Detail Tingkatkan Kompetensi

Antre Panjang Tiap Hari, Ini Strategi Bisnis Viral Mack’s Creamery!

Trends

Jumat, 19 Jul 2024

Antre Panjang Tiap Hari, Ini Strategi Bisnis Viral Mack’s Creamery!

Platform media sosial seperti TikTok dan Instagram saat ini mulai dijadikan sebagai media berbagi informasi. Informasi yang dibagikan ini dapat membantu aktivitas promosi suatu bisnis yang baru saja beroperasi.

Salah satu bisnis yang terkenal dan viral berkat platform media sosial adalah Mack’s Creamery. Gerai es krim dan gelato yang mulai beroperasi sejak Agustus 2023 ini mulai menjadi perbincangan warganet. Bahkan, gerai offline yang berlokasi di kawasan Blok M ini berhasil menyita perhatian warga Jakarta, dibuktikan dengan antrean yang mengular setiap hari.

Lalu, seperti apa strategi bisnis yang dijalankan oleh Mack’s Creamery hingga bisa memperoleh popularitas sebesar ini?

Strategi Bisnis Viral Mack’s Creamery

Memiliki bisnis yang viral tentu dapat memberikan banyak dampak. Salah satunya adalah mengundang minat masyarakat untuk mengunjungi atau membeli produk yang dijajakan oleh bisnis tersebut.

Berikut ini adalah beberapa strategi bisnis viral yang dilakukan oleh Mack’s Creamery dalam membangun dan memperkenalkan gerai es krimnya.

1. Eksperimen untuk Maksimalkan Kualitas Produk

Sebelum meluncurkan bisnisnya, Mack’s Creamery melakukan berbagai eksplorasi untuk menciptakan produk es krim, sorbet dan gelato. Eksplorasi dan eksperimen yang dilakukan ini meliputi bahan yang digunakan, rasa, topping, hingga temperatur yang sesuai untuk es krim, sorbet dan gelato.

Uniknya lagi, proses eksperimen ini tidak hanya dilakuakn di balik layar saja. Melalui akun Instagram @mackscreamery, mereka secara berkala membagikan proses eksperimen yang dilalui yang dikemas dalam konten storytelling yang menarik. Inilah langkah awal yang dilakukan untuk dapat menarik minat calon pelanggan.

2. Memulai Bisnis dengan Skema Online

Bisnis online merupakan salah satu bisnis yang minim biaya operasional, karena tidak perlu mengeluarkan biaya operasional lain seperti sewa toko dan lain-lain. Hal ini lah yang dilakukan oleh Mack’s Creamery saat awal berbisnis.

Mack’s Creamery pada awalnya menjual es krim mereka dengan skema pre-order. Skema ini sangat tepat untuk dilakukan oleh bisnis yang baru memulai, karena akan memperkecil risiko oversupply atau stok produk yang lebih banyak dibandingkan permintaan dari konsumen.

3. Pop-Up Store untuk Menjajakan Produk

Menghadirkan produk lewat pop-up store merupakan satu strategi ideal yang perlu dipertimbangkan. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali lokasi dan event berkala yang diadakan di berbagai kota besar yang dapat menjadi channel penjualan bagi bisnis.

Sebagai brand es krim dan gelato kekinian, Mack’s Creamery juga telah menghadirkan pop-up store mereka di berbagai lokasi dan event. Mulai dari Semasa di Brickhall Fatmawati, Market Museum Folkloria, dan event kekinian lainnya yang sesuai dengan target market mereka.

4. Membuka Gerai di Lokasi yang Strategis

Hampir satu tahun menjalankan bisnisnya dengan skema online dan pop-up store, pada Juni 2024 Mack’s Creamery mengumumkan bahwa mereka akan membuka gerai offline. Pengumuman ini dibagikan lewat media sosial yang berhasil menarik minat para pelanggan.

Mack’s Creamery memilih kawasan Blok M sebagai lokasi gerai offline pertama mereka. Pemilihan lokasi ini tentunya didasari oleh berbagai pertimbangan, salah satunya adalah untuk dapat menjangkau target market mereka yaitu kalangan remaja dan dewasa muda yang selalu memadati kawasan Blok M setiap harinya.

5. Aktif di Media Sosial untuk Mempertahankan Audiens

Meskipun sudah memiliki gerai offline, Mack’s Creamery masih mempertahankan media sosial sebagai online channel mereka. Melalui Instagram, mereka aktif membagikan informasi penting terkait gerai, maupun konten-konten storytelling yang menceritakan perjalanan behind the scene seperti eksplorasi rasa baru.

Selain konten organik, popularitas dan reputasi Mack’s Creamery tetap bertahan tinggi berkat User Generated Content atau UGC. Konten UGC ini dapat dilihat di media sosial TikTok yang dipenuhi dengan video buatan pelanggan yang membagikan experience mereka dalam mengantre panjang dan menikmati sajian yang dijajakan oleh Mack’s Creamery.

Konten-konten ini kerap dilengkapi dengan review dan testimoni dari pelanggan. Berkat konten tersebut, pengguna TikTok lainnya menjadi terpapar informasi mengenai Mack’s Creamery dan berminat untuk mencicipi es krim dan gelato dari gerai yang masih berusia kurang dari 1 tahun ini.

Baca Juga: Mengulik Perjalanan dan Strategi Erigo sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Mack’s Creamery telah membuktikan bahwa strategi bisnis yang cerdas, mulai dari eksperimen produk, memanfaatkan media sosial, hingga pemilihan lokasi yang strategis, dapat menghasilkan popularitas dan kesuksesan besar dalam waktu singkat. Langkah dan strategi yang mereka lewati dapat menjadi inspirasi untuk bisnis Anda.

Untuk memaksimalkan strategi dan operasional bisnis Anda, MyIndibiz merupakan aplikasi bisnis yang tepat untuk mewujudkannya. MyIndibiz menghadirkan marketplace aplikasi digital menawarkan solusi lengkap untuk mengoptimalkan bisnis Anda, mulai dari akses internet, solusi kasir digital, analitik bisnis, dan masih banyak lagi.

Jangan ragu untuk memanfaatkan berbagai layanan MyIndibiz agar bisnis Anda dapat berkembang dan menjadi viral seperti Mack’s Creamery! Segera bergabung dengan MyIndibiz untuk mulai wujudkan masa depan bisnis yang lebih baik!

Tagar:

Trenbisnis

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya