Detail Tingkatkan Kompetensi

Simak Definisi dan Tugas Helpdesk serta Manfaatnya bagi Perusahaan

Trends

Rabu, 22 Mei 2024

Simak Definisi dan Tugas Helpdesk serta Manfaatnya bagi Perusahaan

Ketika membuka sebuah website atau platform digital, pernahkah Anda menemukan tulisan Helpdesk? Meski ditulis dengan tulisan kecil dan terletak di bagian sisi ujung, tulisan atau tombol Helpdesk ini didesain agar cukup mudah ditemukan.

Helpdesk merupakan fitur penting bagi perusahaan atau bisnis untuk mendapatkan feedback dari pelanggan. Namun saat ini, masih banyak pengguna yang masih belum memahami penggunaan fitur penting ini. 

Mari kita mengenal bersama Helpdesk dan apa manfaatnya bagi perusahaan.

Apa Itu Helpdesk?

Helpdesk adalah fitur penting yang berfungsi sebagai jalur untuk menjawab pertanyaan dan keluhan pengguna. Hadirnya layanan  helpdesk ini menjadi salah satu fitur untuk berkomunikasi dari perusahaan dengan pengguna atau pelangannya. 

Tidak hanya berfungsi untuk menjawab pertanyaan dan keluhan, helpdesk juga menjadi poin penilaian kualitas perusahaan. Memiliki helpdesk merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan customer service yang baik dan memuaskan.

Tentunya dengan memaksimalkan kualitas customer service, bisnis dapat terus beroperasi secara optimal dan dapat selalu diandalkan oleh pelanggan yang membutuhkan bantuan kapan saja.

Manfaat Helpdesk bagi Perusahaan

Helpdesk tidak hanya bertugas untuk memberi informasi dan dukungan kepada pelanggan atau penggunanya terkait produk dan layanan perusahaan. Helpdesk juga berperan sebagai garda depan dari perusahaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan.

Memiliki tim helpdesk tentunya memberikan manfaat bagi para pebisnis. Adapun manfaat memiliki tim helpdesk bagi perusahaan adalah sebagai berikut.

1. Mendapatkan Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pengguna sangat penting bagi perusahaan untuk meningkatkan rating baik perusahaan. Tim Helpdesk menjadi salah satu kunci utama ketercapaian kepuasan dari pengguna.

Pengguna yang merasa puas dengan layanan yang diberikan tim Helpdesk akan meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap suatu bisnis. Untuk mendapatkan tingkatan ini tim Helpdesk perlu mendapatkan banyak kepuasan pelanggannya

2. Meningkatkan Kualitas Layanan Digital

Tim Helpdesk harus mengetahui beberapa permasalahan yang terjadi dalam layanan digital perusahaan. Permasalahan ini harus dibedakan dan ditetapkan dengan tepat. 

Koordinasi tim Helpdesk dengan tim developer juga berlanjut setelah Helpdesk mendapatkan beberapa keluhan dari pelanggan. Masalah-masalah tersebut dikumpulkan lalu diberikan pada developer untuk menghasilkan penyelesaian masalah

3. Mengembangkan Layanan Bisnis

Tim Helpdesk berpengaruh untuk menjadi strategi pengembangan bisnis yang baik. Penilaian kepuasan pelayanan yang diberikan pelanggan dapat menjadi bahan evaluasi. Tim Helpdesk merangkum semua permasalahan untuk menjadi bahan evaluasi kinerja perusahaan. 

Help desk tidak hanya merangkum permasalahan yang dialami pengguna, namun layanan penilaian, kritik, saran juga banyak diterima. Semua feedback ini diperlukan perusahaan untuk memetakan keadaan penggunanya, mengenai kebutuhan dan permintaan mereka.

4. Mempermudah Akses Informasi Bagi Pelanggan

Helpdesk memungkinkan pelanggan mendapatkan akses informasi dan jawaban atas pertanyaan mereka dengan cepat, baik melalui chat, telepon, atau email.

Dengan sistem helpdesk yang didukung oleh chatbot atau basis pengetahuan online, pelanggan dapat mengakses informasi kapan saja, bahkan di luar jam kerja, sehingga memberikan fleksibilitas dan kenyamanan lebih.

5. Memperkuat Brand Image dan Reputasi Perusahaan

Helpdesk yang berfungsi dengan baik memastikan bahwa komunikasi dengan pelanggan selalu konsisten dan profesional. Konsistensi dalam komunikasi ini membantu membangun citra perusahaan sebagai entitas yang dapat dipercaya dan diandalkan, yang sangat penting dalam menjaga dan memperkuat brand image.

Deskripsi Pekerjaan Helpdesk

Tim Helpdesk bertanggung jawab dalam hal permasalahan teknis yang diajukan pelanggan atau pengguna, serta memberikan solusi yang baik. Untuk itu menjadi seorang helpdesk harus mampu mencatat, menyampaikan dan menyelesaikan permasalahan pelanggan sesuai dengan prosedur. Kemudian meminta persetujuan beberapa pengguna atau anggota perusahaan.

Berikut merupakan beberapa deskripsi pekerjaan dari helpdesk

  • Melakukan pemecahan masalah jarak jauh melalui teknik diagnostik dan pertanyaan terkait.
  • Menentukan solusi terbaik berdasarkan masalah dan detail yang diberikan oleh pelanggan
  • Mendengarkan keinginan user dan menyelesaikan masalah mereka
  • Menganalisa solusi terbaik untuk masalah user
  • Bertanggung jawab mengatasi masalah teknis yang dihadapi pengguna
  • Membuat laporan tertentu atas permasalahan dan penyelesaian masalah

Baca Juga: Antares IoT Solutions, Teknologi IoT untuk Sambut Masa Depan Bisnis

Itu dia penjelasan mengenai definisi dan tugas helpdesk beserta manfaatnya bagi perusahaan. Memiliki tim yang bertugas khusus sebagai helpdesk kini bukan menjadi suatu opsi, namun sebuah investasi yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan bisnis.

Layanan OCA Customer Engagement Platform hadir untuk membantu Anda mewujudkan tim helpdesk profesional. Layanan ini dilengkapi berbagai fitur unggulan seperti dashboard integrasi berbagai platform komunikasi, manajemen kontak, hingga sistem ticketing yang dapat memudahkan aktivitas tim helpdesk.

Segera dapatkan layanannya secara mudah hanya di MyIndibiz untuk memulai bisnis yang lebih sukses! Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik tombol di bawah ini.

Tagar:

Trenbisnis

Bagikan

Tingkatkan Kompetensi Lainnya