Detail Tingkatkan Kompetensi
Mengenal Strategi Pemasaran Marjan dalam Manfaatkan Momen Ramadhan
Senin, 27 Mar 2023
Selain sidang isbat dan penampakan hilal, warganet mulai menjadikan kehadiran iklan Marjan sebagai pertanda memasuki Ramadan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Setiap tahun Marjan selalu menghadirkan iklan dengan konsep unik yang kental dengan nuansa dan momen Ramadan.
Dikutip dari balajarlagi.id, gencarnya iklan Marjan selama momen Ramadhan ini dapat dikategorikan sebagai bentuk dari Seasonal Marketing. Apa yang dimaksud dengan Seasonal Marketing?
Secara singkat, Seasonal Marketing adalah bentuk strategi pemasaran di mana merek atau brand memanfaatkan momen tertentu untuk mempromosikan produknya. Karena menilai momen tersebut dapat meningkatkan penjualan produk.
Penerapan Seasonal Marketing yang berhasil dipercaya dapat menciptakan brand positioning baru pada produknya dengan momen yang dituju, atau secara sederhana dapat membangun suatu kesan di benak pelanggan yang mengaitkan produk dengan momen tersebut.
Menurut Anda, apakah iklan Marjan tersebut berhasil dalam membentuk positioning sebagai ‘penanda’ datangnya Ramadhan dan Lebaran?
5 Fakta Unik Iklan Marjan yang Menarik untuk Diketahui
Setiap tahunnya, Marjan selalu menghadirkan iklan yang tidak hanya sekadar mempromosikan produk tapi juga menyisipkan cerita yang menarik. Apakah Anda penasaran apa saja fakta unik di balik iklan marjan di tahun 2023 ini? Simakpoin-poin berikut!
1. Menjadi bagian dari Marjan Cinematic Universe
Mulai tahun 2010, Marjan sendiri sudah memasukkan unsur alur cerita pada iklan-iklan mereka khususnya yang dijadwalkan tayang pada bulan Ramadhan. Namun, sejak tahun 2019 Marjan mulai konsisten dalam membangun cerita yang terinspirasi dari cerita rakyat.
Tahun 2019, iklan Marjan memasukkan unsur cerita Timun Mas, salah satu dongeng legendaris di Indonesia. Tahun 2020, iklan Marjan menceritakan kisah Lutung Kasarung dan Purbasari yang tidak kalah legendaris. Begitu juga di tahun 2021, Marjan kembali membawa cerita rakyat lokal yaitu Singa Barong dan Kelana yang merupakan asal usul Reog.
Tahun 2022, Marjan memperkenalkan pahlawan super bernama Dewi Sari yang bertugas untuk melindungi Desa Lembah Ajaib. Melanjutkan tahun sebelumnya, iklan Marjan tahun 2023 memperkenalkan Baruna sebagai pahlawan penjaga samudera.
2. Membawakan kisah Baruna, Sang Penjaga Samudera
Dalam iklan Marjan, yang sampai saat artikel ini ditulis sudah mencapai durasi hingga 2 menit, Marjan menceritakan kisah epik Baruna sebagai pahlawan yang melindungi masyarakat sekitar dari serangan makhluk laut buas yaitu naga yang mengamuk.
Uniknya lagi, iklan ini juga menyinggung terkait pesan moral untuk menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini ditandai dari kebiasaan membuang sampah sembarangan, terutama di laut, akan menimbulkan bencana yang diibaratkan dengan amukan naga pada iklan Marjan yang satu ini.
3. Tetap sejalan dengan momen Ramadhan dan Lebaran
Tetap menyisipkan unsur momen Ramadhan, Marjan menyisipkan suara bedug adzan ketika Baruna pulang dari pertarungannya melawan naga. Iklan Marjan di tahun 2023 ini juga menampilkan berbagai macam menu takjil dan minuman yang dibuat dengan sirup Marjan sebagai santapan berbuka, sama seperti iklan-iklan di tahun berikutnya.
Konsistensi dalam menyisipkan unsur Ramadhan dan Lebaran ini bukan tanpa alasan. Ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh Marjan untuk dapat membentuk positioning yang mereka tuju, yaitu sebagai produk sirup yang identik dengan bulan Ramadhan dan Lebaran.
