Detail Tingkatkan Kompetensi
Kisah Cokelat nDalem, Oleh-Oleh Cokelat Andalan dari Yogyakarta!
Rabu, 20 Des 2023
Yogyakarta merupakan salah satu kota yang selalu menjadi destinasi favorit wisatawan tiap tahunnya, baik untuk wisatawan lokal, maupun mancanegara. Layaknya wisatawan, tentunya kadang terdapat suatu barang yang ingin dibawa kembali ke kampung halaman sebagai souvenir atau biasa disebut ‘oleh-oleh’.
Terdapat berbagai produk Kota Jogja selalu menarik hati wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh, contohnya seperti produk kuliner. Ciri khas dan keunikan dari suatu produk kuliner inilah yang menjadi daya tarik utamanya.
Salah satu produk yang diminati di Indonesia adalah cokelat. Rasanya yang manis dan ‘meleleh’ di mulut membuat banyak orang menikmatinya, bahkan menjadi oleh-oleh populer saat berwisata di kota lain. Di Yogyakarta sendiri, Cokelat nDalem merupakan salah satu produsen cokelat terkemuka yang dikenal.
Cokelat nDalem dikenal sebagai salah satu tujuan belanja yang terkenal bagi wisatawan yang mengunjungi Jogja. Sejak didirikan pada tahun 2013, Cokelat nDalem telah menjadi favorit para wisatawan karena variasi rasanya yang unik dibandingkan dengan cokelat lainnya.
Keterampilan Cokelat nDalem dalam menciptakan cokelat telah menghasilkan lebih dari 40 jenis rasa yang tersedia saat ini. Selain keunikan rasanya, hal yang menarik dari cokelat ini adalah penggunaan storytelling dan desain yang memperlihatkan kekayaan budaya nusantara pada kemasannya.
Awal Kisah Berdirinya Cokelat nDalem
Cokelat nDalem merupakan usaha yang didirikan dan dikelola oleh pasangan muda asal Jogja, Wednes Aria Yuda (Yuda) dan Meika Hazim (Meika). Mereka terlebih dahulu melakukan riset pasar di Yogyakarta sebelum mendirikan Cokelat nDalem.
Dengan pengetahuan yang dimiliki Meika sebagai lulusan Magister Manajemen UGM dan Yuda sebagai lulusan Teknologi Pertanian UGM, keduanya memulai pengembangan Cokelat nDalem dengan konsep menyampaikan rasa, pengalaman, dan cerita melalui cokelat batangan.
Cerita di balik merek Cokelat nDalem ini sangat terhubung dengan budaya Jawa. Hal ini dapat dilihat dari kata "nDalem" dalam bahasa Jawa yang berarti rumah. Konsepnya menggali makna "rumah" sebagai tempat bagi hati untuk kembali.
Keunikan yang Dimiliki oleh Cokelat nDalem
Ciri khas atau keunikan merupakan salah satu persyaratan agar bisnis dapat bertahan. Cokelat nDalem sendiri memiliki beberapa keunikan yang menjadikan produknya lebih menonjol dibandingkan produk cokelat-cokelat lainnya.
Apa saja keunikan yang dimiliki oleh Cokelat nDalem? Berikut ini penjelasannya!
1. Storytelling yang Filosofis lewat Packaging
Kemasan produk Cokelat nDalem berfokus pada narasi dari setiap cokelat yang dihasilkan. Dengan konsep yang kuat terkait budaya Jawa, hal ini meningkatkan keunikan produk dan memiliki nilai tambah dibandingkan dengan merek cokelat lainnya yang beredar di pasaran.
Sebagai contoh, untuk Cokelat Liniasa Klasik seperti Extra Dark, Dark, dan Less Sugar Dark, kemasannya diilustrasikan dengan motif klasik seperti batik pernikahan khas Jogja yang memiliki nilai filosofis yang dalam.
Selain itu, varian linirasa pedas yang didesain dengan ilustrasi wayang yang memiliki sentuhan komik. Linirasa Rempahnesia sendiri mengusung kemasan dengan ilustrasi prajurit kraton. Dengan ini, setiap cokelat dan kemasannya memiliki kisah serta memperlihatkan warisan budaya Jogja.
2. Pabrik yang Bisa Dikunjungi
Pabrik Cokelat nDalem hanya terdapat satu, yaitu di Jalan Bhayangkara No.23, Yogyakarta. Mayoritas penggemar cokelat ini berasal dari luar kota, yakni para wisatawan yang mencari oleh-oleh di Jogja.
Produk terlaris dari Cokelat nDalem ini adalah varian rasa klasik seperti dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate yang tentunya dikemas dengan motif batik khas Jogja.
Di pabrik Cokelat nDalem, terdapat atraksi unik di mana pengunjung bisa melihat proses pembuatan cokelat setelah melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum mengunjungi dapur cokelatnya. Pengunjung dapat melihat proses produksi melalui kaca yang mengarah ke dapur dan juga mendapatkan cokelat tester secara gratis.
3. Memberdayakan Perempuan dalam Bisnisnya
Salah satu faktor penting dalam kegiatan operasional Cokelat nDalem adalah partisipasi perempuan. Saat ini, mayoritas anggota tim di Cokelat nDalem adalah perempuan. Keterlibatan perempuan dalam tim Cokelat nDalem memiliki kelebihan. Salah satunya adalah loyalitas yang tinggi sehingga tingkat pergantian anggota timnya rendah.
Selain itu, perempuan yang terlibat cenderung lebih telaten, gigih, dan memiliki keteguhan lebih dalam menghadapi berbagai tantangan selama perjalanan usaha Cokelat nDalem.
Oleh karena itu, banyak kebijakan dan keputusan di Cokelat nDalem dirancang untuk memberi ruang bagi mereka untuk memberdayakan diri serta memberikan manfaat bagi keluarga mereka.
4. Berinovasi dalam Menghadirkan Berbagai Jenis Produk
Seiring waktu berjalan, Cokelat nDalem mulai mengembangkan merek kedua mereka, yaitu Boenbeans. Hal ini diciptakan sebagai sarana untuk menceritakan kisah tentang cokelat Indonesia.
Melalui Boenbeans, Cokelat nDalem juga berpartisipasi dalam pemberdayaan petani lokal, khususnya petani kakao di Gunung Kidul. Seiring berkembangnya bisnis, mereka tidak lagi membeli cokelat dari pemasok tetapi memproses langsung biji kakao yang diperoleh dari para petani. Merek ini menekankan konsep cokelat yang sehat dengan kandungan gula rendah, menampilkan keunggulan cokelat dari petani lokal.
Di samping itu, mereka melakukan inovasi tambahan dengan memperkenalkan merek cokelat ketiga, yaitu Oui Chocolate. Konsepnya berbeda dari dua merek sebelumnya dimana kedua merek tersebut terkesan lebih ‘serius’ dan ‘tradisional’, sedangkan Oui Chocolate lebih modern dan ditujukan kepada generasi muda sebagai target pasar utamanya.
Baca Juga: Sambut Tahun 2024, Kenali 13 Tren Media Sosial untuk Bisnis Sukses
Dari kisah pasangan Meika dan Yuda dalam mengembangkan Cokelat nDalem, kita dapat mengetahui bahwa sangat penting bagi Anda untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memulai bisnis. Hal ini tentunya dapat menguntungkan bagi keberlangsungan bisnis Anda.
Kisah dan perjuangan Meika Hazim selaku pemilik dan pengelola Cokelat nDalem dapat menjadi inspirasi untuk Anda dalam memulai dan menjalankan bisnis. Apabila Anda ingin mendapatkan insight lebih lanjut, MyIndibiz mengundang Anda untuk bergabung pada webinar Strategi Bisnis untuk Mompreneur dalam Kelola Bisnis di Era Digital yang akan berlangsung pada Jumat, 22 Desember 2023 pukul 15.30 WIB.
Webinar ini menghadirkan Meika Hazim sebagai pemateri, yang akan berbagi terkait tips dan strategi bisnis yang dijalankannya, terutama yang dapat diikuti dan bermanfaat untuk para mompreneur di Indonesia.
Segera dapatkan tiket Anda untuk bergabung ke webinarnya secara GRATIS! Untuk mendaftar ke webinar, silakan klik tombol di bawah ini.
Tagar:
Bagikan