Detail Tingkatkan Kompetensi
Strategi Omnichannel : Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis
Kamis, 1 Jun 2023
Makin berkembangnya teknologi, memunculkan banyak istilah baru yang mungkin terdengar asing di telinga Anda. Namun, beberapa istilah baru yang muncul ini mungkin dapat memberikan dampak positif bagi bisnis. Salah satunya adalah teknologi Omnichannel.
Apa itu Omnichannel? Omnichannel adalah sebuah strategi pemasaran yang melibatkan beberapa kanal bisnis online, seperti media sosial dan e-commerce. Menurut Triawan Munaf, Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif, strategi Omnichannel ini sangat cocok untuk diterapkan oleh pebisnis khususnya di era digital seperti saat ini.
Mengenal Apa Itu Omnichannel
Secara detail, apa itu strategi omnichannel? Apa saja keuntungan yang akan diperoleh pebisnis ketika mengaplikasikan strategi ini? Lalu, apa perbedaan strategi Omnichannel dan Multichannel? Mari kita pelajari bersama-sama.
Pernah membuat akun Facebook, Instagram, hingga TikTok untuk bisnis? Atau pernah membuka beberapa toko di e-commerce yang berbeda? Jika sudah, bisnis Anda artinya telah menerapkan strategi Multichannel yang merupakan langkah awal dari Omnichannel.
Lalu, apa yang membedakan Multichannel dan Omnichannel? Untuk menerapkan strategi Multichannel, Anda cukup menyediakan lebih dari satu saluran atau kanal yang menjadi media komunikasi dengan pelanggan. Berbeda dengan Omnichannel, Anda tidak hanya menyediakan berbagai saluran atau kanal saja. Seluruh saluran dan kanal tersebut harus dapat diintegrasikan dalam satu sistem yang sama.
Proses integrasi dari setiap saluran tersebut dapat dilakukan dalam satu aplikasi Omnichannel. Aplikasi Omnichannel ini memungkinkan Anda untuk menjawab seluruh pesan dari saluran yang berbeda hanya lewat satu sistem yang terintegrasi ini. Dengan begitu, pelanggan Anda dapat merasakan layanan pelanggan yang terbaik.
Manfaat Menggunakan Omnichannel untuk Bisnis
Mungkin Anda akan memiliki beberapa pertimbangan sebelum menerapkan strategi Omnichannel untuk bisnis Anda. Ditambah lagi, ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk dapat berlangganan dengan aplikasi Omnichannel untuk bisnis.
Dengan biaya yang dikeluarkan, tentunya Anda akan memperoleh beberapa keuntungan dan manfaat dari Omnichannel. Berikut ini beberapa manfaat menerapkan strategi Omnichannel untuk bisnis.
- Jangkauan usaha akan semakin meluas
Apabila Anda memiliki akun Facebook dan akun Instagram untuk usahamu, Anda memiliki 2 pasar dengan produk yang sama. Artinya, pelanggan yang datang untuk membeli produk yang Anda jual dapat datang dari 2 sumber yang berbeda.
Jika Anda hanya punya 1 akun media sosial saja, tentunya jangkauan usaha akan semakin sempit. Maka dari itu, menggunakan strategi Omnichannel yang terintegrasi dapat membuat bisnis Anda menjangkau lebih banyak pasar.
- Peningkatan kepuasan pelanggan atas produk dan layanan
Menyediakan sistem komunikasi yang terpusat dan terintegrasi dengan aplikasi Omnichannel memungkinkan pelanggan dapat memperoleh layanan pelanggan yang lebih baik. Pilihan media komunikasi yang beragam pun dapat dipilih oleh pelanggan sesuai dengan media mana yang paling sering digunakan oleh pelanggan.
Selain itu, tersedianya berbagai media komunikasi yang diintegrasikan dengan sistem Omnichannel akan membuat bisnis yang Anda jalankan menjadi lebih kredibel. Kredibilitas bisnis tentu akan berujung pada rasa percaya pelanggan pada bisnis Anda, hingga menarik minat pelanggan untuk membeli produk dan jasa yang Anda tawarkan.
- Efisiensi proses komunikasi dengan pelanggan
Berbeda dengan Multichannel, menggunakan Omnichannel dapat membuat komunikasi dengan banyak pelanggan dari channel yang berbeda menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan Omnichannel, Anda tidak perlu membuka banyak aplikasi. Cukup membuka aplikasi Omnichannel saja, seluruh pesan dari pelanggan dapat dijawab dengan cepat dan ringkas.
Baca Juga : Patenkan Ide Bisnis Anda, Simak Cara Daftar HAKI Cepat dan Mudah
Apakah Perlu Menggunakan Aplikasi Omnichannel?
Setelah mengetahui apa itu Omnichannel, Anda tentu punya pertimbangan masing-masing. Apakah bisnis yang Anda jalankan memerlukan aplikasi Omnichannel agar dapat semakin berkembang? Kembali lagi sesuai kebutuhan usaha Anda.
Aplikasi Omnichannel memungkinkan usaha Anda memperoleh kemudahan dalam berkomunikasi dengan pelanggan lewat banyak saluran yang Anda sediakan. Sedangkan dengan Multichannel, tentu keringkasan dan kemudahan yang telah disebutkan pada Omnichannel mungkin tidak akan Anda temukan.
Apabila Anda memerlukan aplikasi Omnichannel terbaik untuk bisnis Anda, MyIndibiz kini punya solusinya. Memperkenalkan layanan CRM, satu dashboard terintegrasi yang memudahkan Anda untuk mengelola berbagai interaksi dan pesan yang masuk di channel komunikasi yang berbeda, meliputi Instagram, Facebook, Messenger, WhatsApp, Email, Telegram, dan juga Twitter.
Temukan penawaran terbaik dari CRM untuk menunjang proses bisnis Anda dengan klik tombol berikut ini.
Tagar:
Bagikan