Detail Tingkatkan Kompetensi
Berhasil Punya 700 Cabang, Ini Strategi Sukses Ayam Gepuk Pak Gembus!
Jumat, 17 Nov 2023
Bisnis kuliner jaman sekarang memiliki ragam yang berbeda dan dapat berkembang cepat. Tren kuliner di Indonesia sendiri sangat dinamis dan berubah dengan cepat, seiring dengan permintaan dan keinginan pelanggan yang selalu berubah dari waktu ke waktu.
Meskipun begitu, beberapa makanan dan minuman rasanya tetap dapat bertahan meski digempur oleh tren yang selalu berubah. Salah satu kuliner yang terus bertahan meski digerus zaman adalah kuliner olahan ayam, seperti ayam goreng dengan sambal yang pedas membakar.
Di antara banyaknya kuliner ayam goreng ini, terdapat satu nama yang stand out dan tidak asing oleh masyarakat, yaitu Ayam Gepuk Pak Gembus. Didirikan oleh Rido Nurul Adityawan pada Oktober 2013, bisnis ini berhasil melakukan ekspansi hingga memiliki 700 cabang.
Bagaimana strategi yang dijalankan oleh Ayam Gepuk Pak Gembus? Simak artikel ini sampai tuntas untuk menemukan informasi lengkapnya!
Awal Mula Berdirinya Ayam Gepuk Pak Gembus
Awal dari keberhasilan Ayam Gepuk Pak Gembus ini dimulai dari penemunya, yaitu Rido Nurul Adityawan. Rido memulai karirnya sebagai seorang karyawan. Setelah mengumpulkan gajinya selama 3,5 tahun, Rido memberanikan diri untuk memulai usahanya yang bernama Ayam Gepuk Pak Gembus dengan bermodalkan gaji tersebut pada tahun 2013.
Rido mengatakan bahwa nama “Gembus” sendiri merupakan panggilan dirinya saat masih kecil sedangkan kata “Gepuk” atau “Ayam Gepuk” berarti ayam yang dipukul-pukul.
Usahanya diawali dari mendirikan tenda di daerah Jakarta Barat, tepatnya di daerah Pesanggarahan. Bisnis Rido mulai berkembang pada tahun 2015 dan pada masa itu, Rido didatangi oleh seorang pelanggan yang tertarik untuk membuka franchise Ayam Gepuk Pak Gembus. Namun, Rido pada saat itu masih berpengetahuan minim seputar franchise.
Hanya bermodalkan internet, Rido mencari berbagai informasi dan mempelajari hal seputar franchise. Setelah itu, Rido kemudian mengajukan proposal franchise ke pelanggan dengan tawaran Rp15 juta. Tak disangka, proposal tersebut langsung diterima oleh pelanggan yang ingin membuka franchise tersebut.
Akhinya, banyak juga pelanggan atau pebisnis lain yang tertarik untuk membuka franchise Ayam Gepuk Pak Gembus. Hingga saat ini, telah terdapat ratusan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.
Meskipun bisnis nasi ayam semakin beragam, Ayam Gepuk Pak Gembus ini tetap eksis dan bertahan dari persaingan hingga saat ini. Berdasarkan data dari ShopeeFood, Ayam Gepuk Pak Gembus ini menjadi salah satu bisnis kuliner yang mencapai angka penjualan tertinggi selama bulan Ramadhan tahun 2022.
Strategi Ayam Gepuk Pak Gembus dalam Mengembangkan Bisnisnya
Bisnis dan strategi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Begitu juga dengan Ayam Gepuk Pak Gembus, terdapat beberapa strategi yang dijalankan agar dapat meraih tahapan dan posisi seperti saat ini.
Adapun beberapa strategi bisnis Ayam Gepuk Pak Gembus adalah sebagai berikut.
1. Unique Selling Point (USP)
Setiap brand memiliki keunikannya dan ciri khasnya masing-masing. Hal ini dikenal sebagai USP atau Unique Selling Point. USP ini merupakan hal yang membedakan usaha Anda dari usaha orang lain.
Selain itu, USP ini juga menjadi alasan dari mengapa pelanggan lebih memilih untuk membeli dari bisnis Anda. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menemukan apa Unique Selling Point dari produk Anda sehingga produk tersebut dapat lebih unggul dibanding kompetitor Anda.
Adapun keunikan atau Unique Selling Point dari Ayam Gepuk Pak Gembus ini terletak di pengolahannya, yaitu dengan cara dipipihkan terlebih dahulu kemudian ‘digepuk’ atau dipukul-pukul.
Ayam Gepuk Pak Gembus ini juga memiliki keunikan pada bumbunya. Ayam yang sajikan di tempat ini menggunakan kacang mede sebagai bumbunya dimana biasanya kacang tersebut digoreng untuk dimakan langsung atau dipadukan dengan makanan manis. Namun, kacang mede pada Ayam Gepuk Pak Gembus ini disajikan pada makanan asin, gurih, dan pedas.
2. Mulut ke mulut
Selain kuatnya faktor USP, Ayam Gepuk Pak Gembus juga ramai karena adanya informasi dari mulut ke mulut. Metode mulut ke mulut ini penting dalam perkembangan bisnis karena menurut riset yang dilakukan oleh Nielsen, 92% orang lebih memercayai informasi yang berasal (secara langsung) dari keluarga atau teman.
Informasi yang berasal dari pelanggan Ayam Gepuk Pak Gembus kepada keluarga atau teman mereka tentunya sangat berpengeruh terhadap perkembangannya
3. Banyak promo dan memanfaatkan media sosial
Ayam Gepuk Pak Gembus juga sering berpatisipasi dalam kampanye ShopeeFood untuk mengembangkan penjualannya. Contoh kampanye yang pernah diikuti adalah kampanye Pay Day, tanggal kembar (seperti “11.11”), Menu Diskon, dan lain-lain.
Pelanggan ShopeeFood juga selalu dinotifikasi apabila ada promo terbaru untuk meningkatkan minat pelanggan dan potensi pelanggan. Promo-promo inilah yang biasanya disebarkan oleh Ayam Gepuk Pak Gembus melalui media sosial mereka untuk memudahkan proses pemberitahuan kepada pelanggannya.
Promo ini sangat penting karena dapat menjadi salah satu cara untuk membangun kesetiaan konsumen. Apabila konsumen puas, kesetiaan mereka akan meningkat. Apabila kesetiaan (terhadap suatu brand) meningkat
4. Menyediakan menu menarik
Ayam Gepuk Pak Gembus juga kadang menyesuaikan menunya dengan menggunakan paket sesuai dengan hari besar yang sedang berlangsung. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana Ayam Gepuk Pak Gembus mengadakan Paket Makan Lengkap dan Paket Spesial Ramadhan selama bulan Ramadhan.
Hal ini dilakukan untuk menarik minat konsumen sesuai dengan momen yang sedang berlangsung.
Baca Juga : Ini Cara Membangun Personal Branding untuk Kembangkan Bisnis Anda!
Dari kisah Rido Nurul Adhityawan dan Ayam Gepuk Pak Gembus, Anda dapat mengetahui bahwa terdapat beberapa hal yang dapat diterapkan pada bisnis Anda agar bisnis tersebut lebih bersinar dibanding kompetitor lain dan dapat berkembang secara optimal.
Selain itu, perkembangan bisnis juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti eksposur, marketing yang baik, dan strategi yang tepat. Pemanfaatan teknologi yang dapat mendorong aktivitas bisnis juga merupakan hal yang tidak kalah penting.
Untuk membantu Anda dalam mengimplementasikan teknologi pada proses bisnis Anda, MyIndibiz hadir sebagai solusi usaha digital Indonesia. Dengan ragam produk dan layanan unggulan, MyIndibiz berkomitmen untuk memberikan Anda dukungan dalam pembuatan strategi bisnis, dukungan pemasaran, SDM, operasional, hingga finansial.
Segera bergabung dengan MyIndibiz dan penuhi kebutuhan bisnis Anda sekarang! Tekan tombol di bawah untuk bergabung dengan MyIndibiz dan mulai Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan!
Tagar:
Bagikan