Detail Tingkatkan Kompetensi

Menggandeng Nano Influencer untuk Efisiensi Biaya Promosi Pemasaran

Trends

Selasa, 14 Mar 2023

Menggandeng Nano Influencer untuk Efisiensi Biaya Promosi Pemasaran

Di era media sosial, influencer marketing menjadi salah satu strategi yang digunakan oleh banyak bisnis saat ini. Dengan dukungan dari seorang influencer, bisnis Anda akan mendapatkan beberapa manfaat tambahan. Misalnya, bisnis yang dipromosikan oleh seorang influencer akan mendapat exposure lebih banyak dibanding bisnis lain yang serupa.

Memilih influencer merupakan faktor yang sangat penting ketika akan menggunakan strategi influencer marketing. Jika Anda memiliki dana promosi yang terbatas, nano influencer adalah pilihan yang tepat. Jenis influencer yang satu ini membutuhkan budget yang lebih rendah daripada influencer lainnya. 

Meskipun budget yang dikeluarkan tidak sebesar mega influencer, tetapi nano influencer tetap berpotensi untuk  memperluas pemasaran bisnis Anda. Bahkan, mereka memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh influencer ternama. 

Kenali Apa Itu Nano Influencer

Dikutip dari lemon.co.id, nano influencer adalah pengguna media sosial yang memiliki pengikut di bawah 10 ribu orang namun memiliki angka engagement yang tinggi. Nano influencer ini bisa Anda jumpai di Instagram, TikTok, Twitter, dan platform media sosial lainnya. Nano Influencer terbagi menjadi 2 kategori : 

1. Native nano influencer

Native nano influencer adalah tipe nano influencer yang mulai merintis karir sebagai influencer dari nol. Dengan kata lain, awalnya mereka tidak populer di media sosial. Namun, mereka terus membagikan banyak konten yang berkualitas sehingga pengikutnya mulai mempercayainya sebagai influencer.

2. Non-native nano influencer

Berbeda dari tipe sebelumnya, non-native nano influencer adalah mereka yang sudah memiliki popularitas terlebih dahulu. Popularitasnya ini bisa saja didapatkan dari organisasi, kelompok, atau influencer lainnya. Berkat kepopuleran tersebut, berbagai brand mulai mempercayainya dan mereka juga bisa memasarkan produk atau jasanya lebih luas.

Beberapa Kelebihan Nano Influencer yang Bisa Anda Peroleh

Melihat interaksi dengan pengikutnya yang begitu erat, terdapat beberapa keistimewaan dan kelebihan yang bisa dijadikan pertimbangan memilih Nano influencer sebagai strategi marketing UKM. Berikut ini beberapa kelebihan nano influencer untuk bisnis UKM.

  • Biaya lebih rendah

Setiap bisnis pasti memiliki pertimbangannya masing-masing ketika memilih influencer. Namun, bisnis yang memilih tipe nano influencer biasanya mengincar biaya yang murah. Dengan budget yang lebih rendah, Anda bisa merekrut banyak nano influencer sekaligus.

  • Mudah dipercaya audiens

Nano influencer memiliki jumlah pengikut yang tidak begitu banyak sehingga lebih sering berkomunikasi langsung dengan pengikut. Komunikasi ini berdampak pada kedekatan influencer dengan para pengikut, sehingga dapat membuat nano influencer mudah dipercaya oleh pengikutnya. 

  • Memiliki audiens yang beragam

Jika merekrut influencer ternama, Anda mungkin hanya dapat memilih satu atau dua orang. Namun, dengan nano influencer, Anda bisa bekerja sama dengan banyak influencer sekaligus. Oleh karenanya, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih beragam dari masing-masing nano influencer yang diajak bekerja sama.

Kekurangan Nano Influencer yang Anda Wajib Tahu

Di balik beberapa kelebihan dan manfaat yang Nano Influencer berikan, ada pula beberapa kekurangan yang Anda juga perlu tahu selama menjalin kerja sama dengan mereka.

  • Memiliki jangkauan yang terbatas

Salah satu kekurangan nano influencer adalah jangkauannya yang kurang luas. Meskipun pengikut mereka adalah real followers, keterlibatan yang mereka hasilkan lebih rendah karena jumlahnya yang lebih sedikit.

  • Pengalaman bekerja bersama brand cenderung minim

Mayoritas nano influencer lebih sering menggunakan platform pribadinya untuk membagikan ulasan produk-produk yang ia pakai sendiri. Banyak dari nano influencer yang minim pengalaman kolaborasi dengan brand-brand, sehingga Anda harus lebih selektif dalam memilih nano influencer yang akan diajak bekerja sama.

  • Peluang exposure cenderung terbatas

Dengan masih terbatasnya profil dan pengikut nano influencer, membuat mereka hanya membagikan konten-konten yang sudah mereka produksi ke platform media sosial tertentu saja. Oleh karena itu, konten yang mereka buat justru cenderung memiliki perkembangan yang kurang signifikan. Sehingga peluang untuk kontennya booming atau viral masih sangat kecil.  

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan di atas, apakah Anda tertarik untuk merekrut nano influencer untuk membantu pemasaran usaha Anda? Pastikan agar tidak salah memilih nano influencer yang akan diajak bekerja sama agar kegiatan promosi usahamu dapat berjalan optimal!

Selain dengan memanfaatkan nano influencer, masih ada banyak lagi teknik pemasaran yang bisa Anda coba! Salah satunya adalah dengan meningkatkan aktivitas digital dalam usaha Anda. Aktivitas digital bisa berupa aktivitas berbayar seperti iklan, atau yang tidak berbayar seperti konten organik.

Apapun bentuk aktivitas digital yang Anda lakukan, pastikan untuk tetap terhubung dengan koneksi internet yang baik dan stabil. Selain itu, pastikan juga untuk memilih penyedia layanan internet untuk bisnis dengan harga yang terjangkau tetapi memiliki kualitas terbaik agar biaya operasional usaha Anda tidak membengkak. 

Belum berlangganan layanan internet untuk bisnis? Ini waktunya untuk Anda mulai berlangganan HSI B2B yang menghadirkan jaringan internet yang stabil dengan rasio kecepatan 1:1 dan koneksi internet cepat tanpa batas FUP di seluruh Indonesia.

Klik tombol di bawah untuk mulai berlangganan HSI B2B guna mendukung bisnis Anda untuk Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan!

Tagar:

bisnis trends

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya