Detail Tingkatkan Kompetensi
6 Alasan Mengapa Hotel Harus Memanfaatkan Online Travel Agent (OTA)
Rabu, 10 Jul 2024
Hampir semua industri mengalami peningkatan penggunaan e-commerce, dan saat ini menjadi bagian penting dari strategi bisnis untuk tetap kompetitif di pasar, hal ini juga berlaku untuk industri perhotelan.
Industri perhotelan telah berubah karena e-commerce. Hampir sebagian besar pengunjung menggunakan smartphone mereka untuk mencari penginapan dan menemukan harga terbaik.
Tren e-commerce ini menghadirkan kemunculan platform Online Travel Agent atau yang kerap disebut OTA. Kehadiran platform ini membawa kebiasaan baru bagi pelanggan, termasuk cara memesan kamar hotel.
Lalu, apa itu platform OTA? Serta, mengapa platform ini harus dimanfaatkan oleh hotel?
Apa Itu Platform Online Travel Agent (OTA)?
Platform OTA (Online Travel Agency) adalah layanan online yang menyediakan informasi dan fasilitas pemesanan untuk kebutuhan perjalanan, seperti hotel, tiket pesawat, paket wisata, dan penyewaan mobil. Melalui platform ini, pengguna dapat membandingkan harga, membaca ulasan, dan memesan langsung dengan berbagai penyedia layanan.
Platform OTA memudahkan pencarian dan pemesanan perjalanan serta menawarkan fitur tambahan seperti diskon dan program loyalitas. Ini memberi visibilitas lebih luas bagi penyedia layanan dan memudahkan konsumen dalam merencanakan perjalanan mereka.
Mengapa Hotel Anda Harus Menggunakan Platform OTA?
Menggunakan pengelolaan e-commerce OTA untuk hotel biasanya memiliki tim yang berpengalaman dalam penjualan dan keuntungan hotel, yang pastinya dapat menjamin pengelolaan OTA dan peningkatan penjualan properti Anda.
Berikut beberapa keuntungan yang dapat Anda dapatkan dengan menggunakan pengelolaan e-commerce OTA untuk hotel Anda:
1. Akses Audience Lebih Luas
Dengan meningkatkan visibilitas properti Anda, audiens yang lebih luas dapat melihatnya. Tim manajemen e-commerce hotel pasti memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan merek Anda secara online, terutama visibilitas pada OTA.
Dengan adanya manajemen e-commerce hotel, Anda dapat meningkatkan visibilitas pasar dengan mengoptimalkan informasi tentang fasilitas, harga, dan ketersediaan kamar secara online.
2. Berkonsentrasi Pada Strategi Pemasaran
Tim manajemen e-commerce hotel bertanggung jawab untuk meningkatkan penjualan properti secara online dengan menggunakan strategi pemasaran yang paling efektif, termasuk analisis kompetitor, analisis kondisi pasar, dan analisis demografi tamu, untuk meningkatkan keuntungan.
3. Tim Berpengalaman
Anda akan menemukan tim yang berpengalaman dalam manajemen e-commerce hotel, yang biasanya memiliki pengalaman lebih dari lima tahun dalam mengelola berbagai jenis properti dalam hal penjualan dan keuntungan.
Hal ini pasti akan menguntungkan properti Anda jika dibandingkan dengan merekrut staf e-commerce baru, terutama jika mereka belum banyak pengalaman.
4. Memanfaatkan Berbagai Saluran Distribusi
Setiap OTA memiliki target pasar unik, dan mendaftar di berbagai OTA memungkinkan hotel untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas, termasuk wisatawan bisnis dan keluarga yang sedang liburan.
5. Peningkatan SEO dan Online Presence
Kehadiran di berbagai situs OTA dapat membantu mengoptimalkan SEO atau Search Engine Optimization yang dimiliki hotel, karena backlinks atau tautan balik dari situs-situs OTA dapat meningkatkan peringkat hotel di mesin pencari seperti Google.
6. Menghadapi Persaingan Dengan Lebih Baik
Mendaftar di beberapa OTA memungkinkan hotel untuk bersaing dengan lebih baik dengan hotel lain yang juga terdaftar di platform tersebut. Ini memungkinkan mereka untuk mempromosikan penawaran khusus, diskon, dan paket yang dapat menarik lebih banyak tamu.
Baca Juga: Tingkatkan Efisiensi Hotel, Kenali Apa Itu Booking Channel Manager
E-commerce hotel management atau OTA Manager memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan revenue properti Anda.
OmniHub Channel Manager mengelola seluruh saluran distribusi seperti OTA, booking engine, hingga PMS (Property Management System) dengan layanan dasbor tunggal yang terintegrasi secara realtime. Membantu Anda menampilkan harga dan ketersediaan kamar terupdate di setiap selling channel untuk menghindari overbooking di properti Anda.
Jelajahi berbagai fitur, saksikan integrasi yang mulus, dan pahami bagaimana sistem ini dapat mengoptimalkan pemesanan hotel Anda dengan mengklik tombol di bawah ini!
Tagar:
Bagikan