda bagikan dari daftar referensi si atas.

Namun, untuk memaksimalkan bisnis Anda, tidak hanya ide konten TikTok saja yang harus Anda siapkan. Untuk memastikan Anda dapat maksimal memanfaatkan seluruh fitur yang tersedia pada TikTok bisnis tentu Anda harus menggunakan layanan internet yang mumpuni. 

HSI B2B dari Telkom kini hadir untuk jadi andalan Anda! Melalui myindibiz, kini Anda dapat menikmati layanan konektivitas terbaik dari HSI B2B yang sudah tersedia di seluruh wilayah Indonesia untuk mempermudah proses dan aktivitas bisnis Anda di kanal digital.

Tertarik untuk berlangganan HSI B2B? Klik tombol di bawah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan mulai berlangganan!

Tagar:

Tips Trik

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya