Detail Tingkatkan Kompetensi
5 Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Marketing Bisnis
Rabu, 5 Apr 2023
Membahas mengenai strategi promosi bisnis yang sedang dijalankan, terdapat banyak alternatif dan pilihan strategi yang dapat Anda aplikasikan. Salah satu cara yang terbukti efektif dan sesuai dengan tren terkini adalah dengan memanfaatkan influencer marketing.
Dalam dunia bisnis, manfaat menggunakan influencer marketing terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan. Strategi pemasaran ini umumnya digunakan untuk mempromosikan produk atau merek, dengan harapan bahwa mereka dapat menyebarkan informasi dan mempengaruhi orang lain untuk membeli produk tersebut.
Meski memiliki jumlah pengikut yang banyak, tidak semua pengguna media sosial dapat dikategorikan sebagai influencer. Seorang media sosial dapat dikatakan sebagai influencer apabila ia memiliki pengaruh yang besar, sehingga dapat mempengaruhi opini dan tindakan orang lain terhadap sesuatu, termasuk membeli produk yang ditawarkan.
Pahami Strategi Menggunakan Influencer Marketing
Seiring dengan pesatnya perkembangan media sosial, kemunculan influencer juga semakin ramai. Hal ini kerap menjadi tantangan bagi pebisnis untuk memilih influencer yang tepat dengan tujuan pemasaran produk atau mereknya.
Artikel ini hadir untuk membantu Anda agar dapat memilih influencer dengan tepat. Simak 5 tips cara memilih influencer yang tepat di bawah ini.
1. Tentukan tujuan dan budget marketing
Tujuan dari kampanye influencer marketing dapat berbeda-beda, tergantung dari tujuan bisnis atau produknya itu sendiri. Beberapa tujuan yang umum adalah untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan engagement dengan audiens, atau meningkatkan penjualan.
Selain itu, tujuan yang ada juga perlu disesuaikan dengan budget yang dimiliki oleh bisnis Anda. Hal ini akan membantu memastikan efisiensi biaya saat promosi serta kegiatan promosi dapat berjalan dengan baik.
Ketika menentukan tujuan dan budget, Anda wajib berpikir secara realistis dan memastikan bahwa target yang ditentukan dapat dicapai dengan budget yang tersedia. Ini akan membantu Anda untuk merasakan manfaat menggunakan influencer marketing secara maksimal.
2. Pilih influencer yang sesuai dengan target audiens
Setelah menentukan tujuan dan budget dari kampanye marketing, langkah selanjutnya adalah pemilihan influencer yang sesuai. Mengingat influencer ini akan menjadi representasi dari bisnis, maka Anda harus memastikan bahwa audiens yang dimilikinya juga sesuai dengan target audiensmu.
Misalnya, jika bisnis Anda bergerak dalam bidang fashion, maka Anda dapat berkolaborasi bersama influencer yang memiliki minat dan audiens yang juga tertarik dengan dunia fashion.
Cara terbaik untuk menentukan influencer yang sesuai adalah dengan melakukan riset dan memperhatikan postingan mereka. Pastikan bahwa postingan mereka selalu relevan dengan bisnis Anda dan memiliki engagement yang tinggi.
Selain itu, Anda juga dapat melihat track record influencer tersebut dalam bekerja dengan bisnis lain dalam bidang yang sama. Bandingkan tingkat engagement dan hasil dari kampanye mereka sebelumnya untuk memastikan bahwa mereka adalah pilihan yang tepat.
3. Pertimbangkan penggunaan jasa influencer atau KOL agency
Dalam menentukan, Anda perlu menyisihkan lebih banyak waktu untuk riset pasar. Untuk menghemat waktu dan tenaga, Anda dapat menggunakan jasa Influencer atau KOL (Key Opinian Leader) Agency sebagai cara memilih influencer marketing yang tepat.
Influencer dan KOL Agency biasanya memiliki database dan analisis data yang lengkap untuk membantu Anda memilih influencer yang tepat sesuai dengan target pasar dan strategi pemasaran.
Selain itu, Influencer dan KOL Agency juga memiliki pengalaman dan keahlian dalam menjalankan kerjasama dengan influencer, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan hal-hal teknis seperti perjanjian kerjasama, pembayaran, dan sebagainya.
4. Sesuaikan konten dengan brand image
Brand image adalah citra yang terbentuk dalam benak target audiens mengenai sebuah brand atau bisnis. Citra ini dibentuk melalui interaksi audiens dengan brand melalui produk, layanan, dan komunikasi.
Dengan menyesuaikan konten dengan brand image, pelanggan akan lebih mudah memahami apa yang ditawarkan oleh bisnis dan mengaitkannya dengan brand. Hal ini sangat penting untuk membangun kepercayaan dan menjaga konsistensi dalam berkomunikasi dengan audiens.
Untuk memastikan konten yang disampaikan oleh influencer sesuai dengan brand image, Anda harus memiliki rencana strategis dan komunikasi yang jelas.
Sebaliknya, karena konten juga akan disampaikan kepada audiens influencer, maka kontennya juga harus mengikuti gaya influencer tersebut dalam membuat konten. Hal ini juga karena influencer yang mengetahui cara terbaik untuk berinteraksi dengan audiensnya sendiri.
5. Jangan lupa interaksi dengan audiens
Cara memilih influencer yang tepat ke lima adalah memastikan untuk terus menjaga interaksi dan engagement dengan audiens. Meskipun influencer membantu bisnis untuk mencapai lebih banyak audiens, interaksi dan engagement dengan audiens adalah hal yang sangat penting untuk membangun hubungan dan mempertahankan loyalitas konsumen.
Anda dapat melakukan hal-hal sederhana seperti menjawab pertanyaan audiens, memberikan hadiah untuk audiens yang berpartisipasi dalam konten, atau mengadakan giveaway. Hal ini akan membuat audiens merasa dihargai dan lebih memiliki kepercayaan terhadap bisnismu.
Baca Juga : Mengenal Manfaat After Sales Service bagi Perkembangan Bisnis
Itulah 5 cara memilih influencer yang tepat untuk Anda perhatikan sebelum melakukan endorse selebgram. Mulai terapkan strategi ini untuk peroleh manfaat menggunakan influencer marketing bagi bisnis Anda.
Agar koordinasi dengan pihak influencer tetap berjalan efisien, pastikan untuk tetap aktif di media sosial agar proses koordinasi dapat berjalan lancar. Sebagai tips tambahan, gunakan layanan internet stabil tanpa batasan kuota pemakaian sehingga Anda dapat mengakses internet tanpa terkendala.
Anda belum berlangganan akses internet? Ini waktu yang tepat karena HSI B2B kini hadir untuk menjawab dan memenuhi segala pertanyaan dan kebutuhan bisnis Anda. Dengan berlangganan HSI B2B, proses pemesanan dan monitoring layanan dapat dengan mudah dilakukan melalui aplikasi dan website myindibiz.
Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan dan keunggulan HSI B2B, klik tombol berikut.
Tagar:
Bagikan