Detail Tingkatkan Kompetensi

Mengulik Perjalanan dan Strategi Erigo sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Trends

Senin, 15 Jul 2024

Mengulik Perjalanan dan Strategi Erigo sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Selama beberapa tahun terakhir, banyak orang masih gengsi untuk memakai pakaian dari brand lokal karena dianggap berkualitas rendah. Kebanyakan orang saat itu lebih suka produk asing yang sudah mereka kenal. 

Tapi, fenomena ini mulai berubah dikarenakan banyaknya kehadiran produk lokal dengan kualitas yang tidak perlu diragukan. Terlebih lagi, pakaian produksi dalam negeri juga relatif dibanderol dengan harga yang terjangkau. Salah satu merek pakaian lokal yang terkenal adalah Erigo. 

Muhammad Sadad membangun merek pakaian lokal yang terkenal, Erigo, yang sukses berkat kerja kerasnya dan dukungan tim. Brand yang satu ini tidak hanya beroperasi melalui online shop saja, namun juga telah memiliki beberapa offline store di seluruh penjuru tanah air berkat strategi bisnis yang dirancang.

Tidak hanya itu saja, strategi bisnis Erigo juga telah berhasil membawa brand lokal ini melebarkan sayapnya ke kancah internasional dengan berpartisipasi di beberapa event fashion di kota New York. Lalu, seperti apa strategi bisnis Erigo dan langkah yang diambil dalam menjalankan bisnisnya?

Perjalanan Sukses Bisnis Erigo

Muhammad Sadad memiliki beberapa hal unik saat awal mula mendirikan brand Erigo store. Sebab, dia sampai harus mempertaruhkan pilihan, kuliah atau berbisnis.

Berikut ini ringkasan perjalanan yang ditempuh oleh Muhammad Sadad sekaligus strategi bisnis yang digunakan dalam membangun Erigo hingga berada di titik kesuksesan.

1. Awal Mula Berbisnis (2010 - 2014)

Muhammad Sadad memulai bisnis ini dari nol. Saat itu, namanya bukan Erigo, melainkan Selected and Co. Dia melakukan kegiatan bisnis sendiri, mulai dari membeli bahan di Pasar Cipadu sampai penjualan.

Nama merek yang digunakan pada saat itu terpaksa harus diganti karena merek Selected and Co sudah pebisnis lain patenkan. Hal ini membuat Muhammad Sadad harus memilih nama merek yang lain. Hingga pada Juni 2013, barulah nama Erigo resmi ia gunakan.

2. Menerjang Rintangan dan Menapaki Tangga Kesuksesan (2014 - 2019)

Berkat strategi bisnis yang dijalankan Erigo, penjualan brand ini meningkat tajam pada pertengahan 2014. Hingga tahun-tahun berikutnya terus berlanjut. Saat itu, Erigo bahkan menghasilkan pendapatan Rp22 miliar. Jumlah karyawan yang bekerja di Erigo meningkat menjadi 600 orang.

Pada tahun 2019 brand Erigo melalui terpaan rintangan lagi. Problemnya bermula ketika akun Instagram perusahaan dibobol, dan kemudian muncul sejumlah masalah tambahan yang menyebabkan mobilnya disita.

Muhammad Sadad sebagai pemilik Erigo, pertimbangannya saat itu adalah cost Bogor yang lebih rendah. Otomatis, operasional perusahaan lebih efisien. Di Parung, Bogor, itulah, dia dan tim membangun kembali brand Erigo.

Setahun kemudian, ia berhasil membalik keadaan yang sempat terpuruk. Muhammad Sadad berhasil membangun pabrik baru Erigo seluas 5 hektar di kawasan Legok, Karawaci, Banten.

3. Menjadi Brand Lokal Nomor 1 (2020 - Sekarang)

Muhammad Sadad mengakui bahwa pandemi memiliki dua sisi yang menguntungkannya. Dia melihat sisi yang positif dari pandemi, yaitu peningkatan pertumbuhan bisnisnya. Bahkan, Erigo mencatatkan pendapatan tertinggi selama 11 tahun terakhir di bulan April 2022. 

Muhammad Sadad berhasil menempatkan merek pakaiannya di urutan pertama dengan penjualan tertinggi di pasar selama tiga tahun terakhir berkat strategi bisnis yang Erigo jalankan khususnya di masa pandemi. 

Kesuksesan brand yang diusung oleh Muhammad Sadad tidak sampai di situ saja. Erigo berhasil masuk ke New York Fashion Week pada tahun 2021 dan 2022. Brand Erigo pun menggandeng artis seperti Raffi Ahmad, Luna Maya, dan Enzy Storia untuk berjalan di catwalk selama dua gelaran tersebut. 

Baca Juga: Memanfaatkan Peluang Emas dari Keindahan Alam ala Restoran Wanawatu

Dengan kerja keras dan langkah yang tepat, Muhammad Sadad berhasil membangun bisnisnya hingga berada di titik kesuksesan.  Perjalanan pun beberapa kali melalui jalanan terjal yang cukup menantang bagi bisnisnya. Namun, semua rintangan itu berhasil ditangani berkat pengambilan keputusan yang tepat.

Dalam memulai dan menjalankan bisnis, Anda dapat mengambil inspirasi dari perjalanan yang dilalui Erigo. Selain inspirasi dari pebisnis lainnya, beberapa solusi dan tools yang dapat memudahkan bisnis juga sangat diperlukan untuk membekali bisnis Anda di era digital.

MyIndibiz hadir untuk menemani Anda dalam melewati berbagai rintangan dalam berbisnis di era digital. Melalui MyIndibiz, dapatkan kesempatan untuk berbisnis melalui ragam layanan yang tersedia untuk bisnis Anda, termasuk dukungan pemasaran, SDM, operasional, hingga finansial.

Segera dapatkan akses MyIndibiz untuk mulai Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan! Klik tombol di bawah untuk temukan solusi terbaik untuk penuhi kebutuhan bisnis Anda!

Tagar:

Trenbisnis

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya