Detail Cerita Sukses
OCA Chatbot, Cara Canggih Bagikan Informasi ke Mahasiswa Trisakti
Kamis, 17 Agt 2023
Universitas Trisakti merupakan perguruan tinggi swasta unggulan di Indonesia berstandar Internasional dengan tetap menerapkan nilai-nilai berbudaya lokal di dalamnya. Perubahan gaya belajar saat pandemi ke endemi yang mengharuskan mahasiswa belajar secara offline di kampus menghadirkan tantangan baru bagi pihak Universitas.
Dalam hal ini, Universitas Trisakti berupaya untuk memberikan informasi lengkap yang dibutuhkan baik oleh calon mahasiswa maupun mahasiswa aktif yang mudah diakses serta bisa didapatkan di mana pun.
Akses Informasi Bagi Calon Mahasiswa dan Mahasiswa
Calon mahasiswa dan mahasiswa aktif perlu memiliki kesadaran untuk bisa mendapatkan informasi terkait aktivitas kampus atau kegiatan lain. Penyampaian informasi secara manual, melalui mading atau edaran kampus tentu kurang efektif dalam mendistribusikan informasi secara cepat dan tepat kepada mahasiswa yang notabenenya sudah akrab dengan teknologi digital.
Melalui penerapan teknologi Chatbot dari OCA, calon mahasiswa dan mahasiswa aktif di Universitas Trisakti memiliki kesempatan untuk memperoleh kemudahan akses informasi apapun yang dibutuhkan melalui ponsel masing-masing.
Respon Kebutuhan Informasi Mahasiswa Lebih Cepat
Implementasi Chatbot di Universitas Trisakti berdampak positif terhadap pelayanan akan informasi kepada mahasiswa. Melalui Chatbot, setiap pertanyaan mahasiswa terkait informasi yang mereka butuhkan mengenai kegiatan kampus, kalender akademik, informasi beasiswa, dan lain sebagainya dapat langsung terjawab meskipun chat diterima di luar jam operasional kampus.
Hal ini berdampak pada informasi penting yang dibutuhkan mahasiswa akan lebih mudah terdistribusi. Pihak Universitas Trisakti pun menyediakan berbagai macam channel komunikasi terkini yang dapat dipilih mahasiswa dalam menghubungi pihak kampus.
Membangun Database Mahasiswa dan Alumni
Mengumpulkan database terkait mahasiswa dan alumni jika dilakukan dengan cara konvensional akan lebih sulit dan membutuhkan banyak waktu. Sementara itu, ketika ada yang menghubungi pihak kampus melalui Chatbot di berbagai channel komunikasi, mahasiswa atau alumni akan diminta untuk mengisi data terlebih dahulu.
Pemanfaatan teknologi Chatbot ini akan mempermudah pihak Universitas Trisakti dalam proses mendapatkan dan mengumpulkan database mahasiswa aktif maupun alumni yang rutin menghubungi kampus beserta keperluannya.
Mewujudkan Otomatisasi Proses Komunikasi bersama Teknologi Chatbot
Universitas Trisakti memberikan bukti bahwa dengan menggunakan solusi Chatbot dari OCA AI, pihak kampus dapat mengatasi tantangan baru dalam memberikan akses informasi terkini, valid, dan terpusat melalui channel komunikasi yang kerap digunakan oleh mahasiswa.
Selain itu, penerapan teknologi Chatbot ini juga memungkinkan pihak kampus untuk tetap dapat secara otomatis melayani setiap pertanyaan yang masuk dari mahasiswa maupun alumni tanpa melihat batasan waktu operasional kampus.
Digitalisasi ini sekaligus menjadi upaya Universitas Trisakti dalam menciptakan kampus berstandar Internasional yang tidak hanya memfasilitasi kegiatan belajar mengajar yang terbaik, namun juga menyediakan akses informasi yang digital dan faktual kepada mahasiswanya.
Anda tertarik untuk menggunakan teknologi Chatbot pada lini bisnis Anda seperti Universitas Trisakti? Klik tombol di bawah untuk temukan informasi lengkap mengenai Chatbot dari myindibiz dan mulai Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan!
Tagar:
Bagikan