Detail Tingkatkan Kompetensi

Simak Cara Menjalankan Bisnis Menggunakan Strategi Marketing Mix 7P

Tips & Trick

Minggu, 12 Nov 2023

Simak Cara Menjalankan Bisnis Menggunakan Strategi Marketing Mix 7P

Marketing bukan hanya sekadar strategi untuk memperkenalkan produk atau layanan, tetapi juga menjadi dasar yang mendasari keberhasilan dan pertumbuhan bisnis. Melalui penerapan marketing yang efektif, bisnis memiliki kemampuan untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, serta membangun citra brand yang kuat.

Dengan menerapkan strategi marketing yang solid, Anda dapat memulai bisnis dengan mudah karena dapat menjadi rencana jangka panjang dalam menjalankan bisnis. Dalam dunia marketing banyak sekali strategi yang dapat digunakan salah satunya ialah strategi marketing mix.

Apa Itu Marketing Mix?

Marketing mix adalah seperangkat alat atau taktik pemasaran yang menggabungkan beberapa komponen untuk mempromosikan sebuah produk atau layanan di pasar kemudian menjualnya. 

Strategi marketing mix ini akan membantu memposisikan sebuah produk dan memutuskan untuk menjualnya di tempat yang tepat, dengan harga yang tepat, dan waktu yang tepat.

Dalam implementasi strategi marketing ini, terdapat beberapa jenis marketing mix yang biasa digunakan oleh pebisnis. Salah satunya adalah marketing mix 7P. Apa itu marketing mix 7P?

Mengenal Marketing Mix 7P

Marketing mix model 7P merupakan model pemasaran yang memodifikasi dari model 4P. Marketing mix model 4P ini diperkenalkan oleh Jerome McCarthy dalam bukunya: "Basic Marketing: A Managerial Approach". Model ini mengacu pada perpaduan strategi dan praktik yang dirancang dengan cermat yang digunakan perusahaan untuk mendorong bisnis dan promosi produk yang sukses. 

Model marketing mix 4P (Produk, Place, Promotion, Place) ini sudah menjadi tren lama, sedangkan saat ini di dunia pemasaran membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang peningkatan teknologi dan konsep baru. 

Oleh karena itu 3P (People, Process, Physical Evidence) baru ditambahkan dalam model 4P yang lama untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang strategi marketing mix.

Berikut komponen-komponen yang termasuk dalam Marketing Mix 7P:

1. Product

Produk adalah barang atau jasa yang dibeli pelanggan. Ketika Anda memasarkan sebuah produk, Anda perlu memikirkan fitur dan manfaat utama yang diinginkan atau dibutuhkan oleh pelanggan. 

Untuk membantu memahami suatu produk dengan baik, Kotler membuat tahapan yang dinamai “Three Levels Product”, yang terdiri dari core product, actual product, dan augmented product. 

  • Core Product

Core product bukan produk fisik yang berwujud dan Anda tidak bisa menyentuhnya. Itu karena core product adalah “Manfaat” dari produk yang membuatnya berharga bagi Anda. 

Contoh: ketika Anda membeli sebuah mobil, manfaat yang Anda inginkan adalah kenyamanan, yaitu kemudahan untuk pergi ke tempat yang Anda suka, kapan pun Anda mau. 

  • Actual Product

Actual product adalah bagian nyata dari sebuah produk, misalnya mobil, hp, atau komputer. Membeli sebuah produk tidak akan memuaskan kebutuhan pelanggan, melainkan layanan yang ditawarkan oleh produk lah yang akan memuaskan kebutuhan pelanggan. 

Untuk Anda yang memiliki bisnis, anda bisa memperhatikan kualitas, desain, packaging, dan varian  untuk memuaskan kebutuhan pelanggan.

  • Augmented Product

Augmented Product ialah produk yang telah ditingkatkan oleh penjualnya dengan fitur atau layanan tambahan yang akan membedakannya dari produk yang sama yang ditawarkan oleh para pesaingnya. Fokus utamanya adalah pada kepuasan psikologis yang ditawarkan oleh sebuah produk. 

