Detail Cerita Sukses

Peran Telkom dalam Tingkatkan Kualitas Layanan Pasien Oetomo Hospital

Success Story

Kamis, 30 Nov 2023

Peran Telkom dalam Tingkatkan Kualitas Layanan Pasien Oetomo Hospital

Seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan teknologi yang semakin berkembang kini menjadi hal yang lumrah di lingkungan rumah sakit. Penerapan teknologi pada dunia medis merupakan langkah ideal dalam memberikan pelayanan terbaik saat merawat para pasien.

Teknologi yang digunakan dalam dunia medis dan rumah sakit sendiri tidak hanya terbatas pada alat kesehatan yang canggih saja. Perangkat teknologi yang dapat memudahkan administrasi dan komunikasi dengan pasien juga dicatat sebagai bentuk teknologi yang penting untuk dimiliki oleh rumah sakit.

Sebagai salah satu rumah sakit yang beroperasi di era digital, Oetomo Hospital melakukan kerja sama dengan Telkom Indonesia melalui penggunaan berbagai layanan digital besutan Telkom. Apa saja layanan digital yang digunakan serta bagaimana dampak yang diperoleh dari penggunaanya?

Oetomo Hospital dan Berbagai Kebutuhan yang Dimiliki

Resmi beroperasi sejak tahun 2022, Oetomo Hospital merupakan salah satu rumah sakit yang menggabungkan tenaga medis profesional serta teknologi terkini dalam merawat para pasiennya.

Berlokasi di Jl Raya Bojongsoang No.156, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Oetomo Hospital dilengkapi dengan berbagai fasilitas medis yang dapat membantu memberikan layanan terbaik untuk pasien. Fasilitas ini meliputi unit gawat darurat, ruang inap, poliklinik untuk pelayanan medis, fasilitas Radiologi, Magnetic Resonance Imaging atau MRI, serta laboratorium kesehatan lainnya.

Dengan fasilitas yang lengkap dan tenaga medis handal, Oetomo Hospital tetap memiliki berbagai aspek yang diharapkan dapat diwujudkan. Hal ini meliputi kemudahan akses informasi rumah sakit untuk pasien dan calon pasien, serta mengakomodir kebutuhan dari sisi digitalisasi fitur komunikasi berbasis teknologi terkini.

Selain itu, pihak pengelola Oetomo Hospital juga dihadapkan oleh berbagai kendala dalam operasionalnya. Salah satu kendala yang dihadapi yaitu alur proses pelayanan pendafataran pasien yang dilakukan secara manual. Akibatnya, terdapat banyak komplain terkait manajerial pelayanan dari calon pasien saat proses pedaftaran berobat, melahirkan dan rawat inap.

Layanan Omnichannel Digital Telkom sebagai Solusi Permasalahan

Serve With All Heart, jargon andalan Oetomo Hospital ini menunjukkan komitmen mereka dalam memberikan layanan untuk pasien dengan sepenuh hati. Untuk mewujudkannya, Oetomo Hospital memilih untuk menggunakan produk digital dari Telkom.

Tidak hanya satu, Oetomo Hospital menggunakan 4 produk omnichannel untuk mewujudkan komunikasi dan arus informasi yang efisien. Keempat produk tersebut yaitu CRM, Message Blast, Communication API, dan Chatbot.

Empat produk digital ini merupakan layanan unggulan MyIndibiz yang didukung oleh teknologi dari OCA Indonesia. Dalam praktiknya sendiri, penggunaan keempat produk omnichannel ini sukses dalam mengakomodir pelayanan rumah sakit terhadap pasien maupun calon pasien.

Mewujudkan Layanan Terbaik untuk Seluruh Pasien

Dengan diintegrasikannya 4 layanan unggulan dari OCA Indonesia, Oetomo Hospital kini mulai berhasil mewujudkan arus komunikasi yang efektif dengan para pasien maupun calon pasien. Komunikasi yang efektif ini merupakan langkah cerdas dalam memberikan pelayanan yang optimal untuk seluruh pasien.

Apa saja pengaruh dari penggunaan produk omnichannel Telkom dalam operasional Oetomo Hospital?

1. CRM

  • Kemudahan dalam merespon berbagai pesan dari banyak pasien dari satu sistem yang sama.
  • Fasilitas untuk chat dengan Customer Service yang dapat dimanfaatkan oleh pasien.
  • Penyelarasan dengan layanan Chatbot sehingga dapat merespon pasien yang memerlukan tindakan dan jawaban langsung dari admin.

2. Message Blast

  • Memudahkan dalam membagikan informasi penting dan terkini pada pasien, serta informasi promosi.
  • Mengirimkan informasi dan notifikasi kepada pasien terkait jadwal check-up.
  • Media informasi untuk para karyawan internal rumah sakit.

3. Communication API

  • Integrasi dengan SIM RS, atau Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Integrasi ini meliputi master data pasien, registrasi, jadwal praktik dokter, ketersediaan ruangan rawat inap, serta data lainnya.

4. Chatbot

  • Menjawab secara otomatis pertanyaan pasien terkait informasi rumah sakit, meliputi jadwal praktik dokter, layanan rawat inap, bersalin, medical check-up, jumlah ketersediaan kamar, dan informasi lainnya.
  • Memudahkan registrasi untuk calon pasien, baik registrasi dokter umum dan spesialis, rawat inap, rawat jalan, persalinan, dan lain-lain.

Implementasi keempat produk Telkom ini terbukti dapat meningkatkan kepuasan pasien terhadap layanan yang diberikan Oetomo Hospital. Pihak rumah sakit kini dapat merespon pertanyaan dan kebutuhan pasien maupun calon pasien dengan cepat, sehingga tidak lagi ada keterlambatan dalam komunikasi.

“Hal utama dalam bisnis pelayanan kesehatan adalah kemudahan pasien/calon pasien dalam mendapatkan informasi dan pelayanan yang cepat dan terukur. Kami sangat terbantu sekali dengan layanan OCA Telkom (CRM, Message Blast, Communication API, dan Chatbot), di mana konsen kami terhadap pelayanan informasi dapat terukur dengan maksimal,“ ujar Dr. Bagus Pramono selaku Wakil Direktur Oetomo Hospital,

Baca Juga: Jalin Komunikasi dengan Ratusan Brand, PT KOSME Pilih Message Blast

Setiap individu berhak mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas, dan komitmen Oetomo Hospital adalah memastikan bahwa setiap pasien yang mengunjungi rumah sakit mendapatkan pelayanan terbaik. 

Dengan fasilitas yang lengkap serta implementasi teknologi yang termutakhir, Oetomo Hospital hadir untuk menjadi pilihan utama masyarakat di Kabupaten Bandung dan sekitarnya dalam memperoleh layanan kesehatan terbaik.

Penggunaan produk omnichannel Telkom, yaitu CRM, Message Blast, Communication API, dan Chatbot, telah terbukti dalam mewujudkan keberhasilan dalam operasional oetomo Hospital. Tidak hanya rumah sakit dan fasilitas kesehatan, layanan omnichannel ini juga dapat memberikan peluang baru untuk memudahkan bisnis Anda.

Kabar baiknya, seluruh layanan unggulan ini kini sudah tersedia di website MyIndibiz. Segera bergabung dengan MyIndibiz untuk peroleh ragam manfaat dan layanan digital untuk memudahkan operasional bisnis Anda secara mudah, serta memulai perjalanan Anda dalam Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan!

Tagar:

OCA Chatbot Builder oca-crmOCA Whatsapp Business APIsuccess storyOCA Message BlastIndibiZ HealthOCA Customer Engagement Platform

Bagikan

Cerita Sukses Lainnya