Detail Tingkatkan Kompetensi
Strategi Kelaya Hair Treatment Membangun Brand dengan Media Sosial
Kamis, 14 Des 2023
Di tengah pesatnnya perkembangan teknologi, konten menjadi salah satu hal berpengaruh bagi semua jenis bisnis. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pengguna media sosial seperti TikTok dan Instagram yang menghabiskan sebagian besar waktu luang mereka untuk mengonsumsi konten gambar maupun video pendek yang terdapat pada aplikasi media sosial tersebut.
Pemilik bisnis sadar bahwa dengan konten, mereka bisa mempersuasi para warganet untuk membeli produk mereka dan meningkatkan brand awareness. Salah satu contoh bisnis yang menggunakan konten ini sebagai senjata popularitasnya adalah Kelaya Hair Treatment.
Sesuai dengan namanya, bisnis ini bergerak pada bidang perawatan, lebih tepatnya perawatan rambut. Kelaya Hair Treatment ini tidak memiliki toko fisik secara resmi, tetapi beroperasional dengan cara menjualkan produknya di toko kosmetik dan retail yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia.
Tingginya brand awareness masyarakat terhadap brand ini dipengaruhi oleh banyaknya konten-konten “review jujur” yang terdapat di TikTok dan Instagram. Konten ini termasuk dalam kategori user generated content, di mana kontennya dibuat langsung oleh para pengguna dari produk Kelaya Hair Treatment.
Jenis konten ini lebih diminati dan dipercaya oleh warganet karena berisi review yang tidak biased atau settingan, sehingga menjamin keaslian kualitas produk.
Lalu, apa sebenarnya user generated content itu dan apa pengaruhnya terhadap perkembangan bisnis Kelaya Hair Treatment sehingga menjadi salah satu solusi pelanggan dalam perawatan rambut?
Apa Itu User Generated Content?
Seiring berkembangnya teknologi dan media sosial, user generated content menjadi semakin banyak digunakan dan memperlihatkan pengaruh yang besar dalam ranah pemasaran digital.
User generated content adalah konten yang meliputi tulisan, video, gambar, ulasan, dan berbagai bentuk lain yang dihasilkan oleh individu seperti konsumen, pelanggan, atau pengikut suatu brand. Brand tersebut kemudian akan membagikan kembali konten yang telah dibuat oleh individu tersebut di platform media sosialnya.
Beberapa brand masih mengandalkan Instagram dan TikTok sebagai salah satu platform utama untuk menciptakan user generated content. Umumnya, brand tersebut akan meminta izin atau mencantumkan sumber pada caption foto atau video yang diunggah.
Taktik ini diyakini dapat meningkatkan kepercayaan para pengikut brand atau audiens target. Hal ini terjadi karena user generated content ini terlihat sangat alami dan berasal langsung dari pengguna yang memiliki dan telah menggunakan produk tersebut, bukan dari perusahaan penjual produk itu sendiri.
Manfaat User Generated Content untuk bisnis
Menggunakan user generated content untuk bisnis Anda memiliki beberapa manfaat bagi bisnis Anda. Manfaat tersebut antara lain:
1. Merupakan Bentuk Review Asli
Konsumen cenderung lebih tertarik pada konten yang dibuat oleh pengguna karena dianggap lebih alami dan otentik dibanding konten promosi yang dibuat langsung oleh perusahaan itu sendiri. Konten yang berasal dari konsumen terlihat lebih jujur, terutama jika mereka menambahkan ulasan atau pengalaman pribadi tentang merek tertentu.
Ada dua posibilitas dari konten yang berbagi pengalaman pelanggan dalam membeli produk di media sosial, yaitu kepuasan atau kekecewaan terhadap produk tersebut. Kejujuran seperti ini lebih diminati oleh konsumen lainnya karena dapat memperkuat kepercayaan mereka terhadap suatu produk.
2. Membentuk Kepercayaan Pelanggan
User generated content yang berasal dari pengguna yang telah menggunakan produk memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi di mata konsumen dibanding konten yang dibuat langsung oleh akun bisnis perusahaan.
Karena hal ini, user generated content menjadi jenis konten yang efektif untuk membangun kepercayaan dan reputasi suatu produk. Sebagai contoh, Hootsuite mengatakan bahwa 30 persen milenial enggan mengunjungi restoran yang tidak ada di Instagram karena mereka tidak dapat melihat testimoni orang lain di sana.
3. Memengaruhi Motivasi Pembelian
Kepercayaan yang diperoleh dari konsumen memiliki dampak langsung pada keputusan pembelian mereka. Setelah merasa percaya dan nyaman, konsumen cenderung mengambil langkah untuk menguji sendiri kebenaran dan kesesuaian pengalaman yang dibagikan di media sosial.
Selain itu, fitur yang terus diperbarui di platform media sosial seperti Instagram, seperti story dan highlight, merupakan kombinasi yang efektif untuk mengumpulkan user generated content. Ini memungkinkan para pengikut untuk melihat konten tersebut setiap kali mereka mengunjungi profil brand tersebut.
4. Sebagai Bentuk Pemasaran yang Minim Biaya
Dengan kehadiran user generated content, brand merasa diuntungkan karena mengurangi biaya pemasaran. Tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk iklan atau membayar brand ambassador, brand sudah memperoleh konten secara gratis dari konsumen.
Dampak User Generated Content bisnis Kelaya Hair Treatment
User generated Content ini berdampak pada kelarisan produk Kelaya Hair Treatment. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pelanggan dan juga reviewer dari produk Kelaya Hair Treatment, baik itu review oleh influencer maupun dari orang lain.
Lantas apa yang membuat Kelaya Hair Treatment ini terkenal akibat user generated content ini?
1. Kualitas yang Baik dengan Haga Terjangkau
Produk dari Kelaya Hair Treatment ini banyak dipuji oleh warganet, terutama dalam segi kualitas menumbuhkan rambut. Produk-produk yang dijual oleh Kelaya Hair Treatment ini juga berada pada harga yang terjangkau. Selain itu, Kelaya juga sering mengadakan diskon untuk produk-produknya
2. Konten Dibuat oleh Berbagai Jenis Content Creator
Mulai dari aktor seperti Angga Yunandha yang kemudian menjadi brand ambassadornya, hingga konten kreator bisnis seperti Hairnerds Studio, Kelaya Hair Treatment berhasil meningkatkan kepercayaan terhadap produk mereka berkat konten yang diunggah oleh content creator yang tepat.
3. Pelayanan Pelanggan yang Memuaskan
Pelayanan konsumen yang dilakukan oleh Kelaya Hair Treatment ini juga memuaskan banyak pelanggan ataupun calon pelanggannya. Salah satu contoh dari hal ini dapat dilihat dari performa chat Kelaya Hair Treatment pada platform Shopee yang berada pada angka 100% dan dibalas dalam hitungan menit.
4. Memiliki Hasil yang Jelas
Banyak dari user generated content yang diunggah oleh content creator memperlihatkan kondisi rambut mereka sebelum dan sesudah memakai produk Kelaya Hair Treatment dalam jangka waktu tertentu, seperti 2 minggu. Hal ini memberikan calon pelanggan gambaran jelas bahwa produk mereka memiliki efek yang baik untuk rambut mereka.
Baca Juga: Tempat Makan Andalan Wisatawan Bali, Ini Keunikan Bebek Tepi Sawah!
Berdasarkan kisah Kelaya Hair Treatment, dapat diketahui bahwa kepercayaan pelanggan atau calon pelanggan terhadap produk yang mereka beli itu sangatlah penting. Untuk meningkatkan minat pembelian, pelanggan cenderung menonton konten review terhadap suatu produk yang terdapat di media sosial.
Hal inilah yang menjadi kunci pada kesuksesan Kelaya Hair Treatment. Untuk meningkatkan kredibilitas produk dan brand mereka, Kelaya Hair Treatment memanfaatkan user generated content, yaitu konten review yang diunggah oleh influencer ataupun pelanggan Kelaya Hair Treatment.
Terlepas dari user generated content, terdapat berbagai hal yang dapat Anda terapkan untuk menunjang perkembangan bisnis Anda. Salah satuya adalah dengan pendigitalisasian kegiatan operasional bisnis Anda.
Sebagai solusi dari hal tersebut, MyIndibiz hadir dengan menyediakan berbagai layanan untuk bisnis Anda. Mulai dari pendigitalisasian kasir hingga pengurusan izin usaha, semua bisa Anda dapatkan di MyIndibiz!
Selain itu, MyIndibiz juga menyediakan berbagai layanan seputar media sosial, seperti pembuatan konten, pengurusan iklan Instagram, dan lain-lain! MyIndibiz juga menyediakan berbagai artikel dan webinar mingguan seputar bisnis yang dapat Anda hadiri secara gratis!
Tertarik untuk bergabung di MyIndibiz? Tekan tombol dibawah untuk bergabung dalam ekosistem digital MyIndibiz untuk ciptakan peluang, wujudkan harapan!
Tagar:
Bagikan