Pada tahapan ini Anda bisa menambahkan fitur dan layanan seperti: Membership, customer service, garansi produk, pengiriman gratis, product trial/ free sample.

2. Price

Price memberi tahu berapa banyak pelanggan harus membayar untuk sebuah produk. Hal ini mengacu pada strategi penetapan harga untuk produk dan layanan Anda dan bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi pelanggan. 

Price adalah satu-satunya elemen dalam marketing mix yang menghasilkan pendapatan, sedangkan elemen lainnya mewakili biaya. 

Pada strategi ini Anda harus membiasakan diri untuk terus memeriksa dan memeriksa ulang harga produk dan layanan yang Anda jual untuk memastikan bahwa harga tersebut masih sesuai dengan realitas pasar saat ini dan trennya.

3. Promotion

Promosi adalah cara mengkomunikasikan apa yang dilakukan dan apa yang ditawarkan kepada pelanggan. Promosi harus menarik perhatian, menarik, dan menyampaikan pesan yang konsisten di atas segalanya untuk memberikan alasan kepada pelanggan untuk memilih produk Anda.

Promosi tidak hanya berarti berkomunikasi dengan pelanggan. Sama pentingnya untuk memastikan pemangku kepentingan internal Anda menyadari nilai dan atribut produk Anda. Berikut beberapa elemen dalam promosi:

  • Branding

Branding adalah proses menciptakan identitas yang berbeda untuk sebuah bisnis di benak audiens dan target pelanggan Anda. Anda bisa mulai mengembangkan brand Anda dengan membuat nama, logo, slogan, skema warna, dan elemen visual dan verbal lainnya untuk membedakan bisnis Anda dengan kompetitor. 

  • Sales promotion

Sales promotion adalah strategi pemasaran di mana bisnis menggunakan kampanye atau penawaran sementara untuk meningkatkan minat atau permintaan pada produk atau layanannya. Anda bisa mengaplikasikan sales promotion pada bisnis Anda dengan melakukan giveaway, flash sale, bundle produk, dsb. 

  • Direct marketing

Direct marketing merupakan pemasaran yang bergantung pada komunikasi atau distribusi langsung kepada pelanggan secara perorangan. Pada bagian ini Anda bisa mengirimkan email marketing, text marketing, direct selling, dan masih banyak lagi. 

4. Place

Place adalah tentang bagaimana produk didistribusikan ke pelanggan. Place dimana pelanggan membeli produk, dan cara mendistribusikan produk Anda ke tempat yang tepat. 

Produk harus berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat dalam jumlah yang tepat. Place juga berarti tampilan produk Anda dalam kelompok pelanggan, bisa dalam berbagai cara seperti ritel, e-commerce ataupun toko online. 

5. People

People yang dimaksud disini adalah karyawan, pelanggan, dan pemangku kepentingan lainnya yang berinteraksi dengan bisnis. Penting untuk menciptakan pengalaman yang positif dan berkesan bagi orang-orang tersebut. 

Ketika Anda memberikan layanan pelanggan yang sangat baik, Anda menciptakan pengalaman yang positif bagi pelanggan Anda, dan dengan demikian memasarkan brand Anda kepada mereka. 

Selain itu, memastikan perwakilan layanan pelanggan merespons dengan sopan dan efisien akan berdampak pada tingkat kepuasan pelanggan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Qualtrics dan ServiceNow mengungkapkan bahwa 80% pelanggan mengatakan bahwa mereka telah berpindah brand karena pengalaman pelanggan yang buruk. 

6. Process

Process menjelaskan sistem dan alur yang mengantarkan produk kepada pelanggan. Process pemberian layanan dan sifat orang-orang yang memberikan layanan sangat penting bagi kepuasan pelanggan. Memiliki process yang baik memastikan dua hal:

  • Memberikan standar layanan yang sama secara berulang-ulang kepada pelanggan Anda.
  • Menghemat waktu dan uang dengan meningkatkan efisiensi.

7. Physical Evidence

'P' yang terakhir ialah physical evidence menunjukkan elemen lingkungan fisik yang dialami pelanggan. Sebuah layanan tidak dapat dirasakan sebelum disampaikan. Bukti fisik mengacu pada segala sesuatu yang dilihat pelanggan saat berinteraksi dengan bisnis Anda, diantaranya seperti:

  • Lingkungan fisik tempat Anda untuk menyediakan layanan atau produk.
  • Penampilan karyawan saat melayani pelanggan
  • Tata letak atau desain interior.
  • Kemasan Anda.
  • Pencitraan brand Anda.

Hampir semua layanan mencakup beberapa elemen fisik meskipun sebagian besar pelanggan membayar untuk layanan yang tidak berwujud. Bukti fisik yang ditunjukkan oleh sebuah organisasi harus mengkonfirmasi asumsi pelanggan. 

Cara Menerapkan Marketing Mix 7P Dalam Bisnis

Marketing mix 7P dapat digunakan untuk merencanakan dan melaksanakan campaign marketing untuk semua jenis bisnis. Berikut adalah beberapa tips tentang cara menggunakan 7P: 

1. Mulailah dengan produk

Produk adalah dasar dari strategi pemasaran Anda. Pastikan produk Anda dirancang dengan baik, berkualitas tinggi, dan memenuhi kebutuhan target pasar Anda. 

2. Tetapkan harga yang kompetitif

Harga produk Anda harus kompetitif dengan produk lain di pasar Anda. Anda juga harus mempertimbangkan nilai produk Anda saat menetapkan harga. 

3. Pilih lokasi bisnis yang tepat

Tempat Anda menjual produk Anda akan berdampak besar pada penjualan Anda. Anda harus memilih saluran yang tepat untuk menjangkau target pasar Anda. 

4. Promosikan produk Anda

Anda harus memberi tahu orang-orang tentang produk Anda jika ingin mereka membelinya. Gunakan berbagai saluran pemasaran untuk menjangkau target pasar Anda. 

5. Fokus pada orang-orang

Orang-orang yang berinteraksi dengan bisnis Anda adalah faktor terpenting dalam kesuksesan Anda. Pastikan Anda memberikan pengalaman yang positif dan berkesan bagi mereka. 

6. Sederhanakan proses bisnis Anda

Proses pembelian dan penggunaan produk Anda harus semudah dan seefisien mungkin. Pastikan situs web Anda mudah dinavigasi dan layanan pelanggan Anda responsif. 

7. Buat bukti fisik

Bukti fisik atau physical evidence bisnis Anda harus menciptakan kesan positif pada pelanggan. Hal ini termasuk lingkungan fisik, kebersihan lokasi usaha, kemasan, branding, dan layanan pelanggan.

Baca Juga : Mengenal Macam-Macam Bukti Transaksi Bisnis beserta Fungsinya

Penerapan Marketing Mix 7P dalam bisnis melibatkan perencanaan produk berkualitas yang memenuhi kebutuhan pasar, penetapan harga yang bersaing, pemilihan saluran distribusi yang tepat, promosi yang luas, fokus pada pengalaman pelanggan, proses yang sederhana, dan penciptaan bukti fisik yang positif dalam branding dan layanan pelanggan. 

Dalam rangka untuk mendukung penerapan strategi marketing mix 7P pada bisnis, MyIndibiz menyediakan solusi melalui ragam layanan yang dapat menjadi pilihan untuk bisnis Anda. Mulai dari dukungan pemasaran, SDM, operasional, hingga finansial, semuanya tersedia hanya di MyIndibiz!

Segera bergabung bersama MyIndibiz untuk menemukan layanan yang paling tepat bagi bisnis Anda dan mulai Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan! Klik tombol di bawah untuk mendaftar!

Tagar:

Tips Trikbisnis

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya