Detail Tingkatkan Kompetensi
Memaksimalkan Keberhasilan Bisnis dengan Pelatihan SDM, Ini Contohnya!
Jumat, 3 Nov 2023
Dalam dunia bisnis yang penuh dengan perubahan yang cepat serta persaingan yang ketat, pengembangan sumber daya manusia atau yang sering disebut sebagai SDM, merupakan salah satu kunci keberhasilan bisnis yang tak dapat diabaikan.
Pengembangan SDM bukan hanya sekadar investasi, melainkan juga strategi cerdas yang akan membantu perusahaan untuk dapat menghadapi berbagai tantangan. Pelatihan SDM juga dapat membantu bisnis dalam beradaptasi terhadap perubahan, serta mencapai tujuan bisnisnya dengan lebih efektif.
Oleh karena itu, pelatihan SDM diperlukan untuk mewujudkan SDM perusahaan yang berkualitas. Peran penting pelatihan dan pengembangan SDM dalam dunia bisnis kini menjadi hal yang tak perlu diragukan lagi.
Program pelatihan SDM merupakan langkah ideal untuk membantu karyawan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, yang juga akan meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja.
Selain itu, pengembangan SDM juga dapat membangun motivasi dan keterlibatan karyawan. Hal tersebut merupakan faktor yang penting untuk dimiliki agar dapat meraih keberhasilan bisnis yang telah ditargetkan serta menjaga keberlanjutan perusahaan.
Tujuan Pelatihan dan Pengembangan SDM
Melaksanakan program pelatihan dan pengembangan SDM memiliki sejumlah tujuan dan manfaat yang dapat berkontribusi positif pada perusahaan. Adapun tujuan pelatihan SDM di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Meningkatkan keterampilan karyawan
Salah satu tujuan utama dari adanya pelatihan dan pengembangan SDM ialah untuk membantu meningkatkan keterampilan karyawan. Hal ini dapat dicapai dengan menyediakan kursus dan program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan teknis dan profesional karyawan.
2. Meningkatkan keterlibatan dan kepuasan karyawan
Pelatihan dan pengembangan SDM dapat membantu meningkatkan keterlibatan dan kepuasan karyawan. Karyawan yang memiliki akses ke program pelatihan cenderung lebih terlibat dalam pekerjaan mereka dan lebih puas dengan posisi mereka. Mereka juga lebih mungkin untuk tetap setia pada perusahaan mereka dalam jangka panjang.
3. Memperkuat budaya perusahaan
Pelatihan dan pengembangan SDM juga dapat membantu memperkuat budaya perusahaan. Budaya perusahaan adalah seperangkat nilai, keyakinan dan perilaku yang menjadi ciri khas perusahaan. Budaya perusahaan dapat diperkuat melalui pelatihan SDM dengan menanamkan nilai-nilai yang dianut bersama pada karyawan dan mendorong perilaku yang mendukung misi perusahaan.
4. Meningkatkan keselamatan di tempat kerja
Pelatihan dan pengembangan SDM dapat membantu meningkatkan keselamatan di tempat kerja. Karyawan yang terlatih dalam hal keselamatan akan lebih siap untuk mengidentifikasi potensi risiko dan bahaya di tempat kerja. Mereka juga lebih siap untuk merespons jika terjadi keadaan darurat atau insiden.
5. Meningkatkan potensi keberhasilan bisnis
Menciptakan karyawan yang lebih terampil, terlibat, dan memahami budaya perusahaan adalah langkah ideal agar perusahaan dapat lebih produktif, efisien, dan kompetitif. Hal ini pada akhirnya akan mendukung pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang perusahaan.
Jenis-Jenis Pelatihan SDM Beserta Contohnya
Pelatihan SDM memiliki peran penting untuk menciptakan tim yang produktif dan terampil. Berikut adalah jenis-jenis pelatihan SDM beserta contohnya yang dapat Anda coba terapkan pada bisnis atau perusahaan Anda.
1. Orientasi Karyawan
Orientasi karyawan merupakan satu rangkaian kegiatan yang ditujukan untuk karyawan yang baru saja bergabung dengan perusahaan Anda. Jenis kegiatan ini dapat digunakan untuk membekali karyawan baru dalam menjalankan aktivitasnya di perusahaan Anda.
Orientasi karyawan efektifnya memberikan informasi dasar organisasi yang dibutuhkan karyawan baru dalam mempersiapkan peran mereka di perusahaan, menjawab setiap pertanyaan yang mungkin mereka miliki, dan membantu mereka untuk segera berkontribusi pada perusahaan.
Berikut adalah beberapa contoh pelatihan dan pengembangan sdm pada program pelatihan orientasi karyawan:
- Program pembelajaran online mandiri untuk pelatihan teknis khusus pekerjaan.
- Informasi tentang prosedur keselamatan..
- Sesi pelatihan kelompok tatap muka untuk pelatihan keterampilan lunak seperti layanan pelanggan, pembangunan tim, dan manajemen klien.
2. Onboarding Training
Onboarding Training adalah proses untuk membuat karyawan baru Anda cepat memahami tanggung jawab baru mereka, memahami budaya perusahaan, dan menjadi anggota tim yang produktif dengan cepat.
Sama-sama ditujukan untuk karyawan baru, namun Onboarding Training berbeda dengan Orientasi Karyawan. Jika Orientasi Karyawan berlangsung selama 1-2 hari, proses Onboarding Training dapat berlangsung selama seminggu, sebulan, atau bahkan setahun dalam beberapa kasus.
Berikut adalah beberapa contoh pelatihan dan pengembangan sdm pada program onboarding training:
- Pelatihan fungsional untuk memberikan gambaran umum tentang produk/layanan organisasi, klien/pelanggan, dan struktur organisasi.
- Pelatihan untuk memberikan informasi mengenai informasi perusahaan, penjualan, rencana bisnis, sasaran, dan tujuan dalam bentuk video orientasi.
- Memfasilitasi diskusi antara karyawan baru dan manajer untuk memperjelas ekspektasi, prioritas, dan hasil kerja.
- Rencana 30-60-90 hari untuk setiap karyawan sesuai dengan proyek, peran, dan tujuan mereka.
3. Pelatihan Kepatuhan
Pelatihan Kepatuhan dilaksanakan untuk mendidik karyawan tentang hukum dan peraturan yang berlaku untuk fungsi pekerjaan atau industri mereka. Program ini membantu meminimalkan risiko, menjaga reputasi, dan menyediakan lingkungan tempat kerja yang lebih baik dan aman bagi karyawan.
Berikut adalah beberapa contoh pelatihan dan pengembangan sdm pada program pelatihan kepatuhan:
- Anti-pelecehan: Program pelatihan kepatuhan anti-pelecehan memberikan panduan dan langkah-langkah untuk menanggapi insiden seperti perundungan, pelecehan, dan pelecehan seksual.
- Pelatihan keamanan siber: Program ini mencakup cara mengelola informasi sensitif dan rahasia secara efisien dan melatih staf tentang strategi, alat, dan sistem yang diperlukan untuk melindungi data pribadi.
- Etika bisnis: Program pelatihan etika & kepatuhan mencakup pelatihan penilaian risiko, metode untuk mendorong pelaporan pelanggaran, struktur akuntabilitas karyawan, dan sistem untuk menangani area abu-abu/konflik kepentingan.
4. Pelatihan Kepemimpinan
Pelatihan kepemimpinan untuk para pemimpin perusahaan yang sudah ada adalah cara untuk menyegarkan dan mengatur ulang pola pikir mereka. Hal ini dapat membantu dalam meningkatkan proses manajerial di lingkungan bisnis Anda.
Tidak hanya untuk staff manajerial atau pimpinan, pelatihan kepemimpinan juga dapat diselenggarakan untuk karyawan agar dapat membantu mereka lebih memahami peran mereka saat ini dan mempelajari apa yang diperlukan untuk menjadi pemimpin dimasa depan.
Proses pelatihan dapat ditangani secara berbeda tergantung pada ukuran dan jenis perusahaan. Berikut adalah beberapa contoh pelatihan dan pengembangan sdm pada program pelatihan kepemimpinan:
- Mentoring
- Pengembangan kepemimpinan berbasis kelompok
- Rotasi pekerjaan
- Job shadowing
5. Pelatihan Soft Skill
Program Pelatihan Soft Skill berfokus pada atribut pribadi, seperti komunikasi, resolusi konflik, dan pemecahan masalah, yang diperlukan untuk kesuksesan dan pengembangan karier seseorang.
Di setiap unit bisnis dan peran karyawan, soft skill sangat penting untuk mendapatkan klien baru, meningkatkan hubungan dengan pelanggan saat ini dan metrik layanan, serta membangun dinamika tim yang lebih kuat.
Berikut adalah langkah-langkah untuk merancang program pelatihan soft skill untuk organisasi Anda:
- Tentukan soft skill apa yang dibutuhkan oleh karyawan Anda.
- Menilai keterampilan lunak karyawan melalui penilaian mandiri.
- Identifikasi sumber daya yang dibutuhkan tergantung pada jenis pelatihan.
- Tetapkan tujuan untuk menilai efektivitas program pelatihan.
- Bagikan manfaat program pelatihan dengan karyawan Anda untuk melibatkan mereka.
- Berikan umpan balik yang berkelanjutan kepada peserta pelatihan.
Baca Juga: 10 Manfaat Teknologi dalam Mendorong Proses Pertumbuhan Bisnis
Pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) telah terbukti sebagai kunci keberhasilan yang tak bisa diabaikan. Pentingnya pelatihan dan pengembangan SDM tidak dapat dipandang sebelah mata, karena program ini membantu karyawan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, meningkatkan keterlibatan dan kepuasan, memperkuat budaya perusahaan, dan bahkan meningkatkan keselamatan di tempat kerja.
Dalam upaya mencapai pengembangan SDM yang lebih baik bagi bisnis Anda, MyIndibiz memiliki layanan dukungan SDM yang akan mengoptimalisasi potensi bisnis Anda melalui Indibiz Pelatihan.
Melalui Indibiz Pelatihan, Anda dapat menemukan beragam konten menarik yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan potensi keberhasilan bisnis Anda. Mulai dari rangkaian video pembelajaran yang diterbitkan secara berkala, webinar gratis bersama dengan expert profesional, hingga kursus bisnis gratis dan berbayar yang dilengkapi dengan modul pembelajaran untuk membantu Anda dalam meningkatkan kualitas bisnis Anda.
Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai Indibiz Pelatihan dengan klik tombol dibawah ini!
Tagar:
Bagikan