Detail Tingkatkan Kompetensi
Dipromosikan oleh Song Joong-ki, Begini Strategi Scarlett Whitening!
Selasa, 14 Nov 2023
Siapa yang tak mengenal produk kecantikan Scarlett Whitening? Produk kecantikan yang didirikan oleh Felicya Angelista ini belakangan menjadi perbincangan hangat di dunia maya dan meraih popularitas yang sangat tinggi, tak hanya dari kalangan perempuan, tapi juga pria.
Ketenaran ini tidak lain tidak bukan dikarenakan adanya peran artis papan atas internasional yang menjadi brand ambassador-nya. Termasuk dalam menanggapi tren K-POP yang mewabahi Indonesia, Scarlett Whitening telah menggandeng aktor Song Joong-ki hingga girlgroup TWICE dalam rangkaian promosi produk mereka.
Dikenal sebagai brand kecantikan yang sering menggaet publik figur asal negeri ginseng, sebenarnya apa saja strategi yang dijalankan oleh Scarlett Whitening?
Mengenal Brand Scarlett Whitenening
Scarlett Whitening adalah produk kecantikan lokal yang didirikan pada tahun 2017. Sejak awal, brand ini telah meraih ketenaran, didorong oleh strategi pemasaran yang efektif dan sesuai dengan target pasar.
Sebagai brand yang bergerak di bidang kecantikan, Scarlett secara konsisten meluncurkan dan memasarkan produk yang digemari oleh pelanggan setianya. Mulai dari produk perawatan kulit wajah, kulit badan, hingga sabun dan scrub yang dapat digunakan untuk mandi.
Dengan keberhasilan dan prestasi yang dicapai dalam bidang pemasaran, omset Scarlett Whitening terus meningkat. Hal utama yang membantu peningkatan omset tersebut disebabkan karena Scarlett Whitening secara konsisten menjaga kualitas produknya demi memenuhi kepuasan pelanggan.
Strategi Pemasaran Scarlett Whitening
Pertanyaannya adalah, mengapa brand yang menjual serum wajah, krim, dan body lotion ini begitu diminati oleh banyak orang? Apa rahasia atau strategi pemasaran yang diterapkan oleh Felicya?
Tentunya selain bekerja sama dengan artis papan atas seperti Song Joong-ki dan TWICE, Scarlett Whitening juga menjalankan strategi marketing lainnya. Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran yang digunakan oleh Felicya pada Scarlett Whitening.
1. Mulut ke Mulut
Salah satu strategi pemasaran yang tetap relevan dan terus digunakan hingga saat ini adalah metode "word of mouth" atau rekomendasi dari mulut ke mulut.
Felicya mengungkapkan bahwa ketika dia memperkenalkan produk Scarlett Whitening, hal pertama yang ia lakukan adalah berbagi informasi kepada orang-orang di sekitarnya dan menjelaskan manfaat yang akan diperoleh oleh konsumen ketika menggunakan produknya.
Felicya juga dengan senang hati memberikan sampel produk kepada calon pembelinya dengan harapan bahwa mereka akan membeli dan mencoba produk yang dibuatnya.
Hal ini pada akhirnya mendorong mereka dalam mencoba dan memberikan rekomendasi produk Felicya kepada teman-teman mereka, sehingga membuat merek Scarlett Whitening semakin populer di kalangan para artis.
Ketika menggunakan strategi "word of mouth," seorang pengusaha tidak hanya membagikan dan menyebarluaskan manfaat produk kepada konsumen potensial, tetapi juga memperhatikan tiga faktor penting yaitu, kualitas produk, layanan yang unggul, dan citra merek. Ketiga hal ini harus terpenuhi agar strategi pemasaran melalui rekomendasi dari mulut ke mulut dapat berhasil.
2. Pemasaran oleh Key Opinion Leader (KOL) atau influencer
Endorsement artis dan promosi influencer, atau jasa KOL dapat membantu brand untuk mencapai audiens yang lebih luas, terutama jika artis dan influencer tersebut memiliki pengikut yang besar di media sosial.
Cara ini juga dapat Anda ikuti. Namun, sebelum melibatkan KOL atau influencer dalam promosi bisnis Anda, sangat penting untuk melakukan penelitian terlebih dahulu mengenai citra pribadi (personal brand) dari KOL tersebut agar kegiatan promosi dapat berjalan dengan baik.
Apabila terdapat kesamaan antara perusahaan dan KOL tersebut, kemungkinan besar promosi akan berjalan dengan sukses dan berpotensi menghasilkan prospek yang mungkin menghasilkan transaksi.
Contoh dari hal ini adalah Scarlett Whitening yang bekerja sama dengan adalah dengan Song Joong-ki dan TWICE sebagai brand ambassador. Dengan kemitraan bersamaartis papan atas asal Korea Selatan ini, Scarlett berkesempatan untuk memberikan pengalaman yang istimewa kepada pelanggan dan menarik perhatian mereka dari kompetitor lain di pasar.
Selain selebriti luar negeri, terdapat juga selebriti Indonesia lainnya yang ikut serta dalam promosi produk Scarlett, termasuk Rossa, Laudya Cynthia Bella, Sandra Dewi, Agnez Mo, Dinda Hauw, Rey Mbayang, dan lain-lain.
3. Melakukan Kerjasama dengan Platform E-commerce
Selain berkolaborasi dengan para Key Opinion Leader (KOL) atau influencer, Scarlett Whitening juga menjalin kerjasama dengan berbagai platform e-commerce untuk mempermudah akses produk mereka bagi semua orang.
Sebagai contoh, Scarlett Whitening telah bermitra dengan salah satu platform e-commerce terkemuka di Asia, yaitu Shopee. Sejak empat tahun yang lalu, toko resmi Scarlett Whitening di Shopee telah berhasil menarik lebih dari 1,7 juta pengikut.
4. Memberikan Diskon dan Promo Menarik
Tidak hanya unggul dalam kualitas produknya, harga yang diberikan juga sangat terjangkau, sehingga bisa diakses oleh berbagai lapisan masyarakat.
Salah satu strategi yang digunakan Felicya untuk pemasaran produknya adalah menawarkan diskon, atau potongan harga pada produknya. Contohnya dapat dilihat pada bulan November ini dimana Scarlett Whitening memberikan promo bertema “11.11 Big Sale” pada berbagai produknya.
Melalui Scarlett Whitening, Felicya ingin menegaskan bahwa produk perawatan kulit lokal mampu bersaing dengan produk sejenis dari luar negeri yang memiliki kualitas tinggi, namun tetap memiliki harga yang terjangkau.
5. Pelanggan Dapat Menjadi Reseller
Teknik marketing yang juga diterapkan oleh Scarlett Whitening tidak hanya melalui penjualan online melalui marketplace, tetapi juga melalui reseller. Hal Ini berarti bahwa produk Scarlett Whitening dapat dibeli oleh siapa saja yang ingin menjualnya kembali untuk mendapatkan profit. Cara ini tidak hanya bisa meningkatkan pendapatan bisnis, tetapi juga dapat meningkatkan jangkauan pasar dari Scarlett Whitening.
Adanya reseller ini dapat membantu dalam mencapai pelanggan atau pasar yang belum bisa dijangkau karena adanya kendala seperti wilayah yang mungkin masih memiliki batas dalam kegiatan transaksi online atau kegiatan online secara menyeluruh.
Baca Juga : Bingung Cara Memilih Supplier yang Tepat? Simak Penjelasannya di Sini!
Dari kisah Felicya Angelista dan Scarlett Whitening, Anda dapat mengetahui bahwa terdapat banyak cara pemasaran yang efektif dan dapat Anda terapkan pada bisnis Anda. Adanya Key Opinion Leader (KOL), harga menarik, serta exposure merupakan beberapa faktor utama yang dibutuhkan agar pemasaran produk brand Anda dapat berjalan secara optimal.
Namun, banyak pemilik bisnis yang kadang masih mengalami kendala atau kesusahan dalam mengembangkan bisnisnya, seperti kendala operasional, SDM, dan bahkan kendala dalam memahami atau menerapkan ilmu pemasaran.
Sebagai solusi dari hal tersebut, Anda dapat menggunakan ragam layanan, informasi, dan edukasi yang tersedia di MyIndibiz. Sebagai solusi usaha digital Indonesia, MyIndibiz berkomitmen dalam memberikan Anda berbagai dukungan dalam pembuatan strategi bisnis, dukungan pemasaran, SDM, operasional, hingga finansial.
Segera bergabung dengan MyIndibiz dan penuhi kebutuhan bisnis Anda sekarang! Klik tombol di bawah untuk mendaftarkan akun MyIndibiz dan mulai Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan!
Tagar:
Bagikan