Detail Tingkatkan Kompetensi

Eksklusif, Ini Rahasia Sukses Viralnya Nasi Kulit Pesanggarahan!

Trends

Senin, 20 Nov 2023

Eksklusif, Ini Rahasia Sukses Viralnya Nasi Kulit Pesanggarahan!

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan penggunaan internet yang semakin luas, fenomena viralitas menjadi salah satu kunci keberhasilan bagi banyak usaha, terutama di sektor kuliner. Tentunya hal ini tidak bisa dilepaskan dari media sosial seperti TikTok dan Instagram yang menjadi media utama dalam menjadikan berbagai hal menjadi viral.

Salah satu contoh bisnis kuliner yang berhasil viral ialah Nasi Kulit Pesanggrahan yang  terletak di Jalan Pesanggrahan Raya No. 40, Jakarta Barat. Nasi Kulit Pesanggrahan merupakan warung nasi yang menjual makanan dari kulit ayam yang digoreng hingga renyah kemudian diberi serundeng. Makanan ini disajikan dengan sambal, lalapan, dan berbagai macam lauk pauk. 

Viralnya Nasi Kulit Pesanggrahan ini, berkat adanya konten-konten review yang dibuat oleh para content creator di TikTok dan Instagram. Salah satu content creator yang mereview nasi kulit di warung ini adalah @sibungbung. Dalam kontennya, ia memuji rasa nasi kulit yang renyah dan crunchy karena tingkat kematangannya pas, serta sambalnya yang enak dan pedasnya pas. Konten ini pun mendapat banyak like dan komentar dari warganet.

Warung ini kini menjadi salah satu destinasi kuliner yang meraih popularitasnya melalui Elektronic Word of Mouth (E-WOM). E-WOM sendiri adalah satu konsep yang hadir sebagai bentuk digital dari WOM, atau teknik marketing di mana masyarakat menyebarkan informasi dari satu orang ke orang lain secara mulut ke mulut.

Lalu, sebenarnya apa itu E-WOM? Dan bagaimana bentuk E-WOM yang dimiliki oleh Nasi Kulit Pesanggarahan sehingga dapat dilirik dan menjadi viral di masyarakat luas?

Apa Itu Electronic Word of Mouth (E-WOM)?

Electronic Word of Mouth (E-WOM) ialah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses berbagi informasi, rekomendasi, atau ulasan mengenai produk atau layanan melalui platform elektronik atau online. Secara sederhana, E-WOM mirip dengan Word of Mouth (WOM) konvensional, tetapi melibatkan media digital sebagai saluran komunikasinya.

Salah satu bentuk dari E-WOM yang masih awam di masyarakat saat ini dapat dilihat pada sebuah ulasan yang bersifat negatif maupun positif, yang dibuat oleh konsumen mengenai produk/ layanan/ perusahaan yang dibagikan melalui media internet.

Elektronik Word of Mouth (E-WOM) memiliki kemampuan untuk memengaruhi perilaku konsumen, termasuk minat beli terhadap suatu produk. Minat beli dapat timbul ketika pengguna internet menemukan komentar positif dan menarik tentang produk tersebut.

Manfaat Electronic Word of Mouth (E-WOM) bagi Bisnis

Electronic Word of Mouth (E-WOM) dapat memberikan berbagai manfaat bagi bisnis. Beberapa manfaat utama termasuk:

1. Peningkatan Reputasi dan Kepercayaan

E-WOM dapat membantu membangun reputasi positif bagi bisnis. Ulasan positif, testimoni, dan rekomendasi dari konsumen dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap produk atau layanan.

2. Peningkatan Kesadaran Merek

Ketika konsumen berbagi pengalaman positif mereka secara online, ini dapat meningkatkan kesadaran merek. Informasi yang tersebar melalui E-WOM dapat mencapai audiens yang lebih luas dibandingkan metode promosi tradisional.

3. Pengaruh pada Keputusan Pembelian

E-WOM memiliki potensi besar untuk memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Ulasan positif dan rekomendasi dari pengguna lain dapat menjadi faktor penting dalam memotivasi calon konsumen untuk membeli suatu produk atau layanan.

4. Interaksi Lebih Aktif dengan Konsumen

Bisnis dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen melalui platform E-WOM. Tanggapan terhadap ulasan, pertanyaan, atau masukan konsumen dapat memperkuat hubungan antara bisnis dan pelanggan.

5. Inovasi Produk

Melalui umpan balik konsumen di platform E-WOM, bisnis dapat mendapatkan wawasan berharga untuk meningkatkan atau mengembangkan produk baru. Hal ini dapat membantu bisnis tetap relevan dan kompetitif di pasar.

Dengan memahami dan mengelola E-WOM dengan baik, bisnis dapat meraih manfaat ini untuk membangun hubungan yang kuat dengan konsumen, meningkatkan penjualan, dan memperkuat posisi mereka di pasar.

Electronic Word of Mouth (E-WOM), Rahasia Viral Nasi Kulit Pesanggrahan 

Berkat peran netizen dan pengguna media sosial yang aktif membagikan reviewnya memgenai Nasi Kulit Pesanggarahan, bisnis yang mulai beroperasi  sejak 4 tahun yang lalu ini berhasil menorehkan namanya di jagat media sosial.

Lalu, apa saja hal-hal yang dibicarakan oleh masyarakat sehingga bisnis ini dapat viral? Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan Nasi Kulit Pesanggrahan viral berkat E-WOM.

1. Kualitas makanan yang enak dan harga yang terjangkau

Nasi kulit di warung ini memiliki rasa yang enak dan harga yang terjangkau. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner.

2. Pelayanan yang Diberikan kepada Pelanggan

Para pelayan di warung ini selalu ramah dan sabar dalam melayani pelanggan. Meskipun warung ini selalu ramai dikunjungi oleh pelanggan, namun para pelayan di warung ini tetap bisa melayani pelanggan dengan cepat

3. Konten-Konten yang Dibuat oleh Content Creator

Konten-konten yang dibuat oleh para content creator di TikTok dan Instagram memiliki pengaruh yang besar dalam penyebaran informasi di media sosial. Konten-konten tersebut membuat banyak orang penasaran dengan nasi kulit di warung ini.

4. Media Sosial yang Semakin Populer

Media sosial kini menjadi salah satu sarana yang paling efektif untuk menyebarkan informasi. Banyak orang yang mencari informasi mengenai kuliner melalui media sosial.

Baca Juga: Menggali Potensi Bisnis dengan Strategi Efektif ala Jatinangor House

Nasi Kulit Pesanggrahan ini merupakan salah satu contoh sukses dari EWOM atau elektronik word of mouth. Dengan memanfaatkan kekuatan media sosial, warung ini berhasil menarik perhatian banyak orang dan menjadi viral.

Hal-hal dan faktor yang disebutkan di atas juga dapat menjadi inspirasi bagi Anda agar dapat mewujudkan bisnis yang lebih baik. Dengan melakukan peningkatan dan penyempurnaan pada bisnis Anda, bukan hal yang mustahil bisnis Anda dapat terkenal dan viral berkat E-WOM yang disebarkan oleh para pelanggan Anda.

Ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat meningkatkan performa bisnis Anda. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengimplementasikan teknologi pada proses bisnis Anda. 

Apabila Anda ingin menerapkan teknologi pada bisnis Anda namun menemukan berbagai hambatan pada prosesnya, Anda dapat memulai perjalanan Anda bersama MyIndibiz, sahabat digital untuk usaha Indonesia.

Sebagai platform solusi digital bagi bisnis, MyIndibiz berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan bisnis Anda dalam menghadapi tantangan di era digital. Dengan bergabung bersama MyIndibiz, dapatkan beragam manfaat dari puluhan produk dan layanan yang tersedia.

Segera bergabung dalam ekosistem digital MyIndibiz dan mulai ciptakan peluang serta mewujudkan harapan Anda! Klik tombol di bawah ini untuk bergabung bersama MyIndibiz!

Tagar:

success storybisnis

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya