article

4 Cara Membuat QRIS All Payment untuk Pelaku Usaha

Kamis, 23 Mei 2024
image

Quick Response Indonesia Standard (QRIS) adalah solusi pembayaran berbasis digital melalui e-wallet atau bank. QRIS memberikan kemudahan yang signifikan bagi masyarakat dalam bertransaksi. Alhasil, QRIS banyak diberlakukan oleh para pelaku usaha di Tanah Air. Nah, pertanyaannya sekarang, bagaimana cara membuat QRIS All Payment?

QRIS All Payment memiliki beragam manfaat dalam bertransaksi. Tidak perlu lagi bawa uang tunai atau kartu, bertransaksi cukup dilakukan secara digital saja. Kalau Anda masih bingung soal cara bikin QRIS All Payment, Bank Indonesia telah mengeluarkan langkah-langkah pembuatannya.

Cara Membuat QRIS All Payment untuk Pelaku Usaha

Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, berikut cara membuat QRIS All Payment yang mudah untuk pelaku usaha:

1. Pilih dan Pastikan Penyedia Layanan QRIS Berizin Bank Indonesia

Pertama adalah pastikan penyedia layanan atau Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) telah mengantongi izin dari Bank Indonesia. PJP akan menjadi mitra Anda melalui proses pendaftaran dan penggunaan QRIS. Informasi seputar PJP berizin dapat Anda akses melalui website Bank Indonesia dengan kategori “QRIS”. Dengan adanya legalitas dari BI, Anda akan menjalankan bisnis dengan nyaman.

2. Daftar Melalui PJP QRIS

Selanjutnya cara membuat QRIS All Payment adalah dengan mendatangi kantor PJP penyelenggara QRIS berizin Bank Indonesia. Jika tersedia, proses pendaftaran ini dapat dilakukan secara online melalui situs PJP tersebut.

Proses pendaftaran ini memerlukan beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan. Biasanya dokumen itu meliputi:  

  • File KTP sesuai dengan nama pemilik usaha
  • Nomor KK sesuai dengan KTP yang terdaftar
  • File gambar akta perusahaan sesuai dengan nama badan usaha
  • File gambar berupa NPWP perusahaan yang sesuai dengan Nama Badan Usaha
  • File gambar berupa surat keterangan kuasa asli apabila Anda mendaftarkannya sebagai wakil badan usaha

3. Tunggu Proses Verifikasi dan Pembuatan Merchant ID

Setelah seluruh dokumen persyaratan pendaftaran diverifikasi, PJP akan membuatkan Merchant ID dan kode QRIS khusus usaha Anda.

4. QRIS Merchant Siap Digunakan

Setelah cara membuat QRIS All Payment di atas selesai, QRIS Merchant Anda siap digunakan. Tinggal tampilkan QRIS ini di tempat pembayaran atau di dekat kasir.

Sebagai informasi tambahan, biaya pembuatan QRIS All Payment berbeda-beda, tergantung dari PJP yang Anda pilih. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait biaya dan persyaratan tambahan, Anda tinggal hubungi PJP QRIS terkait.

IndibizPay, Solusi Transaksi Bisnis Pakai QRIS

Tidak sulit kan membuat QRIS All Payment? Ditambah lagi sudah ada banyak penyedia layanan pembuatan QRIS yang berizin Bank Indonesia seperti IndibizPay dari Indibiz by Telkom.

Solusi transaksi bisnis ini menghadirkan pembayaran digital metode QRIS, top up dan tagihan, sampai pencatatan transaksi penjualan. Semuanya dapat diakses secara gratis lewat aplikasi indibizPAY. Adapun fitur yang bisa Anda nikmati dari IndibizPay adalah:

  • Pembayaran QRIS

Daftar QRIS di IndibizPAY gratis, mudah, dan proses cepat satu hari kerja. Transaksi aman dan handal. Pelanggan nyaman, bisnis makin digital.

  • Melayani Pembayaran Berbagai Tagihan dan Pulsa

Dapatkan penghasilan tambahan dengan menyediakan pembelian pulsa, paket data, token PLN, pembayaran tagihan listrik, internet, dan lainnya. Harga termurah, untungnya berlimpah!

  • Kasir Digital

Anda dapat mencatat transaksi penjualan secara digital dengan pilihan metode pembayaran. Dilengkapi dengan struk dan laporan penjualan, bisnis makin lancar!

  • Partnership

Menghadirkan dukungan integrasi layanan dan kerjasama bisnis. Mari bekerja sama untuk peningkatan layanan bisnis dengan berbagai solusi di indibizPAY.

Kehadiran IndibizPay dari Indibiz by Telkom akan memudahkan pelaku usaha di Indonesia dalam bertransaksi. Tak hanya gratis dengan proses yang cepat dan mudah, IndibizPay memberikan jaminan laporan lengkap sekaligus keamanan transaksi.  

Indibiz sendiri merupakan ekosistem solusi digital dunia usaha dari Telkom Indonesia yang membantu pebisnis menciptakan peluang dan mewujudkan harapannya. Ekosistem yang dihadirkan Indibiz terdiri dari empat pilar strategis untuk memberikan ragam solusi digital bagi UKM.  

Pilar pertama adalah solusi platform dan layanan digital. Pilar kedua, kolaborasi dengan startup dan para developer yang fokus untuk solusi kemajuan UKM.

Pilar ketiga yaitu kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan. Terakhir, pilar keempat meliputi kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Layanan Indibiz by Telkom hadir sebagai solusi digitalisasi bisnis yang komprehensif dan terjangkau untuk semua pelaku usaha. Dengan Indibiz, bisnis Anda dapat mengakses ekosistem digital dan teknologi yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha yang legal dan sukses di industri yang semakin dinamis.

Untuk informasi selengkapnya tentang berbagai ekosistem solusi digital usaha dari Indibiz plus penawaran spesial yang sayang untuk dilewatkan, kunjungi website resmi Indibiz atau  bertanya langsung melalui di platform media sosial @indibiz.id dan @indibizcare.

Bagikan:

Tips & Trik Bisnis Lainnya

Lihat Semua

Cari Tahu Info Terbaru

Jangan lewatkan penawaran eksklusif!

Daftarkan email Anda sekarang!