Detail Tingkatkan Kompetensi
LOGEE Permudah PT BGR Logistik Indonesia Distribusi Bantuan Stunting
Selasa, 23 Jul 2024
Stunting merupakan salah satu fenomena medis yang menjadi fokus utama Pemerintah Indonesia. Berbagai usaha dilakukan untuk dapat menurunkan angka kasus stunting. Salah satunya adalah dengan membagikan paket bantuan berisi ayam dan telur untuk KRS atau Keluarga Rawan Stunting yang dilakukan oleh ID FOOD (Induk Holding BUMN Pangan PT Rajawali Nusantara Indonesia).
Proses pendistribusian ini tentunya membutuhkan jasa ekspedisi atau logistik agar dapat sampai ke target program. PT BGR Logistik Indonesia merupakan perusahaan ekspedisi yang bekerja sama dengan ID FOOD.
Pada praktiknya, PT BGR Logistik Indonesia menemukan berbagai rintangan yang harus dihadapi. Lalu, langkah mitigasi apa yang diambil oleh PT BGR Logistik Indonesia dalam proses pendistribusian paket bantuan untuk Keluarga Rawan Stunting (KRS)? Serta, seperti apa impact dari langkah yang diambil terhadap efektivitas pendistribusian paket bantuan?
Problematika yang Dihadapi PT BGR Logistik Indonesia
Dalam proses pendistribusian paket bantuan dari ID FOOD, PT BGR Logistik Indonesia tidak hanya menghadapi tantangan dari kondisi geografis Indonesia yang luas. Perusahaan Logistik yang berkantor pusat di kawasan Taman Sari, Kota Jakarta Barat ini juga memiliki problematika lain dalam proses pendistribusian paket bantuan KRS.
Tantangan yang pertama ada pada proses verifikasi data penerima bantuan KRS. Dalam proses ini, PT BGR Logistik Indonesia menyadari bahwa kehadiran platform digital dewasa ini menjadi hal yang wajib dipenuhi dengan tujuan dapat membantu proses verifikasi data penerima bantuan yang akan sangat berguna dan memudahkan pekerjaan mereka.
Proses pendistribusian paket bantuan juga menugaskan berbagai armada transportasi. Tentu saja proses ini memakan banyak waktu, serta perlu fokus pada pengelolaan instruksi ke berbagai armada agar terhindar dari berbagai kondisi yang tidak diinginkan.
Tidak hanya itu saja, proses monitoring pengiriman juga masih minim. PT BGR Logistik Indonesia merasa kesulitan saat memantau pergerakan pengiriman barang, memastikan barang sampai dengan kondisi yang baik, serta proses pendistribusian di Titik Bagi dapat berjalan secara efisien dan efektif.
Layanan LOGEE untuk Distribusi Paket Bantuan yang Lebih Mudah
Teknologi hadir untuk memberikan solusi bagi seluruh kebutuhan. Dalam memenuhi kebutuhan serta menghadapi tantangan di sektor logistik dan ekspedisi, layanan LOGEE dari Telkom Indonesia merupakan solusi yang tepat.
Layanan LOGEE hadir di tengah ekosistem PT BGR Logistik Indonesia untuk memudahkan proses pendistribusian paket bantuan KRS secara end-to-end. Keterlibatan layanan LOGEE pada proses distribusi bantuan KRS ini dapat ditemukan pada seluruh 4 tahapan.
Pada tahapan pre-distribution, PT BGR Logistik Indonesia melakukan proses manajemen moda transportasi yang digunakan dengan menggunakan website LOGEE. Proses ini juga mencakup pemberian instruksi terkait pekerjaan yang akan dilakukan oleh driver.
Selanjutnya adalah tahap middle mile. Pada tahapan ini, para driver yang ditugaskan dapat mengakses aplikasi LOGEE di ponsel masing-masing untuk menerima instruksi yang diberikan. Instruksi ini meliputi pengambilan daging ayam dan telur di peternakan, hingga membawa item tersebut ke produsen packaging untuk dikemas sesuai standar.
Tahapan ketiga yaitu last mile, aplikasi LOGEE dapat digunakan oleh operator yang bertugas di lapangan. Peranan LOGEE pada tahapan ini membantu pada proses persiapan paket sebelum dibagikan, barcode scan di undangan penerima bantuan, hingga proses Verfikasi dan Validasi pada saat pembagian paket bantuan yang dilengkapi dengan teknologi Geotagging dan Face Recognition.
Terakhir, integrasi API yang ada pada dashboard LOGEE dan ID FOOD memberikan kemudahan pada tahapan post-distributrion. Integrasi ini memudahkan pemantauan proses delivery secara real-time, serta pembuatan dokumen yang diperlukan untuk proses reporting aktivitas pembagian paket bantuan KRS.
Baca Juga: Atasi Masalah Muatan yang Hilang, Tanto Intim Line Gunakan Antares IoT
Pemanfaatan layanan LOGEE telah memberikan dampak yang positif pada proses pendistribusian bantuan KRS oleh PT BGR Logistik Indonesia dan ID FOOD. Dampak positif ini dapat dilihat pada pemberian instruksi pengiriman barang jadi lebih cepat & akurat, memudahkan proses live tracking, serta memudahkan verifikasi penerima bantuan KRS.
Layanan LOGEE tidak hanya dapat digunakan oleh PT BGR Logistik Indonesia dan ID FOOD saja, tetapi juga tersedia untuk seluruh pelaku bisnis di Indonesia. MyIndibiz menghadirkan solusi logistik yang inovatif dan efisien dengan dukungan teknologi LOGEE untuk membantu Anda dalam mengelola distribusi dengan lebih baik, cepat, dan aman.
Temukan layanan terbaik untuk proses logistik dan distribusi dari LOGEE hanya di MyIndibiz. Silakan klik tombol di bawah untuk informasi lebih lanjut!
Tagar:
Bagikan