Detail Cerita Sukses

Rancang Strategi Digital, Kemenkominfo Optimalkan Platform E-commerce

Success Story

Kamis, 17 Agt 2023

Rancang Strategi Digital, Kemenkominfo Optimalkan Platform E-commerce

Pengelolaan data yang baik merupakan hal yang sangat krusial. Jika tidak terkelola  dengan baik, maka kualitas data yang dihasilkan tidak akan optimal, sehingga akan mempengaruhi kualitas keputusan yang diambil.

Integrasi data, pengayaan data, manajemen data dan analytics merupakan hal yang penting bagi Kementerian Kominfo untuk menghasilkan berbagai insight dalam mendukung pimpinan membuat keputusan yang cepat dan tepat. 

Tantangan yang Dihadapi Kementrian Kominfo terkait Pengelolaan Data

Dengan jumlah data yang besar dan tersebar dimana-mana, serta proses pengelolaan data yang masih manual, membuat Kementerian Kominfo membutuhkan sebuah big data analytics tools untuk mengintegrasikan data, mengolahnya, hingga menjadi sebuah insight yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Adanya tantangan tersebut membuat Kementerian Kominfo berinisiatif mengimplementasikan salah satu layanan big data dari BigBox, yakni Analitik E-commerce, di mana tools ini dapat dengan cepat dan mudah menampilkan data di seluruh e-commerce dan online marketplace yang banyak digunakan di Indonesia.

“Kami memilih BigBox karena merupakan produk dalam negeri, karya anak bangsa. Selain itu Kami juga sudah membuktikan manfaatnya melalui beberapa case dan hasilnya sangat baik. Mudah-mudahan manfaatnya bisa menjadi lebih luas lagi” ucap Irawati Tjipto Priyanti selaku Kepala Pusat Data & Sarana Informatika (PDSI) Kementerian Komunikasi dan Informatika pada saat melakukan visitasi ke PT Telkom Indonesia.

Analitik E-commerce Berperan dalam Proses Analitik Data

Dengan Analitik E-commerce dari Bigbox, kini Kementerian Kominfo dapat melakukan pelacakan perangkat Telekomunikasi & Radio seperti STB, komputer, handphone, laptop, HDC baik yang sudah maupun belum tersertifikasi kominfo yang dijual di pasaran menggunakan data e-commerce

Melalui Analitik E-commerce, Kementerian Kominfo dapat mengetahui persebaran penjualan produknya dari jumlah stok barang, nilai barang, harga jual rata-rata, dan jasa pengiriman yang sering digunakan. Hal ini merupakan cara yang sangat efektif membantu Kementerian Kominfo dalam memvalidasi isu kelangkaan yang terjadi serta memonitor distribusi penjualan perangkat yang tidak tersertikasi secara realtime di e-commerce.

Sambut Bisnis yang Lebih Baik dengan Analitik E-commerce

Sebagai platform yang bermanfaat untuk menganalisis kondisi terkini dari e-marketplace dan e-commerce, penggunaan Analitik E-commerce akan sangat berperan positif untuk bisnis yang secara operasionalnya menggunakan platform e-commerce

Untuk memberikan Anda pengalaman yang lebih baik lagi, kini Analitik E-commerce sudah dapat Anda peroleh melalui myindibiz. Dengan myindibiz, nikmati beragam fitur unggulan Analitik E-commerce dari BigBox untuk menyambut proses bisnis yang lebih baik untuk dapat Ciptakan Peluang, Wujudkan Harapan.

Klik tombol di bawah untuk informasi lebih lengkap mengenai Analitik E-commerce.

Tagar:

success storyBigBox Analitik E-commerce

Bagikan

Cerita Sukses Lainnya