Detail Tingkatkan Kompetensi

Pelajari Tips Facebook Ads untuk Tingkatkan Keuntungan Bisnis Anda

Tips & Trick

Selasa, 21 Mar 2023

Pelajari Tips Facebook Ads untuk Tingkatkan Keuntungan Bisnis Anda

Indonesia adalah negara penyumbang pengguna Facebook terbesar keempat di dunia setelah India, Amerika Serikat, dan Brasil. Sebagai pemilik bisnis, apa yang terlintas dalam benak Anda ketika melihat banyaknya orang Indonesia yang menggunakan Facebook? 

Ya, Anda bisa memanfaatkan layanan iklan di Facebook atau yang dikenal dengan nama Facebook Ads untuk kebutuhan kanal marketing usaha Anda. Anda harus mengetahui tips dan trik beriklan di Facebook agar memiliki  target yang terukur dan perencanaan yang baik. 

Supaya Facebook Ads ini memberikan keuntungan bagi Anda dan iklan yang dibuat juga efektif, berikut tips iklan di facebook yang perlu Anda ketahui!

Tips Iklan di Facebook Ads

Facebook Ads yang juga dikenal sebagai Meta Ads adalah sebuah platform dari Facebook untuk memasang iklan berbayar di media sosial yang paling populer digunakan di seluruh dunia. Penempatan iklan sendiri biasanya berada pada beranda (feed) atau sidebar. Materi yang ditunjukkan bisa berupa foto, gambar bergerak (GIF), carousel, maupun video.

Setelah Anda mengenali pengertian dasar dari Facebook Ads, inilah waktunya untuk mulai belajar Facebook Ads sebagai strategi pemasaran untuk bisnis. Berikut ini 3 tips iklan di Facebook yang harus diperhatikan agar iklan yang Anda jalankan jadi lebih efektif!

1. Tentukan tujuan iklan

Tips pertama, Anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan atau objektif sebelum menaikkan iklan. Kenapa hal ini harus dilakukan? Karena sistem Facebook Ads mempunyai strategi yang berbeda untuk masing-masing tujuan, sehingga dapat mempermudah dalam merealisasikan tujuan yang sudah Anda tentukan.

Saat akan memulai iklan di Facebook, Anda akan diminta untuk langsung mendefinisikan tujuan yang ingin diraih. Beberapa tujuan atau objektif Facebook Ads seperti Brand Awareness atau meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan traffic, hingga meningkatkan penjualan.

2. Manfaatkan fitur-fitur yang disediakan Facebook Ads

Tips iklan di Facebook yang kedua yaitu Facebook memanfaatkan fitur-fitur yang dapat mempermudah Anda ketika menggunakan Facebook Ads. Sistem Facebook juga selalu melakukan perubahan dan memperbaiki semua fitur agar semakin komplit dan mudah digunakan. 

Berikut ini beberapa fitur Facebook Ads yang wajib Anda coba!

  • Custom Audience

Apabila Anda memiliki data email para customer, dengan menggunakan custom audience, Anda bisa memasukkan data-data tersebut ke dalam Facebook dan Facebook akan mendeteksi siapa saja customer Anda yang memiliki akun Facebook.

  • Retargeting

Fitur retargeting digunakan untuk mengetahui orang-orang yang pernah mengunjungi website Anda. Setelah masuk ke website Anda, mereka akan masuk ke Facebook dan dapat melihat iklan Anda. 

  • Conversion Tracking

Melalui fitur conversion tracking Anda dapat mengetahui aktifitas yang dilakukan audiens pada iklan Anda. Misalnya seberapa banyak orang yang membeli produk Anda, orang yang memasukkan produk ke keranjang belanja di website, atau mengetahui jumlah orang yang mengisi form yang telah Anda sediakan. 

  • Lookalike Audience

Fitur terbaru ini mampu menciptakan target audience baru yang memiliki kemiripan karakter dengan audiens lama Anda. Fitur ini dapat mempermudah Anda mengelompokkan target audiens secara otomatis.

3. Tingkatkan Relevansi Iklan

Tips iklan di Facebook yang ketiga yaitu memanfaatkan panel skor relevansi yang menunjukkan seberapa relevan iklan Anda di mata audiens. Skor relevansi ini akan diambil dari umpan balik atau feedback yang diberikan oleh audiens setelah iklan melihat iklan.

Semakin tinggi skor relevansi, maka semakin murah pula biaya iklan untuk menjangkau jumlah audiens yang sama atau justru lebih banyak. Untuk meningkatkan relevansi iklan, Anda bisa mencoba melakukan beberapa tips berikut ini: 

  1. Tawarkan potongan harga atau diskon untuk pengguna yang memberikan respon atas iklan Anda, bisa berupa like, share atau meninggalkan komentar.
  2. Gunakan gambar yang menarik dan sesuai dengan headline iklan Anda. Jika konten iklan yang Anda buat sesuai dengan tujuan iklan yang akan Anda capai, hal ini akan menumbuhkan rasa kepercayaan pelanggan terhadap iklan Anda dan tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Itu dia beberapa contoh tips Facebook Ads yang bisa Anda coba sebagai strategi marketing terkini yang bisa dimanfaatkan untuk memperluas bisnis. Untuk menghasilkan iklan Facebook Ads yang ampuh, Anda memang harus belajar Facebook Ads terlebih dahulu dan melakukan beberapa kali percobaan. 

Supaya belajar Facebook Ads ini lebih mudah dan nyaman, pastinya Anda membutuhkan akses internet yang mumpuni. Tenang saja, Anda sekarang dapat berlangganan HSI B2B yang disediakan khusus untuk pebisnis. 

Dengan HSI B2B, Anda dapat menikmati koneksi internet stabil berasio 1:1 tanpa batas FUP pemakaian serta telah tersedia di seluruh Indonesia. Dengan seluruh keunggulan tersebut, Anda dapat dengan mudah melancarkan proses bisnis yang Anda punya melalui jaringan internet berkualitas.. 

Tertarik untuk berlangganan HSI B2B? Klik tombol di bawah untuk mulai berlangganan dan mulai Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan!

Tagar:

Tips Trikbisnis

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya