Detail Tingkatkan Kompetensi

Keuntungan Meningkat 90%, Simak Strategi Pemasaran Adhi Dharma Hotel!

Product Knowledge

Selasa, 16 Jul 2024

Keuntungan Meningkat 90%, Simak Strategi Pemasaran Adhi Dharma Hotel!

Menggunakan platform OTA atau Online Travel Agent untuk ‘menjajakan’ kamar hotel merupakan salah satu booking channel yang dapat digunakan. Penggunaan platform OTA ini biasanya memiliki platform fee atau biaya tersendiri yang perlu dibayarkan hotel ketika seorang tamu melakukan reservasi.

Selain platform OTA, hotel juga dapat menggunakan metode direct booking untuk menjajakan kamar hotel. Direct booking adalah proses reservasi kamar hotel yang dapat dilakukan oleh tamu langsung dari aplikasi atau website resmi yang dikelola oleh hotel tanpa melalui channel OTA.

Penggunaan metode direct booking ini juga dikenal sebagai channel reservasi yang lebih murah karena tidak ada biaya yang perlu dibayarkan ke pihak ketiga seperti pada platform OTA.

Salah satu hotel yang memanfaatkan metode direct booking adalah Adi Dharma Hotel Kuta. Bahkan, berkat metode ini, hotel dengan konsep tropis ala Pulau Dewata ini berhasil menaikkan keuntungan hingga 90%. 

Seperti apa strategi pemasaran yang dilakukan oleh hotel yang satu ini?

Adhi Dharma Hotel Kuta dan Target yang Dituju

Adi Dharma Hotel Kuta merupakan salah satu hotel yang dikelola oleh Adi Dharma Hotel Group. Berlokasi strategis di Kuta, Bali, hotel ini menawarkan berbagai fasilitas yang nyaman dan modern.

Hotel ini mulai beroperasi sejak Juli 1995 dengan memiliki 85 kamar yang nyaman dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Tamu hotel dapat menikmati hidangan di restoran dan bar yang tersedia, berolahraga di gym, bersantai di spa, atau berenang di kolam renang hotel.

Adhi Dharma Hotel Kuta sedang fokus untuk meningkatkan jumlah direct booking melalui situs web hotelnya, sambil tetap mempertahankan kehadiran yang kuat di platform OTA yang telah lama digunakan. Untuk mewujudkan target ini, Adhi Dharma Hotel Kuta menggunakan layanan Omni Hotelier Booking Engine sebagai strategi pemasaran hotelnya.

Booking Engine Omni Hotelier sebagai Strategi Pemasaran Hotel

Dengan mengadopsi sistem booking engine dari Omni Hotelier, para tamu Adhi Dharma Hotel Kuta dapat melakukan reservasi langsung secara mudah melalui website hotel. Untuk menarik minat tamu melakukan reservasi via website, hotel ini menawarkan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan channel OTA.

Meskipun harga yang ditawarkan lebih rendah, Adhi Dharma Hotel Kuta tetap memastikan margin keuntungan yang mereka peroleh tetap lebih tinggi dibandingkan dengan harga yang dipatok di platform OTA. Hal ini disebabkan ketiadaan platform fee yang harus dibayar setiap reservasi.

Selain dengan harga yang lebih murah, ketersediaan kode promo juga menjadi daya tarik untuk tamu melakukan reservasi langsung via website. Melalui penggunaan kode promo khusus ini juga, Adhi Dharma Hotel Kuta semakin berhasil mempertahankan margin keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemesanan melalui OTA.

Meningkatkan Keuntungan Hotel hingga 90%

Penggunaan metode direct booking yang disertai dengan kode promo berhasil membawa kesuksesan baru bagi Adhi Dharma Hotel Kuta. Bahkan, keberhasilan ini dapat dirasakan dalam kurun waktu tiga bulan saja.

Mulai dari kenaikan sebesar 75% pada bulan Juni, angka ini terus meningkat menjadi 88% pada bulan Juli, dan akhirnya mencapai puncaknya pada bulan Agustus dengan kenaikan mencapai 90%. 

Kesuksesan ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran hotel dengan metode direct booking dan kode promo berhasil dalam menarik lebih banyak tamu. Adhi Dharma Hotel Kuta juga dapat mengoptimalkan keuntungan dengan harga yang kompetitif tanpa perlu memberhentikan channel reservasi lain seperti platform OTA.

“Dengan menggunakan Omni Hotelier Booking Engine, khususnya fitur Kode Promo, kami telah berhasil meningkatkan pemesanan langsung melalui situs web kami sekaligus menjaga hubungan baik dengan mitra lain,” ungkap Gede Pastiama selaku Sales Manager Adhi Dharma Hotel Kuta.

Baca Juga: Cara Optimalkan Hotel Anda dengan 7 Fitur Booking Engine Terbaik

Adhi Dharma Hotel Kuta telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam strategi pemasaran hotel dan mengoptimalkan keuntungan melalui metode direct booking. Dengan strategi penggunaan kode promo, hotel ini menetapkan standar baru dalam pemasaran dan layanan kepada tamu.

Layanan yang digunakan oleh Adhi Dharma Hotel Kuta tentunya juga dapat Anda gunakan untuk meningkatkan angka direct booking di hotel Anda. Untuk memperoleh layanan digital untuk meningkatkan visibilitas dan pengelolaan operasional hotel Anda secara efisien, Anda dapat memperoleh layanan OmniHub Booking Engine melalui marketplace MyIndibiz.

Dengan OmniHub Booking Engine, hadirkan pengalaman direct booking terbaik untuk tingkatkan keuntungan hotel Anda! Silakan klik tombol di bawah untuk informasi lebih lanjut terkait layanannya!

Tagar:

success storyomnihub-booking-engine

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya