Detail Tingkatkan Kompetensi
Ampuh! 9 Ide Konten Media Sosial untuk Bisnis Anda di Akhir Tahun!
Jumat, 1 Des 2023
Tidak terasa kita sudah mulai mendekati penghujung tahun 2023. Momentum akhir tahun kerap kali dijadikan momen untuk meningkatkan aktivitas pemasaran bisnis. Penggunaan media sosial pun semakin masif saat akhir tahun agar bisnis tetap dapat eksis secara digital.
Terdapat banyak sekali media sosial digunakan oleh masyarakat, dua di antaranya yaitu Instagram dan TikTok. Banyaknya pengguna aplikasi tersebut tentu dapat bermanfaat bagi pemilik bisnis, terutama dalam mencapai pelanggan maupun calon pelanggannya mendekati perayaan pergantian tahun.
Salah satu hal yang berguna dalam dunia bisnis yang terdapat pada aplikasi media sosal adalah konten. Konten yang unik akan berperan aktif sebagai penghubung antara bisnis Anda dengan para pelanggan.
Oleh karena itu, konsistensi dalam menyajikan konten menjadi hal yang penting. Konten ini memiliki peran besar dalam pengembangan bisnis, terutama saat momen spesial yang akan mendatang seperti Natal dan Tahun Baru.
Lalu, konten seperti apa saja yang dapat Anda buat dalam menyemarakkan perayaan Natal dan Tahun Baru?
Rekomendasi Ide Konten Media Sosial di Akhir Tahun
Dalam memanfaatkan media sosial sebagai salah satu channel bisnis, konten yang diunggah tak harus selalu berpusat pada produk atau bisnis yang Anda miliki. Terdapat beragam jenis konten lain yang dapat Anda sajikan untuk dapat dinikmati oleh para audiens, terutama saat di momen penting seperti Natal dan Tahun Baru.
Berikut ini adalah 9 rekomendasi ide konten media sosial yang cocok untuk bisnis Anda bagikan menjelang akhir tahun.
1. Konten Giveaway
Giveaway merupakan kegiatan di mana produk, hadiah, dan/atau undian diberikan secara gratis kepada pelanggan. Kegiatan ini dapat dilakukan sebagai bentuk perayaan akhir tahun yang akan datang. Melalui penyelenggaraan giveaway, Anda dapat menarik banyak interaksi dari para followers akun media sosial bisnis Anda.
Tidak hanya menarik minat dari para followers, mengadakan giveaway juga berpotensi menjadi strategi promosi yang efektif karena dapat membuat pengguna Instagram dan TikTok, yang bahkan belum menjadi followers Anda, tertarik dalam mengikuti giveaway tersebut. Dalam kata lain, giveaway ini secara tidak langsung dapat meningkatkan brand awareness dan calon pelanggan Anda.
Dengan demikian, kegiatan giveaway merupakan peluang besar bagi Anda untuk meningkatkan jumlah followers dan meningkatkan engagement akun media sosial bisnis Anda.
Berikut beberapa langkah dalam membuat konten giveaway berhadiah:
- Jelaskan tujuan dari kontes/giveaway (Apakah giveaway ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah followers atau meningkatkan penjualan produk)
- Buat syarat dan ketentuan yang jelas dan mudah dipahami
- Umumkan pemenang giveaway dengan konten menarik
- Sisipkan branding dan ajakan untuk membeli produk dalam konten giveaway tersebut
2. Konten Diskon atau Promo
Salah satu hal yang paling menarik di mata audiens adalah penawaran diskon dan potongan harga spesial Natal dan Tahun Baru. Anda dapat menggunakan konten jenis ini untuk menarik perhatian audiens dan membuat mereka penasaran sehingga mereka tertarik untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan di momentum akhir tahun.
Buatlah konten yang menampilkan penawaran spesial atau diskon melalui postingan gambar infografis dengan tampilan visual yang menarik. Pastikan informasi diskon terlihat dengan jelas dalam gambar tersebut. Selain itu, tulislah caption yang menarik perhatian dengan penawaran menarik dan ajakan untuk membeli produk atau layanan yang Anda promosikan.
3. Konten Perayaan Hari Besar
Natal dan Tahun Baru merupakan dua momentum yang dirayakan secara serentak di Indonesia. Momen ini dapat Anda manfaatkan sebagai bagian dari konten untuk akun media sosial bisnis Anda.
Pendekatan ini dapat memicu reaksi emosional dari audiens Anda yang merayakan momen tersebut. Hal ini juga dapat meningkatkan penjualan melalui promosi khusus yang terkait dengan momen perayaan tersebut.
4. Konten Kegiatan Amal
Perayaan Natal dan Akhir Tahun juga kerap dijadikan sebagai momen untuk saling berbagi kepada sesama. Sebagai pebisnis, Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk menciptakan citra positif terkait bisnis dan brand yang Anda bangun.
Publikasi kegiatan aman ini dapat Anda sebarluaskan melalui berbagai konten media sosial, baik dalam bentuk poster, foto, desain, maupun video. Ini merupakan langkah efektif untuk memperkuat posisi Anda sebagai brand yang terus melakukan dan mendukung hal-hal positif.
Anda juga dapat mengajak audiens untuk ikut serta dalam kegiatan amal, misalnya dengan menyebarkan informasi mengenai donasi atau mengajak mereka untuk bergabung dalam kegiatan sukarela. Dengan begitu, konten tidak hanya berfungsi sebagai sarana promosi bisnis, tetapi juga menjadi media untuk menyebarkan semangat kebaikan kepada orang lain.
5. Konten Behind The Scenes
Konten yang menampilkan kegiatan di ‘balik layar’ atau "behind the scenes" saat ini menjadi populer di kalangan bisnis karena terbukti mampu meningkatkan interaksi (engagement). Biasanya, jenis konten ini berupa video yang mengungkapkan kegiatan di ‘balik layar’ sehari-hari bisnis Anda, seperti proses produksi, pengemasan, atau aktivitas sehari-hari dari Anda dan karyawan saat bekerja.
Konten semacam ini diminati karena memberikan sudut pandang yang jarang terlihat oleh kebanyakan orang. Oleh karena itu, ide konten ini layak untuk diuji coba.
6. Konten Gambar dan Video Penjelasan Produk
Menampilkan konten produk secara berkelanjutan mungkin tidak disarankan karena dapat membuat audiens merasa jenuh. Namun, bukan berarti Anda harus sepenuhnya menghindari membagikan gambar atau video produk di akun media sosial bisnis Anda.
Anda harus tetap menampilkan konten produk dengan frekuensi yang sesuai untuk mengingatkan audiens tentang produk yang Anda tawarkan. Jenis konten ini dapat Anda manfaatkan untuk meng-highlight produk yang Anda jual, menjelaskan keunggulannya, serta menceritakan bagaimana produk dapat bermanfaat bagi pelanggan.
7. Konten Tutorial
Salah satu ide konten yang dapat diterapkan pada akun media sosial bisnis Anda adalah konten tutorial. Konten jenis ini memperlihatkan langkah-langkah atau cara melakukan suatu hal. Konten ini sebenarnya termasuk dalam kategori informatif karena memberikan wawasan kepada audiens.
Beberapa contoh konten tutorial yang dapat diterapkan pada akun media sosial bisnis Anda adalah tutorial memasak apabila produk yang Anda tawarkan berhubungan dengan bahan makanan, tutorial makeup apabila bisnis Anda berkaitan dengan produk kosmetik, atau tutorial kombinasi pakaian apabila bisnis Anda bergerak di industri fashion.
Jangan lupa juga untuk memasukkan konteks momen Natal dan Tahun Baru agar konten Anda menjadi relevan dengan perayaan akhir tahun yang akan segera hadir.
8. Konten Testimoni atau User Generated Content
Selain konten gambar atau video produk, Anda juga dapat menampilkan produk Anda melalui konten yang dibuat oleh pengguna. Konten pengguna ini umumnya berupa video yang memperlihatkan pelanggan saat sedang menggunakan produk Anda.
Anda dapat mengunggah konten tersebut apabila terdapat pengguna atau pelanggan yang membuat ulasan video. Selain ulasan dari pelanggan, konten user generated ini juga bisa berasal dari testimoni influencer yang bekerja sama dengan bisnis Anda (endorsement).
9. Konten Pertanyaan (Q&A) dan Polling
Engagement merupakan faktor penting pada media sosial. Hal ini dapat meningkatkan jangkauan visibilitas akun Anda kepada audiens yang lebih luas.
Tingkat engagement pada akun media sosial bisnis Anda akan meningkat apabila terdapat hubungan timbal balik antara Anda dan audiens. Untuk mencapai hal tersebut, Anda dapat menyajikan konten yang memancing interaksi dengan para followers akun media sosial bisnis Anda. Salah satu contoh dalam mencapai hal tersebut adalah dengan membuat sesi tanya jawab atau polling di Instagram Stories.
Konten polling dan Q&A ini memancing followers Anda untuk menjawab pertanyaan atau memencet pilihan yang ada pada polling yang Anda berikan. Dengan cara ini, followers akan merasa lebih dekat dengan merek Anda.
Baca juga: Daftar Tren Media Sosial Tahun 2023 untuk Bisnis
Banyak sekali ide konten kreatif yang dapat anda terapkan untuk bisnis Anda. Mengingat bahwa akhir tahun dan Hari Natal semakin dekat, Anda dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk mencapai audiens yang lebih luas melalui rekomendasi ide konten di atas untuk mengembangkan bisnis Anda.
Proses pembuatan konten ini, dari awal hingga pengunggahan, tentunya melalui proses yang memerlukan waktu yang tidak singkat. Sebagai solusi dari masalah tersebut, MyIndibiz kini menghadirkan jasa Pembuatan Konten Sosmed by Sokoguru!
Dengan pelayanan professional dan harga yang terjangkau, layanan Pembuatan Konten Sosmed by Sokoguru ini menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan presensi bisnis Anda di media sosial dengan mudah dan sesuai dengan identitas brand Anda!
Segera dapatkan jasa Pembuatan Konten Sosmed by Sokoguru hanya di MyIndibiz untuk persiapkan konten akhir tahun dan mulai Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan! Silakan tekan tombol di bawah untuk mendapatkan layanannya!
Tagar:
Bagikan