4. Produksi iklan Marjan mengeluarkan budget yang fantastis
Dengan iklan Marjan tahun ini yang sangat memukau, Anda penasaran tidak berapa biaya yang dianggarkan Marjan untuk memproduksi iklan sebagus ini?
Perkiraan budget iklan Marjan ini telah dihitung oleh trenasia.com. Karena iklan ini dinilai hampir mengimbangi film produksi Disney, trenasia.com melakukan perhitungan dengan membandingkan iklan Marjan dengan biaya produksi studio film asal Amerika Serikat ini.
Untuk menghasilkan teaser iklan selama 16 detik, biaya yang dibutuhkan oleh Marjan bisa mencapai kisaran Rp4,5 miliar rupiah. Jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya di mana iklan Marjan bisa mencapai 2 hingga 2,5 menit, biaya ini diperkirakan dapat melambung tinggi hingga melebihi Rp40 miliar.
Perlu diingat lagi, perkiraan biaya ini masih berupa biaya produksi iklan Marjan saja. Biaya ini belum termasuk placement iklan baik di televisi maupun kanal digital.
5. Banyak warganet yang memuji iklan Marjan
Berhasil jadi pembicaraan masyarakat, iklan Marjan sejak kemunculan awalnya telah menuai banyak komentar positif dari warganet. Mulai dari memuji kualitas iklan yang sekelas film produksi Hollywood, alur cerita yang menarik, hingga membandingkan iklan Marjan dengan kualitas sinetron lokal.
Selain pujian terhadap iklan, beberapa obrolan warganet di media sosial juga membahas kualitas produk Marjan yang manis dan segar. Dari komentar-komentar ini, bisa disimpulkan bahwa Marjan berhasil mempertahankan kualitas produknya sekaligus menyuguhkan iklan yang keren.
Cara Mengikuti Langkah Marjan dalam Strategi Seasonal Marketing
Mengetahui angka budget yang dikeluarkan oleh Marjan mungkin membuat Anda gigit jari. Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa mengikuti langkah Marjan dalam mempromosikan produknya lewat Seasonal Marketing.
Anda dapat memanfaatkan strategi Seasonal Marketing untuk dapat menciptakan brand positioning yang baik. Tidak hanya iklan di televisi, beberapa cara dan tips promosi bisa Anda lakukan untuk promosi bisnis Anda.
Berikut ini beberapa tips mudah untuk mengikuti langkah Marjan dalam membentuk brand positioning.
- Perhatikan kualitas produk yang Anda jual. Pastikan untuk menghindari penjualan produk yang kurang baik untuk menghindari ketidaknyamanan pelanggan saat menggunakan produk.
- Diferensiasi adalah hal yang penting agar dapat membuat produk Anda menonjol dari produk kompetitor. Sama halnya dengan Marjan yang menonjolkan perbedaannya dengan produk sirup lainnya melalui iklan yang unik.
- Identitas visual yang jelas adalah hal yang wajib diperhatikan. Dengan memperhatikan komponen seperti logo, motto, warna kemasan, hingga iklan yang dibuat, Anda dapat membentuk citra brand yang diinginkan sehingga dapat menjadi brand positioning.
- Memanfaatkan iklan digital yang biayanya lebih terjangkau sebagai alternatif iklan televisi
Baca Juga : Pahami Beragam Manfaat Internet untuk Keberlangsungan Bisnis
Itu dia pembahasan mengenai iklan Marjan serta fakta-fakta uniknya. Sekarang, apakah Anda siap untuk mengikuti langkah Marjan dalam berpromosi? Dengan tips mudah yang disebutkan di atas, Anda dapat mewujudkan bisnis yang lebih sukses di momen apa saja yang Anda tuju.
Sebagai modal untuk memperlancar iklan digital, Anda dapat berlangganan HSI B2B yang memiliki jangkauan wilayah di seluruh Indonesia. Tidak hanya jangkauannya yang luas, HSI B2B dapat memberikan Anda akses internet ngebut di segala kondisi dengan rasio kecepatan 1:1.
Selain internet, HSI B2B juga menyediakan paket layanan lainnya yang dapat membantu kelangsungan bisnis, yaitu kuota telepon kabel dan ratusan Channel TV yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.
Tertarik untuk berlangganan HSI B2B? Klik tombol di bawah untuk mulai Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan!
Tagar:
Bagikan