Detail Tingkatkan Kompetensi

Mengulik Strategi Kopi Cantel di Tengah Kompetisi Bisnis Coffee Shop

Trends

Minggu, 7 Jan 2024

Mengulik Strategi Kopi Cantel di Tengah Kompetisi Bisnis Coffee Shop

Salah satu tempat yang layak untuk dikunjungi pada saat liburan adalah Bandung. Kota ini selalu menawarkan beragam tempat hangout yang memiliki daya tarik dan konsep yang khas. Dengan tambahan fasilitas yang memadai, siapa pun pasti akan betah untuk menghabiskan waktu di sana.

Selain menikmati keindahan alam di tempat wisata, berkumpul di kafe atau tempat nongkrong sambil menikmati hidangan dan minuman yang enak juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga atau teman-teman.

Salah satu destinasi kuliner dan cafe di Bandung adalah Kopi Cantel Progo. Coffee shop ini berdiri di wilayah Kecamatan Bandung Wetan. Tempat ini menawarkan sebuah coffee shop atau kafe dengan konsep modern yang sangat nyaman. 

Di tengah maraknya dan tingginya kompetisi di industri kopi. Kopi Cantel berhasil merebut hati masyarakat dan menjadi cafe pilihan sebagai tempat nongkrong yang cocok untuk berbagai kalangan di Bandung. Seperti apa strategi yang dilakukan Kopi Cantel?

Apa yang Membuat Kopi Cantel Unik?

Setiap bisnis tentunya memiliki keunikannya masing-masing dimana hal tersebut biasanya disebut sebagai Unique Selling Point atau USP. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa pelanggan lebih memilih untuk membeli produk atau menggunakan jasa dari suatu bisnis dibandingkan bisnis lainnya. 

Kopi Cantel sendiri terkenal tidak pernah sepi pengunjung dan selalu ramai didatangi, baik sebelum, maupun sesudah kedai Kopi Cantel ini direnovasi menjadi satu gedung penuh. Lantas apa USP dari Kopi Cantel ini?

1. Desain gedung

Salah satu daya tarik utama dari Kopi Cantel Progo ini adalah desain bangunannya yang mengadopsi gaya modern minimalis dengan warna oranye yang dominan. Setiap bagian dari coffee shop ini dihiasi dengan dekorasi yang menarik dan menciptakan nuansa yang modern sehingga sangat cocok untuk kebutuhan story Anda di Instagram. 

Adapun tema dari Kopi Cantel ini cenderung mengikuti desain khas kolonial belanda yang dapat dilihat dari interior berwarna oranye dan putih diseluruh gedung.

Kopi Cantel ini memiliki ruang yang besar dengan dua pilihan area bagi pengunjungnya, yaitu area dalam ruangan dan luar ruangan. Coffee shop ini terdiru dari dua lantai yang nyaman untuk melakukan pekerjaan atau hal lainnya. Selain itu, pada lantai duanya disediakan ruangan pribadi.

2. Lokasi strategis

Kopi Cantel Progo memiliki lokasi yang dapat dibilang cukup strategis, dekat dengan pusat kota Bandung dan mudah dijangkau. Lokasinya tepat berada di Jl. Progo No.34, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dengan lokasi yang strategis ini, tidak salah rasanya jika pelanggan menjadikan Kopi Cantel Progo sebagai pilihan untuk menghabiskan waktu luang sembari menikmati kopi dan hidangan lainnya.

3. Menu yang bervariasi

Menu yang bervariasi merupakan satu hal yang kerap diperhatikan tolak ukur pelanggan ketika memilih cafe yang akan dikunjungi. Menu yang lengkap dan bervariasi memiliki peluang yang lebih tinggi untuk dipilih oleh calon pelanggan untuk memenuhi segala kebutuhannya.

Kopi Cantel sendiri menawarkan beragam pilihan makanan dan minuman, mulai dari hidangan utama, camilan, salad, mi, rice bowl, hingga dessert. Minuman yang tersedia pun terdiri dari berbagai minuman kopi dan non-kopi.

Kopi Cantel ini juga terkenal dengan kopinya yang berasa lebih creamy dibandingkan dengan coffee shop lainnya. Selain itu, minuman selain kopi di Kopi Cantel ini juga terkenal dengan presentasinya yang unik dan tidak pernah gagal untuk menarik minat pelanggan untuk mencobanya.

4. Memiliki berbagai spot dan kegiatan menarik

Selain sebagai tempat untuk bersantai dan bekerja, Kopi Cantel juga memiliki fasilitas lain seperrti photo booth yang dapat digunakan untuk mengabadikan momen bersama teman atau keluarga.

Selain photo booth, Kopi Cantel juga sering mengadakan berbagai acara dan mengundang tenant lokal untuk turut meramaikan. Contohnya, pada acara ulang tahun ke-4 Kopi Cantel kemarin, Kopi Cantel mengundang musisi untuk meramaikan acara tersebut.

Selain itu, diadakan juga workshop dan talkshow menarik terkait UMKM. Kopi Cantel juga kerap mengundang pemilik UKM untuk membuka pop up store dicabang Kopi Cantel, contohnya, dibukanya pop up tas merek lokal, Tusk, pada cabang Kopi Cantel di Bandung.

Strategi Kopi Cantel dalam Meningkatkan Brand Awareness

Strategi yang diterapkan oleh Kopi Cantel dalam meningkatkan brand awareness dari kedai kopi mereka sebagian besar dieksekusi melalui word of mouth atau informasi dari mulut ke mulut.

E-WOM atau Electronic Word of Mouth juga berperan besar dari pemasaran Kopi Cantel. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya akun dan unggahan TikTok yang mengulas tentang Kopi Cantel ini.

Selain itu, banyaknya event atau kegiatan yang kerap diadakan oleh Kopi Cantel ini juga mengundang banyak pengunjung atau calon pengunjung ke kedai Kopi Cantel ini. Banyak pengunjung yang kadang hanya ingin menggunakan photo booth atau menghadiri pop up store dari merk favorit mereka. 

Dengan adanya acara tersebut, pengunjung cenderung untuk menghabiskan waktu pada lokasi Kopi Cantel sehingga memungkinkan bagi pengunjung untuk tertarik dengan, misalnya dengan bau kopi atau kenyamanan lokasi, dan memancing mereka untuk melakukan pembelian dan menikmati suasana atau hidangan Kopi Cantel ini.

Kopi Cantel ini juga beberapa kali muncul di media sosial selebriti atau influencer. Contohnya adalah ketika Kopi Cantel muncul pada salah satu vlog yang dibuat oleh Nagita Slavina. Mengingat bahwa RANS Entertainment memiliki pengikut yang banyak, Kopi Cantel mendapatkan exposure gratis dan juga meningkatkan brand awareness mereka secara drastis.

Baca Juga: Mengulik Strategi Monsieur Spoon Perkenalkan Cromboloni Viral

Setiap bisnis memiliki Unique Selling Point-nya masing-masing, baik itu rasa makanan, maupun hal lain seperti desain gedung yang unik. Hal ini penting untuk memastikan bahwa bisnis Anda memiliki keunggulan dibanding pesaing sehingga pelanggan lebih memilih untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda. 

Namun, tidak semua pemilik bisnis sadar akan apa USP yang mereka miliki strategi penjualan yang dapat mereka akan hadirkan pada bisnis mereka. Oleh karena itu, penting bagi Anda sebagai pemilik bisnis untuk mengetahui apa keunikan bisnis Anda dan bagaimana cara Anda menjadikan hal tersebut sebagai strategi perkembangan bisnis Anda.

Sebagai solusi dari kondisi tersebut, MyIndibiz hadir untuk membahas dan berdiskusi mengenai tren bisnis dan strategi pemasaran yang dapat diterapkan untuk bisnis, terutama untuk bisnis coffee shop, melalui webinar Strategi Efektif Kopi Cantel dalam Menjawab Tren Bisnis Coffee Shop.

Webinar yang akan berlangsung pada Jumat, 12 Januari 2024 Pukul 15.00 WIB ini akan menghadirkan Franky Subiana, selaku owner dari Kopi Cantel, yang akan berbagi pengetahun seputar coffee shop, tren bisnis, cara pemasaran, dan lain-lain.

Segera daftarkan diri Anda pada webinar tersebut di MyIndibiz dengan menekan tombol di bawah ini!

Tagar:

success storybisnis

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya