Detail Tingkatkan Kompetensi

Retargeting Ads, Strategi Andalan untuk Kejar Calon Pelanggan

Tips & Trick

Kamis, 20 Jul 2023

Retargeting Ads, Strategi Andalan untuk Kejar Calon Pelanggan

Dalam dunia digital marketing, iklan atau ads sampai saat ini masih menjadi salah satu ‘senjata’ andalan untuk keberlangsungan bisnis. Mulai dari meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness, membuat traffic di website semakin melonjak, hingga meningkatkan penjualan.

Jenis-jenis iklan digital pun terbagi atas beberapa jenis. Salah satunya adalah retargeting ads. Anda sudah kenal dengan strategi retargeting ads? Mari bersama-sama berkenalan dengan retargeting ads melalui artikel ini.

Mengenal Apa Itu Retargeting Ads

Karena akses internet yang sekarang jadi semakin mudah, setiap harinya kita sering mencari ataupun memperoleh informasi melalui internet. Informasi ini bisa kita peroleh baik dari website, toko online, hingga lewat media sosial yang tiap harinya kita akses.

Setelah kita mencari dan memperoleh informasi tersebut, beberapa kali kita mungkin ‘dibombardir’ dengan iklan mengenai produk tersebut. Mungkin Anda punya pertanyaan, kenapa internet bisa mendeteksi informasi yang baru saja kita terima lewat perangkat kita? Inilah yang dinamakan dengan retargeting ads.

Dikutip dari The Balance SMB, retargeting ads adalah strategi yang hadir untuk menanggapi kebiasaan pelanggan yang hanya mengunjungi situs web suatu bisnis tanpa melakukan tindakan lain seperti pembelian. 

Cara kerja retargeting ads sendiri cukup sederhana. Anda dapat menggunakan advertising pixel, yaitu fitur yang tersedia pada platform layanan iklan yang dapat digunakan untuk mendeteksi dan melacak pengunjung website Anda. 

Dengan informasi yang telah berhasil dikumpulkan oleh advertising pixel, pengunjung akan mendapatkan iklan produk Anda sekalipun mereka sudah membuka website lainnya di perangkat komputer maupun ponsel mereka.

Mengapa Harus Menerapkan Retargeting Ads?

Secara singkat, retargeting ads dapat didefinisikan sebagai salah satu strategi marketing yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan brand. Tapi seberapa penting sih strategi ini? Apa saja tujuan diterapkannya strategi retargeting ads?

Berikut ini beberapa alasan mengapa retargeting ads dapat menjadi jawaban untuk mengembangkan bisnis Anda.

Menghemat budget untuk iklan

Tujuan pertama dilakukannya retargeting ads adalah untuk memperkecil biaya yang dikeluarkan untuk beriklan. Dengan retargeting ads, Anda hanya menampilkan iklan pada orang-orang yang sebelumnya pernah mengunjungi website Anda, sehingga lebih potensial untuk melakukan transaksi. 

Dengan begitu, Anda tidak akan membuang uang untuk menampilkan iklan pada orang-orang yang tidak tertarik dengan produk bisnis Anda.

Meningkatkan kesadaran merek

Kesadaran merek atau brand awareness merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dikutip dari Adjust, strategi retargeting ads dapat membantu brand milik Anda lebih diingat oleh pelanggan setelah mereka berkunjung ke website Anda. 

Dengan menerapkan strategi retargeting ads yang efektif, bisnis yang Anda jalankan dapat menjadi lebih sukses dalam jangka panjang.

Tetap terhubung dengan calon pelanggan

Strategi retargeting ads dilakukan melalui iklan yang ditujukan pada calon pelanggan yang telah mengunjungi website. Dengan retargeting ads, Anda dapat tetap terhubung dengan calon pelanggan untuk menawarkan produk yang Anda sediakan.

Retargeting ads ini dapat dimanfaatkan untuk mempengaruhi keputusan lanjutan calon pelanggan. Dari yang pada awalnya tidak berniat untuk melakukan pembelian, menjadi melakukan pembelian setelah mendapatkan iklan retargeting.

Meningkatkan penjualan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, retargeting ads dapat mengubah keputusan calon pelanggan dalam melakukan pembelian. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada peningkatan penjualan produk-produk yang Anda tawarkan.

Bagaimana Cara Menerapkan Strategi Retargeting Ads?

Beberapa platform layanan iklan digital yang umum digunakan seperti Google Ads dan Facebook Ads menyediakan layanan yang memungkinkan Anda untuk menerapkan retargeting ads. Sebelum menerapkannya, Anda harus kenal terlebih dahulu mengenai bagaimana cara menerapkan iklan retargeting.

Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Tampilkan iklan sesuai target segment

Lakukan analisis terkait perilaku calon pelanggan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memperhatikan produk apa saja yang mereka lihat, produk yang ditambahkan ke keranjang, atau bahkan sudah mereka beli sebelumnya.

Dengan melakukan segmentasi audiens, Anda dapat menayangkan iklan yang paling relevan dan menarik bagi mereka, yang tentunya akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan transaksi.

2. Manfaatkan logo untuk meningkatkan brand awareness

Untuk memaksimalkan efektivitas retargeting ads, tempatkan logo brand secara strategis sehingga dapat meningkatkan kesan yang kuat di pikiran pelanggan. Dengan cara ini, bawah sadar pelanggan dapat mengenali dan mengingat brand Anda hanya dengan melihat logo.

Oleh karena itu, penting untuk membuat logo brand yang tepat dengan memperhatikan pilihan font, ilustrasi, dan warna. Logo yang ‘kuat’ dapat menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan brand awareness dan brand identity, serta menunjukkan kredibilitas bisnis di mata pelanggan.

3. Berikan promosi penawaran yang menarik lewat iklan retargeting

Retargeting ads juga dapat digunakan untuk memberikan promosi penawaran untuk calon pelanggan yang pernah berinteraksi dengan bisnis UKM Anda. 

Anda dapat memberikan kode atau kupon diskon agar pelanggan tergerak untuk melakukan pembelian saat kembali berkunjung ke website. Anda juga bisa memberikan promosi menarik, seperti gratis biaya pengiriman. Pastikan untuk menentukan tanggal berlakunya kode atau kupon diskon tersebut.

4. Gunakan tombol CTA (Call To Action)

Untuk mempermudah pelanggan dalam kembali mengunjungi website milik Anda, pastikan menyertakan tombol CTA (Call-to-Action) dengan kata-kata yang jelas untuk menarik perhatian. CTA yang digunakan dapat berisi ajakan untuk melakukan tindakan, seperti "Beli Sekarang!" atau pesan persuasif lainnya.

Agar lebih mudah, tautkan URL website pada CTA tersebut sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengunjungi situs web Anda.

5. Tentukan frekuensi penayangan iklan

Iklan yang terlalu sering muncul dapat menjadi hal yang mengganggu dan membuat calon pelanggan menjadi tidak tertarik untuk melakukan pembelian. Untuk itu, Anda perlu menentukan frekuensi penayangan seperti apa yang ideal untuk retargeting ads Anda.

Selain membatasi frekuensi iklan, Anda juga bisa mengubah materi iklan agar tetap menarik tanpa membuat pelanggan merasa terusik. Dengan begitu, iklan Anda tetap bisa mencapai audiens dengan baik.

6. Lakukan pembaruan iklan secara berkala

Dilansir dari SEMrush, memperbaharui iklan secara berkala adalah hal yang penting untuk dilakukan agar audience tidak bosan dengan iklan yang monoton. Pembaruan iklan ini dapat dilakukan setidaknya satu kali setiap bulannya.

7. Lakukan eksperimen iklan

Untuk memperoleh hasil retargeting ads yang maksimal dan efisien, Anda perlu melakukan eksperimen iklan. Eksperimen ini bisa Anda lakukan dengan memasang kampanye iklan pertama selama 2-3 hari dan memeriksa hasilnya.

Jika ada peningkatan, Anda bisa memperpanjang durasi iklan ke depan hingga satu minggu atau sesuai kebutuhan.

Baca Juga : Pahami Beragam Manfaat Internet untuk Keberlangsungan Bisnis

Itu dia penjelasan lengkap mengenai retargeting ads. Dalam dunia iklan digital, retargeting ads menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan konversi penjualan. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, beberapa aspek perlu menjadi fokus utama, seperti segmentasi audiens, desain iklan yang menarik, dan frekuensi penayangan iklan yang wajar.

Selain aspek-aspek di atas, kualitas jaringan internet yang Anda gunakan juga menjadi penentu kelancaran iklan digital termasuk iklan retargeting. Untuk itulah HSI B2B hadir sebagai solusi penyedia layanan internet yang didesain khusus untuk bantu proses bisnis jadi semakin lancar.

Tidak hanya itu saja, jaringan HSI B2B kini sudah tersedia di seluruh wilayah Indonesia. Di mana pun lokasi Anda berada saat ini, HSI B2B siap jadi andalan untuk memperlancar aktivitas bisnis secara digital termasuk dalam beriklan retargeting.

Tertarik untuk berlangganan HSI B2B? Klik tombol di bawah untuk mulai berlangganan HSI B2B dan Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan!

Tagar:

Tips Trikbisnis

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya