Detail Tingkatkan Kompetensi
Sukses Raih Brand of The Year, Ini Dia Tips Bisnis Kopi Kenangan
Selasa, 16 Mei 2023
Aromanya yang pekat dan bisa meningkatkan semangat, menjadikan kopi sebagai minuman favorit banyak orang. Saat ini, banyak pebisnis yang memilih kopi sebagai menu andalannya.
Salah satunya adalah Kopi Kenangan. Bisnis yang dibangun oleh Edward Tirtanata, James Prananto dan Cynthia Chaerunissa pada 2017 ini berhasil meraih popularitas di tengah-tengah menjamurnya bisnis kopi dengan berbagai strategi dan tips bisnis yang dilakukan.
Kenali Tips Bisnis Kopi Kenangan untuk Dicoba di Usahamu!
Mengembangkan bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak strategi yang perlu kita lakukan agar usaha kita dapat berjalan dengan lancar. Begitu juga dengan Kopi Kenangan dalam mengembangkan bisnisnya.
Kesuksesan Kopi Kenangan sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Mulai dari satu gerai di daerah Kuningan, hingga membuka lebih dari 600 gerai di 45 kota di Indonesia. Kopi Kenangan juga berhasil meraih penghargaan Brand of The Year dari World branding Awards selama 2 tahun berturut-turut!
Anda mungkin penasaran, strategi seperti apa yang dilakukan oleh Kopi Kenangan hingga bisa sesukses ini? Simak tips bisnis a la Kopi Kenangan yang bisa Anda coba!
1. Memilih nama produk yang unik dan menarik
Dalam ilmu Branding, kita perlu menemukan diferensiasi produk kita dengan produk lain. Tujuannya agar kita dapat menonjolkan keunikan dari bisnis yang kita bangun, sehingga produk UKM kita mudah diingat oleh masyarakat.
Dari nama brand-nya sendiri, Kopi Kenangan sudah unggul dalam strategi ini. Kopi Kenangan memilih nama unik yang mudah diingat sehingga dapat membantu dalam membangun brand awareness dengan lebih mudah. Cara ini pun konsisten dilakukan oleh Kopi Kenangan lewat nama-nama menunya, seperti Kopi Kenangan Mantan yang mudah diingat.
2. Inovasi untuk memajukan bisnis
Inovasi merupakan salah satu tips bisnis yang wajib diaplikasikan. Inovasi yang dilakukan oleh Kopi Kenangan terlihat pada penyediaan berbagai merchandise dalam bentuk tumbler atau botol minum.
Selain itu, Kopi Kenangan juga berinovasi dengan membangun Kenangan Group. Kenangan Group saat ini sudah memiliki beberapa produk, seperti Kopi Kenangan untuk produk minuman, Cerita Roti untuk produk roti, dan Chigo untuk produk ayam goreng cepat saji.
3. Menjaga kualitas produk dan pelayanan
Pembeli adalah Raja. Kita harus memastikan kualitas produk dan layanan yang kita jual layak untuk dinikmati oleh para “raja”. Kopi Kenangan melakukan tips bisnis ini dengan menyediakan bahan dan mesin yang berkualitas untuk menghasilkan kopi.
Selain itu, Kopi Kenangan juga mengadakan program Kenangan Academy. Program ini merupakan pelatihan pembekalan untuk para barista yang mengajarkan cara meracik kopi, operasional gerai, hingga bagaimana bentuk customer service yang baik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
4. Harga yang ditawarkan sesuai dengan target pelanggan
Saat ini, kopi seakan sudah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Karena itu lah, Kopi Kenangan menetapkan masyarakat luas sebagai target pelanggannya, lebih tepatnya pelanggan dari kalangan menengah.
Harga kopi dan minuman yang dijual di Kopi Kenangan juga cukup terjangkau. Tujuannya agar seluruh lapisan masyarakat yang menjadi target audience dapat menikmati minuman dari Kopi Kenangan, bukan golongan masyarakat tertentu saja.
5. Berjalan beriringan dengan teknologi yang makin maju
Tidak bisa dipungkiri lagi, teknologi sudah mempengaruhi setiap aspek kehidupan, termasuk bisnis. Agar Kopi Kenangan tidak tertinggal dengan teknologi, Edward Tirtanata dkk menerapkan tips bisnis yaitu memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan produknya.
Kopi Kenangan juga hadir di berbagai aplikasi pemesanan makanan yang ternama di Indonesia. Tidak hanya itu saja, Kopi Kenangan juga menghadirkan aplikasi pemesanan sendiri. Dengan begitu, jangkauan bisnis dari Kopi Kenangan akan jadi semakin luas, tidak terbatas pada satu channel saja.
Baca Juga : Mengenal Strategi Pemasaran Marjan dalam Manfaatkan Momen Ramadhan
Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan untuk mendorong kesuksesan suatu bisnis, kita memerlukan proses yang tidak instan. Ada banyak strategi dan tips bisnis yang perlu kita ketahui dan pelajari sehingga dapat kita terapkan di bisnis kita.
Anda ingin mendorong bisnis Anda semakin berkembang, namun memiliki keterbatasan di beberapa aspek? Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab myindibiz siap untuk menjadi jawaban seluruh permasalahan bisnis Anda.
Dengan memanfaatkan beragam solusi dan produk yang tersedia di myindibiz, Anda dapat dengan mudah mengembangkan bisnis Anda sehingga dapat meraih hasil yang lebih optimal. Selain itu, myindibiz menawarkan 4 dukungan utama untuk bisnis, meliputi dukungan pemasaran, SDM, operasional dan finansial.
Segera bergabung dengan ekosistem digital myindibiz dan ciptakan ragam peluang!
Tagar:
Bagikan