Detail Tingkatkan Kompetensi
Loyalty Program, Strategi Bisnis untuk Maintain Loyal Customer
Selasa, 28 Mar 2023
Untuk membuat pelanggan loyal terhadap produk, Anda dapat mencoba menempatkan diri sebagai pelanggan sebelum menentukan strategi apa yang akan diterapkan. Salah satu contoh strategi yang dapat Anda terapkan adalah dengan membuat loyalty program.
Strategi loyalty program ini adalah program atau layanan khusus yang diberikan agar pelanggan tetap setia menggunakan sebuah produk.
Uniknya lagi, strategi loyalty program ini bukan strategi yang hanya bisa dilakukan oleh perusahaan besar dan stabil saja. Usaha dan bisnis yang masih merintis pun dapat menerapkan strategi ini karena dapat dimanfaatkan untuk mendorong usaha Anda semakin berkembang.
Mengenal Lebih Dekat Loyalty Program
Secara sederhana, loyalty program bisa dimanfaatkan oleh pebisnis sebagai strategi jangka panjang untuk mempertahankan bisnisnya. Meskipun tujuannya untuk mempertahankan pelanggan lama, program ini juga bisa diterapkan untuk menarik perhatian pelanggan baru.
Dengan loyalty program yang menarik, tentunya usaha Anda akan dengan mudah dikenal oleh pelanggan. Selain itu, juga terdapat kemungkinan pelanggan mengajak orang lain untuk mencoba produk Anda, karena program menarik yang Anda sediakan.
Contoh Loyalty Program
Lalu, apa saja contoh-contoh loyalty program yang bisa Anda aplikasikan untuk mempertahankan pelanggan setia? Temukan penjelasan detailnya pada daftar berikut!
1. Membuat program kemitraan
Seperti namanya, dengan strategi ini pelanggan Anda akan berperan sebagai mitra. Pelanggan, sebagai mitra, akan memperoleh kesempatan untuk memperoleh produk dengan harga yang lebih rendah sehingga dapat dijual kembali.
Selain itu, pelanggan Anda juga memiliki kebebasan untuk menyebarluaskan dan memasarkan produk. Oleh karena itu, Anda perlu menyepakati jumlah keuntungan yang akan diperoleh oleh pelanggan saat berperan sebagai mitra.
2. Melakukan Program Value Brand
Anda mungkin masih asing dengan istilah di atas, padahal program ini sering kita jumpai sehari-hari. Singkatnya, program ini dilakukan dengan cara memberikan keuntungan bagi pelanggan sekaligus memperkuat nilai atau value dari usaha kita.
Contoh Program Value Brand yang bisa kita buat seperti menerapkan promo buy 1 get 1, memberikan cashback, memberikan diskon, dan lain-lain. Harapannya, setelah menerima promo-promo ini pelanggan akan memiliki keinginan untuk membeli lagi produk usaha kita.
3. Menyelenggarakan event khusus
Cara ini bisa dilakukan dengan menyelenggarakan event khusus kemudian mengundang pelanggan. Contohnya, Anda mengundang pelanggan setia untuk hadir ke acara peluncuran produk baru kemudian memberikan harga khusus untuk pelanggan yang hadir.
Selain itu, Anda juga dapat memberikan promo khusus untuk acara pribadi milik pelanggan. Misalnya, memberikan promo ulang tahun berupa produk gratis untuk pelanggan yang sedang berulang tahun. Dengan cara ini, pelanggan akan merasa dekat dengan usaha Anda secara emosional.
4. Menyediakan program keanggotaan yang bersifat berbayar
Tidak jarang ada pelanggan yang rela membayar lebih karena ingin menerima pelayanan khusus. Anda dapat memanfaatkan situasi ini dengan menyediakan program keanggotaan berbayar atau membership.
Tentunya keuntungan yang diterima oleh pelanggan membership harus berbeda dengan pelanggan non-member. Contohnya, pelanggan yang telah bergabung dengan membership akan mendapatkan diskon spesial yang tidak akan diterima oleh pelanggan non-member.
5. Menerapkan sistem loyalty point
Mungkin Anda pernah mendengar istilah poin belanja. Poin belanja ini merupakan salah satu bentuk pengaplikasian loyalty point, bentuk strategi loyalty program yang diberikan kepada pelanggan setiap selesai melakukan transaksi.
Pada umumnya, loyalty point ini bersifat akumulatif. Setelah mengumpulkan poin dalam jumlah tertentu, pelanggan dapat menukarkan poinnya dengan hadiah produk, layanan ekstra, potongan harga, dan hadiah lainnya.
Setelah melihat contoh-contoh loyalty program di atas, strategi mana yang menarik untuk Anda terapkan? Apa pun strategi yang Anda pilih, pastikan untuk membuat perencanaan serta melakukan eksekusi yang jelas agar proses elevasi dan pengembangan bisnis Anda dapat berjalan secara optimal.
Selain memanfatkan loyalty program sebagai metode untuk maintaining loyal customer, membangun komunikasi yang efektif juga merupakan metode lainnya agar pelanggan tidak ‘berpaling’ dari Anda. Komunikasi ini dapat dibangun dengan berbagai channel, termasuk channel digital seperti media sosial.
Agar komunikasi di media sosial dapat berjalan lancar, pastikan Anda telah menggunakan layanan internet berkualitas agar terhindar dari koneksi buruk yang dapat menghambat komunikasi. Gunakan jaringan internet berasio 1:1 dari Indibiz agar relasi dengan pelanggan dapat terus dipertahankan melalui komunikasi yang lancar.
Tertarik untuk berlangganan HSI B2B? Temukan informasi lengkap dan penawaran terbaik dari Indibiz dengan klik tombol di bawah.
Tagar:
Bagikan