Detail Tingkatkan Kompetensi

Mengenal Apa Itu Tagline, Manfaat, Cara Membuat beserta Contohnya

Tips & Trick

Senin, 16 Okt 2023

Mengenal Apa Itu Tagline, Manfaat, Cara Membuat beserta Contohnya

Memulai bisnis dari nol adalah tantangan besar yang memerlukan pendekatan yang cermat. Di tengah persaingan yang semakin ketat dan pasar yang selalu berubah, elemen seperti brand tagline memiliki peran sebagai pintu gerbang pertama yang memungkinkan pelanggan potensial memahami esensi bisnis Anda.

Brand tagline bukanlah sekadar rangkaian kata. Sebagai alat komunikasi yang kuat yang membantu membangun citra merek, brand tagline harus dapat menggambarkan jati diri bisnis Anda serta memberi tahu dunia apa yang Anda tawarkan.

Artikel ini akan membahas mengenai peranan tagline dalam perjalanan Anda membangun bisnis dari nol. Kita akan menyoroti pengertian apa itu tagline, manfaat tagline, cara membuat tagline yang menarik, hingga beberapa contoh tagline menarik.

Apa Itu Tagline?

Tagline adalah komponen penting yang harus dimiliki sebagai identitas suatu bisnis. Dengan memiliki tagline, identitas bisnis yang ingin diciptakan di benak pelanggan dapat dibentuk dengan lebih mudah.

Terutama saat memulai bisnis dari nol, tagline adalah satu hal yang harus dipersiapkan. Pada dasarnya, cara membuat tagline dimulai dengan membuat kalimat pendek yang mencerminkan esensi bisnis Anda. Kalimat pendek ini nantinya akan berperan sebagai kunci untuk membuka brand awareness di benak pelanggan.

Definisi lainnya, tagline adalah frase singkat yang berperan penting dalam memperkuat citra merek, mengkomunikasikan nilai inti bisnis Anda, dan menarik perhatian konsumen potensial saat Anda mulai membangun bisnis dari awal.

Manfaat Tagline untuk Bisnis

Tagline bukan hanya  sekadar frasa yang terdengar bagus. Tagline adalah fondasi yang kuat bagi bisnis Anda, terutama ketika Anda memulainya dari nol. Berikut ini adalah tujuh manfaat utama dari memiliki tagline yang kuat untuk bisnis Anda.

1. Mengkomunikasikan Identitas Bisnis

Tagline adalah cara singkat dan efisien untuk mengomunikasikan identitas bisnis Anda. Hanya melalui beberapa kata saja, Anda dapat menggambarkan esensi, tujuan, dan nilai inti bisnis Anda kepada khalayak. Ini dapat membantu audiens Anda memahami identitas yang bisnis Anda miliki serta apa yang membuat bisnis Anda unik.

2. Membangun Kesadaran Merek

Tagline yang kuat membantu membangun kesadaran merek yang kokoh. Ketika tagline Anda digunakan secara konsisten dalam strategi pemasaran Anda, ia menjadi simbol merek yang mudah dikenali. Ini membuat konsumen lebih mudah mengingat bisnis Anda di tengah persaingan yang sengit.

3. Membedakan Diri dari Kompetitor

Dalam dunia bisnis yang padat akan kompetisi, tagline yang unik dan menarik dapat membantu Anda membedakan diri dari pesaing. Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan mengapa bisnis Anda lebih baik atau berbeda daripada yang lain. Tagline yang menonjol akan menarik perhatian pelanggan potensial.

4. Memandu dalam Pengambilan Keputusan

Tagline yang baik juga berperan sebagai panduan internal. Ini membantu Anda dan tim Anda tetap fokus pada tujuan, misi, dan nilai inti bisnis. Ketika Anda memiliki tagline yang jelas, itu mempermudah pengambilan keputusan, pengembangan produk, dan strategi pemasaran.

5. Menciptakan Kesan Positif

Tagline yang mencerminkan nilai, integritas, atau kesan positif lainnya dapat menciptakan kesan positif di benak pelanggan. Ini memperkuat hubungan Anda dengan mereka, menciptakan kepercayaan, dan mendorong loyalitas.

6. Memudahkan Pengenalan Produk Baru

Ketika Anda memperkenalkan produk atau layanan baru, tagline yang kuat dapat memudahkan proses pengenalan. Konsumen yang sudah mengenal merek Anda melalui tagline akan lebih terbuka untuk mencoba produk atau layanan baru yang Anda tawarkan.

7. Membangun Kisah dan Emosi

Tagline dapat menjadi dasar untuk membangun kisah merek yang kuat. Dengan kata-kata yang dipilih secara cermat, Anda dapat membangun emosi di sekitar brand Anda, serta mengundang audiens untuk terlibat dalam cerita tersebut.

Cara Membuat Tagline yang Menarik

Tagline yang menarik memiliki kekuatan untuk merangkul audiens Anda, menciptakan kesan yang mendalam, dan mengingatkan pelanggan tentang bisnis Anda. Sebagai panduan untuk Anda dalam mengeksplorasi branding, berikut ini cara membuat tagline yang menarik dan mudah diikuti.

1. Pahami Esensi Bisnis Anda

Langkah pertama adalah memahami esensi bisnis Anda. Identifikasikan nilai, tujuan, dan pesan seperti apa yang ingin Anda sampaikan. Temukan juga keunikan yang dimiliki oleh bisnis Anda. Ini adalah fondasi tagline Anda, jadi kenalilah identitas merek Anda dengan baik.

2. Pertimbangkan Audiens Anda

Dalam berkomunikasi dengan audiens, tentu kita harus menyesuaikan seperti apa karakteristik yang dimiliki oleh audiens. Tentunya dalam merangkai tagline juga harus memperhatikan audiens Anda.

Identifikasikan kelompok audiens yang Anda targetkan. Apakah tagline ini akan lebih efektif jika ditujukan kepada generasi muda, profesional, atau kelompok tertentu. Pastikan tagline Anda berbicara langsung kepada audiens Anda.

3. Jadikan Singkat dan Jelas

Tagline yang menarik adalah yang mudah diingat. Untuk itu, rangkailah tagline yang efisien dan tidak ‘boros’ kalimat dengan cara menyusun tagline yang terdiri dari bebrapa koskata singkat dan tidak rumit. 

4. Fokus pada Pesan Inti

Tinjau pesan inti bisnis Anda dan temukan cara untuk merangkumnya dalam tagline. Apakah bisnis Anda berfokus pada kualitas, layanan pelanggan, inovasi, atau harga terjangkau. Pilih satu atau beberapa elemen inti dan buat tagline yang mencerminkannya.

5. Gunakan Bahasa yang Menarik

Tagline yang menarik menggunakan bahasa yang unik dan mengundang minat audiens. Anda bisa mencoba menggunakan metafora, perbandingan, atau kata-kata kuat yang membangkitkan emosi.

6. Sorot Manfaat Produk

Tagline yang efektif harus mengkomunikasikan manfaat langsung yang pelanggan dapat rasakan. Apa yang akan mereka dapatkan dengan memilih produk atau layanan Anda? Pastikan tagline menyoroti manfaat ini.

7. Gunakan Gaya Bahasa Berulang ataupun Berima

Repetisi kata atau frasa tertentu dalam tagline dapat meningkatkan daya ingatnya. Selain itu, tagline yang berima atau memiliki ujung bunyi atau huruf yang sama juga dapat membuatnya lebih mudah diingat. 

Pikirkan tentang kata-kata kunci yang paling penting dalam pesan Anda dan lihat apakah Anda bisa mencari tempat yang kuat untuk mengulangnya dalam tagline.

Contoh Tagline yang Menarik

Tagline adalah seni merangkum identitas dan pesan suatu merek dalam beberapa kata. Tagline yang berhasil tidak hanya memikat tetapi juga mengundang audiens untuk menjelajahi lebih jauh. Berikut ini beberapa contoh tagline dari perusahaan ternama dunia yang tidak hanya menarik tetapi juga efektif dalam mengkomunikasikan pesan merek.

1. Nike: "Just Do It"

Tagline "Just Do It" dari Nike dirancang untuk menginspirasi individu untuk mengatasi hambatan dan mencapai potensi terbaik mereka. Tagline ini singkat, kuat, dan mengundang perasaan kepercayaan diri.

2. Apple: "Think Different"

Apple menggunakan tagline ini untuk membedakan diri dari pesaing di industri teknologi. "Think Different" mengundang audiens untuk merenung tentang inovasi dan kreativitas, serta menyoroti filosofi desain perusahaan.

3. McDonald's: "I'm Lovin' It"

Tagline ini menyampaikan kesenangan dan kepuasan yang didapat konsumen dari produk McDonald's. Sederhana dan mudah diingat, "I'm Lovin' It" memancing perasaan positif terhadap merek tersebut.

4. Disney: "Where Dreams Come True"

Disney menjual impian dan kebahagiaan, dan tagline ini adalah ekspresi sempurna dari nilai inti merek. Ini mengundang audiens untuk merasakan kebahagiaan baik dari film-filmnya, produk pernak-pernik, hingga tempat-tempat dan taman bermain yang dikelola Disney.

5. Tolak Angin: “Orang Pintar Minum Tolak Angin”

Tagline "Orang Pintar Minum Tolak Angin" menggambarkan bahwa mengonsumsi Tolak Angin adalah keputusan bijak untuk menjaga kesehatan. Tagline ini mempromosikan kesadaran akan manfaat produk dan mengajak konsumen untuk mengambil tindakan proaktif terhadap kesehatan mereka.

6. Indomie: “Indomie, Seleraku”

Tagline ini mencerminkan bahwa Indomie adalah pilihan makanan yang disukai dan dicintai oleh banyak orang. Ia mempromosikan ide bahwa Indomie adalah favorit banyak orang karena rasanya yang lezat dan beragam variannya. Tagline ini menggambarkan kesenangan dalam menikmati mi Instan Indomie.

7. MyIndibiz: “Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan”

Contoh tagline yang menarik terakhir adalah tagline yang digunakan oleh MyIndibiz. Sebagai platform untuk dunia digital usaha Indonesia, kalimat “Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan” ini berperan untuk merepresentasikan MyIndibiz sebagai platform digital yang dapat membantu pebisnis untuk tidak hanya menciptakan dan menemukan peluang untuk usahanya, namun juga untuk mewujudkan dan  merealisasikannya.

Baca Juga: Komunikasi Efektif dengan Brand Voice yang Tepat, Simak Caranya!

Itu dia penjelasan mengenai apa itu tagline, manfaat tagline, cara membuat tagline yang menarik hingga contohnya. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda inspirasi baru yang dapat membantu Anda dalam proses membangun identitas brand menjadi lebih baik lagi.

Selain menyediakan tagline, komponen lain seperti logo, katalog, dan desain kemasan juga menjadi faktor penting dalam proses membangun brand. Maka dari itu, kemampuan desain yang mumpuni serta ide yang kreatif diperlukan agar dapat menyiapkan komponen-komponen tersebut.

Merasa  buntu saat mencari ide desain, atau tidak bisa mengoperasikan aplikasi desain? Kini bukan lagi masalah besar, karena MyIndibiz punya solusinya untuk Anda. Memperkenalkan Jasa Branding by Sokoguru, solusi andalan untuk atasi permasalahan yang Anda temukan saat proses membangun branding.

Dengan layanan Jasa Branding by Sokoguru, dapatkan pelayanan dari profesional untuk rancang logo, menyusun katalog, hingga membuat desain kemasan yang menarik untuk dapat memikat pelanggan. Klik tombol di bawah untuk informasi lebih lanjut.

Tagar:

Tips Trikbisnis

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya