Detail Tingkatkan Kompetensi
Mengulik Strategi Promosi Optika Lunett untuk Menembus FYP TikTok
Jumat, 16 Jun 2023
Jual kacamata tapi kontennya bukan tentang kacamata. Kalimat itu sering terlintas di benak pengguna TikTok ketika melihat konten yang dibagikan oleh Optika Lunett. Uniknya, konten yang dibagikan oleh Optika Lunett di TikTok seringkali tembus ke halaman FYP.
Viralnya Optika Lunett di TikTok ikut mempengaruhi jumlah followers akun tersebut. Per 11 Mei 2023, Optika Lunett berhasil mengumpulkan sebanyak 27,1rb followers dan 3,6 juta likes dari konten-konten video yang secara rutin diunggah.
Untuk bisa mencapai titik tersebut tentu bukan hal yang mudah. Berkat peran content creator bernama Cete, atau lengkapnya Farah Citra Azzahra sebagai ‘Mbak Optika Lunett’, bisnis ini berhasil menjadi salah satu bisnis yang berhasil dalam hal viral di TikTok. Lalu, apa saja rahasia Optika Lunett bisa viral FYP TikTok?
Kenal Lebih Dekat dengan Mbak Optika Lunett
Sebagai talent yang selalu muncul di video TikTok Optika Lunett, Farah Citra Azzahra atau yang kerap dijuluki ‘Mbak Optika Lunett’ saat ini bisa disebut sebagai wajah dari brand kacamata ini. Bahkan, Mbak Cete selaku content creator TikTok telah eksis di TikTok dengan menjadi wajah dari brand lain sebelum Optika Lunett.
Tentunya eksistensi Mbak Cete tidak hanya terlihat dari akun-akun bisnis yang bekerja sama dengannya. Mbak Cete juga aktif membagikan konten-konten pribadinya melalui media sosialnya, yaitu di akun @cete.r di platform TikTok dan @ctr.r di platform Instagram.
Melihat keberhasilannya, Anda penasaran tidak bagaimana latar belakang Mbak Cete? Dilansir dari profile LinkedIn-nya, Mbak Cete ternyata memiliki latar belakang pendidikan di bidang Komunikasi, yaitu gelar Master di bidang Marketing Communication dari LSPR Communication and Business Institute Jakarta.
Dengan bekal ilmu dan pengalamannya, tidak heran kalau Mbak Optika Lunett hingga saat ini tetap eksis di TikTok dan banyak diajak kerja sama oleh brand-brand di TikTok. Anda tertarik untuk bekerja sama dengan Mbak Cete?
Strategi Optika Lunett yang Berhasil Jadikan Bisnisnya Viral di TikTok
Maraknya media sosial menjadi peluang yang besar bagi pelaku usaha. Anda tentu tahu bahwa banyak pebisnis yang mempromosikan produknya melalui media sosial, termasuk Optika Lunett yang memanfaatkan TikTok sebagai wadah untuk mereka melakukan promosi.
Kira-kira apa strategi yang diterapkan Optika Lunett hingga bisa viral di FYP TikTok?
1. Rajin mengunggah video di TikTok
Sudah jadi rahasia umum bahwa tingginya frekuensi upload video di TikTok menjadi salah satu cara agar bisa menembus halaman FYP. Cara ini bahkan sudah dikonfirmasi langsung oleh pihak TikTok melalui halaman support.tiktok.com.
Jika kita melihat profil Optika Lunett di TikTok, Mbak Cete sebagai “Mbak Optika Lunett’ bisa meng-upload video sebanyak 3 hingga 5 konten dalam sehari. Bahkan, frekuensi 3 sampai 5 video dalam satu hari menjadi hal yang konsisten dilakukan oleh Optika Lunett di TikTok.
2. Memiliki target audience yang spesifik
Pemilihan target audience menjadi hal yang vital untuk dilakukan oleh pebisnis. Mengapa demikian? Memiliki target audience yang jelas dapat menjadi panduan Anda saat melakukan aktivitas bisnis, termasuk dalam memproduksi konten media sosial seperti video TikTok.
Menilik dari konten-konten yang dibagikan oleh Optika Lunett di TikTok, brand kacamata ini menyasar pasar anak muda untuk menggunakan produk mereka. Untuk itu, menggunakan aplikasi TikTok sebagai media promosi merupakan hal yang strategis mengingat pengguna TikTok yang mayoritasnya berusia 18 hingga 25 tahun (sumber : Froyonian).
3. Membuat konten yang relatable
Dikutip dari axe.com, konten yang relatable memiliki peluang yang lebih tinggi untuk bisa viral di TikTok. Optika Lunett sebagai bisnis yang kerap memanfaatkan TikTok pun menerapkan metode ini agar bisnis mereka bisa terus menembus halaman FYP.
Dalam membuat konten yang relatable, Optika Lunett memilih untuk membuat konten yang menirukan keseharian para karyawan muda dan pekerja di wilayah Jabodetabek. Pemilihan jenis konten ini tentunya disesuaikan dengan target audience yang dimiliki oleh Optika Lunett.
4. Melakukan riset untuk menghasilkan konten berkualitas
Dilihat dari beberapa video yang dibagikan oleh Optika Lunett di TikTok, Mbak Optika Lunett kerap kali memeragakan karyawan yang menggunakan transportasi umum setiap harinya, mulai dari Transjakarta, KRL, dan MRT.
Untuk dapat menghasilkan konten yang berkualitas, Mbak Optika Lunett bahkan sampai melakukan riset dengan menggunakan seluruh moda transportasi umum di Jabodetabek. Bahkan, proses riset ini dilakukan oleh Mbak Cete hingga memakan waktu berbulan-bulan lamanya.
Pengalamannya ketika melakukan riset di beberapa stasiun KRL pernah diabadikan oleh Mbak Optika Lunett lewat konten pribadinya di akun TikTok @cete.r.
5. Tidak selalu jualan, bisnis bisa berkembang dengan konten soft-selling
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, “jual kacamata tapi kontennya bukan tentang kacamata” adalah kalimat yang dapat meringkas bagaimana akun Optika Lunett di TikTok. Hal inilah yang disebut dengan konten soft selling.
Tapi, kalau Anda memperhatikan dengan jeli, Mbak Cete selaku bintang utama dalam konten video Optika Lunet di TikTok kerap kali mengenakan kacamata dengan model frame dan warna yang berbeda-beda. Dengan teknik inilah Optika Lunett mempromosikan produk mereka secara terselubung.
Meskipun begitu, Optika Lunett juga beberapa kali menyajikan konten yang sifatnya hard selling di akun TikTok mereka. Sama dengan konen soft selling-nya, Optika Lunett tetap mempertahankan gaya komunikasi yang entertaining sehingga dapat tetap menghibur audience-nya ketika menonton video.
Baca Juga : Jadi Skincare Viral, Inilah Strategi Marketing Skintific di TikTok
Itu dia pembahasan mengenai viral-nya Optika Lunett di FYP TikTok. Dari poin-poin yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat mencoba untuk menerapkan strategi tersebut agar bisa mengikuti jejak Optika Lunett dan tampil terus di FYP TikTok.
Agar aktivitas digitalisasi bisnismu melalui TikTok bisa makin lancar, tentunya Anda butuh koneksi internet stabil, bukan? Untuk memenuhi kebutuhan Anda akan koneksi internet super cepat dan stabil, myindibiz menghadirkan layanan internet Indibiz dengan ketersediaan jaringan di seluruh Indonesia.
Dengan berlangganan Indibiz Indibiz, Anda dapat menikmati akses bebas internetan dengan kecepatan prima berasio 1:1 serta tanpa batas kuota pemakaian atau FUP. Paket HSI B2B juga bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari 200 ribuan saja!
Mari berlangganan HSI B2B untuk tingkatkan aktivitas digital bisnis Anda di media sosial seperti TikTok!
Tagar:
Bagikan