Detail Tingkatkan Kompetensi

5 Cara Mengembangkan Usaha Menjadi Besar

Tips & Trick

Rabu, 5 Jul 2023

5 Cara Mengembangkan Usaha Menjadi Besar

Keinginan yang pasti dimiliki oleh setiap pengusaha adalah mengembangkan usaha mereka agar terus bertumbuh seiring perjalanan waktu. Di awal ketika memulai usaha, fokus utama adalah bertahan. Tetapi ketika sudah mencapai titik stabil, tentu keinginan untuk mengembangkan bisnis itu hadir. Meski begitu, banyak dari pengusaha yang masih bingung bagaimana cara mengembangkan bisnis yang mereka miliki. 

Ini tidak aneh mengingat banyak yang memulai usaha tanpa memiliki perencanaan yang jelas. Biasanya modal nekad. Ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak usaha kecil menengah yang gagal mengembangkan usaha mereka. 

5 Cara Mengembangkan Usaha Menjadi Besar

Walau tidak mudah, bukan berarti Anda sebagai pelaku usaha tidak dapat mengembangkan usaha. Hal pertama yang harus dilakukan oleh pengusaha yang tertarik untuk mengembangkan bisnis adalah menentukan tujuan dari pengembangan bisnis. Menentukan tujuan sangat penting karena tujuan yang berbeda akan membutuhkan strategi cara mengembangkan usaha yang berbeda pula. Setelah menentukan tujuan dari pengembangan usaha, maka langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah:

1. Review dan Evaluasi  Perjalanan Usaha

Sebelum melakukan berbagai cara untuk mengembangkan usaha menjadi besar dan mencapai tujuan yang sudah ditentukan, pemilik usaha harus mereview serta melakukan evaluasi perjalanan usahanya. Review berbagai langkah dan keputusan yang sudah diambil selama berbisnis setelah itu lakukan evaluasi untuk mencari tahu apa saja yang dapat dikembangkan serta diperbaiki untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. 

Selain itu, mengembangkan bisnis membutuhkan modal yang lebih besar hingga efisiensi biaya operasional ini merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan dan salah satu caranya dengan melakukan review dan evaluasi. Saat melakukan review, pengusaha akan menemukan bagaimana perputaran modal dalam usaha sehingga dapat melakukan evaluasi dan mengambil kebijakan untuk melakukan efisiensi misalnya dengan memaksimalkan anggaran pemasaran, mencari vendor lain dengan biaya produksi yang lebih rendah dan sebagainya. 

2. Analisis Kualitas Produk

Produk merupakan bagian terpenting dari usaha. Tanpa produk maka usaha tidak akan pernah dapat berjalan sehingga penting untuk terus-menerus melakukan analisis terkait produk. Salah satu cara mengembangkan bisnis adalah dengan memastikan produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan memiliki kualitas yang bagus. Tetapi itu saja tidak cukup. Bisnis harus terus meningkatkan kualitas produk untuk memastikan bisnis berkembang. Ada banyak bisnis yang tidak berkembang sesuai harapan pemiliknya karena produk yang ditawarkan memiliki banyak kelemahan tetapi terlambat disadari karena pengusaha tidak melakukan analisis kualitas produk secara berkala. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi pada usaha Anda, bukan? 

3. Analisis Kompetitor

Setiap bisnis pasti memiliki kompetitor atau saingan. Hampir tidak ada usaha yang berhasil melakukan monopoli sehingga penting untuk melakukan analisis kompetitor. Analisis ini tidak sebatas pada produk yang ditawarkan oleh kompetitor tetapi Anda harus berupaya agar mampu memahami kompetitor atau pesaing secara mendalam. Pengetahuan terkait kompetitor dapat digunakan dalam menyiapkan strategi dan cara mengembangkan usaha yang Anda miliki. Jika Anda berhasil melakukannya maka bisnis Anda tidak hanya akan berkembang tetapi juga dapat mengalahkan kompetitor atau saingan dengan menjadi pilihan pertama dari pelanggan. 

4. Ekspansi ke Pasar Baru

Ekspansi pasar sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bisnis karena akan membawa Anda menemukan pelanggan baru yang potensial. Cara untuk mengembangkan pasar adalah dengan mencoba apa yang selama ini belum pernah dilakukan. Misalnya jika selama ini Anda menggunakan media sosial untuk membangun komunikasi dengan pelanggan, maka sekarang Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk beriklan yang akan menjangkau lebih banyak calon pelanggan baru. 

Salah satu cara yang sedang menjadi idola saat ini adalah dengan melakukan kolaborasi. Anda dapat berkolaborasi dengan merek lain, artis, influencer atau bahkan seniman. Dengan mengeluarkan produk kolaborasi Anda akan mendapatkan ruang untuk menjadikan pelanggan atau fans dari rekan kolaborasi Anda sebagai pelanggan baru Anda. Berawal dari membeli produk kolaborasi, bukan tidak mungkin kedepannya mereka akan menjadi pelanggan loyal. 

5. Berani Melakukan Eksperimen

JIka Anda sudah melakukan empat langkah di atas maka sekarang adalah saatnya untuk melakukan eksperimen. Eksperimen ini tidak terbatas pada menghadirkan produk atau melakukan inovasi baru yang berhubungan dengan produk tetapi juga bereksperimen dalam bagaimana menyiasati pasar yang dinamis agar produk Anda tetap dapat relevan dan dicari oleh pelanggan. 

Baca Juga : 3 Permasalahan UKM yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula

Mengembangkan usaha memang bukan hal yang mudah tetapi bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya. Jika usaha Anda sudah siap untuk berkembang, sebelum melakukan lima langkah di atas maka Anda harus memastikan kalau sudah menggunakan penyedia layanan internet yang mumpuni. 

Internet untuk kepentingan bisnis tentu berbeda dengan internet yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Menyadari ini, myindibiz menghadirkan layanan internet yang berfokus untuk memenuhi segala kepentingan bisnis dan usaha dengan beberapa fitur unggulan seperti: jaringan internet stabil dengan rasio kecepatan 1:1, jaringan tersedia di seluruh Indonesia dan yang paling terpenting seluruh proses end-to-end yang dapat dipantau melalui platform myindibiz.

Awali transformasi digital bisnis Anda dengan mengunjungi HSI B2B dan mulai ciptakan peluang, wujudkan harapan dengan mengembangkan bisnis Anda bersama myindibiz yang merupakan platform dari Telkom Indonesia.

Tagar:

cara mengembangkan usaha kecil menjadi besar cara mengembangkan bisnis

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya