Detail Cerita Sukses
Bangun Relasi dengan Pelanggan, PDAM Surabaya Manfaatkan Message Blast
Rabu, 22 Nov 2023
Dalam mewujudkan bisnis yang sukses, terdapat banyak aspek yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah menciptakan komunikasi yang efektif. Komunikasi yang efektif ini tidak hanya diwujudkan di sisi internal perusahaan, namun juga secara eksternal perusahaan seperti pelanggan.
Komunikasi ini juga menjadi aspek yang penting terlepas dari ukuran, skala bisnis yang dijalankan, dan pengelola perusahaan itu sendiri, apakah pemerintah pusat, pemerintah daerah, atau swasta sekali pun.
Salah satunya adalah PDAM sebagai perusahaan BUMD yang menyediakan pasokan air di berbagai kota di Indonesia, termasuk Surabaya. Sebagai kota terbesar nomor 2 di Indonesia, PDAM Surya Sembada Surabaya sendiri melayani dan menyediakan air untuk ratusan ribu pelanggan yang tersebar di seluruh penjuru kota.
Untuk memberikan pelayanan terbaik, tentunya PDAM Surya Sembada Surabaya berharap dapat menjalin komunikasi yang efektif dengan seluruh pelanggannya. Bukan hal yang mustahil, hal ini dapat diwujudkan oleh PDAM Surya Sembada Surabaya melalui layanan Message Blast.
Bagaimana Mewujudkan Efektivitas Komunikasi dengan 600 Ribu Pelanggan?
Tanpa memandang latar belakangnya, seluruh pelanggan yang dimiliki harus diperlakukan dengan sama rata.
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Ibu Fitri selaku Staff Senior Hubungan Pelanggan, PDAM Surya Sembada Surabaya tercatat melayani lebih dari 600.000 pelanggan di seluruh penjuru kota (selengkapnya klik di sini).
Dalam mewujudkan efisiensi proses komunikasi yang berjalan dengan pelanggan, PDAM Surya Sembada Surabaya berkolaborasi bersama Telkom Indonesia melalui pengimplementasian layanan Message Blast yang didukung oleh teknologi OCA Blast dari OCA Indonesia.
Pengimplementasian layanan Message Blast ini dilakukan guna mengatasi permasalahan komunikasi yang dihadapi oleh PDAM Surya Sembada Surabaya, yang salah satunya adalah keinginan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan memberikan informasi yang cepat, efektif & efisien.
Implementasi Message Blast dalam Operasional PDAM Surabaya
Sesuai dengan teknologi OCA Blast Telkom yang digunakan, layanan Message Blast memberikan kemudahan untuk bisnis dalam berbagi pesan siaran ke banyak pelanggan dalam waktu bersamaan.
Teknologi inilah yang memberikan kemudahan bagi PDAM Surya Sembada Surabaya dalam menjangkau seluruh pelanggan yang dimiliki. Dengan menggunakan layanan Message Blast, berbagai aktivitas komunikasi dapat dilakukan secara efektif, mudah, dan terintegrasi.
Lalu, aktivitas komunikasi apa saja yang dimudahkan melalui penggunaan Message Blast? Berikut ini aktivitas komunikasi melalui SMS dan WhatsApp yang dimudahkan berkat implementasi Message Blast di lingkungan PDAM Surya Sembada Surabaya.
- Memberikan informasi terkait petugas yang akan mengunjungi rumah pelanggan.
- Menginformasikan biaya pasang baru.
- Menginformasikan terkait nomor pelanggan pasang baru.
Tidak hanya memberikan kemudahan untuk komunikasi eksternal dengan pelanggan, penggunaan layanan Message Blast di PDAM Surya Sembada Surabaya juga memberikan kemudahan untuk komunikasi internal perusahaan.
Bak peribahasa “sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui”, penerapan Message Blast juga memudahkan PDAM Surya Sembada Surabaya dalam aktivitas internal seperti membagikan jadwal rapat kepada pegawai internal perusahaan.
“(Implementasi) 1 produk (dari Telkom) bisa memberikan banyak manfaat, sangat membantu PDAM Swasembada dalam memberikan informasi baik kepada pelanggan maupun karyawan,“ ujar Fitri selaku perwakilan Staff Senior Hubungan Pelanggan PDAM Surya Sembada.
Baca Juga: Viral Berkat Beda Dari Kafe Lain, Begini Konsep Unik Uma Oma Cafe!
Implementasi Message Blast telah terbukti memberikan kemudahan bagi bisnis dalam menjalankan operasional bisnis. Dengan komunikasi yang efektif, PDAM Surya Sembada Surabaya berhasil memberikan pelayanan terbaik dalam memenuhi kebutuhan lebih dari 600.000 pelanggan yang dimiliki.
Tidak hanya perusahaan besar sekelas PDAM Surya Sembada Surabaya saja, seluruh binis terlepas dari ukuran dan skalanya sangat penting utnuk mewujudkan komunikasi yang efektif. Message Blast hadir untuk memberikan Anda kemudahan dalam mewujudkannya.
Segera dapatkan layanan Message Blast, layanan untuk memudahkan Anda menjangkau seluruh pelanggan melalui channel WhatsApp, SMS, Email, hingga telepon IVR. Mulai langkah Anda dalam Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan bersama Message Blast dan MyIndibiz!
Untuk informasi lebih lanjut produk dan layanan Message Blast, silakan klik tombol di bawah.
Tagar:
Bagikan