article

10 Tren Ide Cuan Bisnis Online Terbaik 2024

Kamis, 9 Mei 2024
image

Perkembangan internet yang sangat pesat membuat barrier untuk berbisnis semakin tipis. Alhasil, memulai usaha secara online menjadi pilihan banyak orang. Berbagai peluang bisnis online yang menguntungkan terus bermunculan, memungkinkan siapa saja untuk memulai usaha dengan modal yang relatif kecil.

Tetapi pertanyaannya, ide usaha online apa yang akan menghasilkan cuan dan sesuai dengan tren pasar 2024? Indibiz telah mengkompulir 10 rekomendasi ide jualan online khusus untuk Anda!

10 Ide Usaha Online untuk Hasilkan Cuan di Tahun 2024

1. Buka Toko Online

Jika anda pintar memasak atau membuat suatu barang, tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan dengan membuka toko sendiri. Pesatnya perkembangan e-commerce yang ditandai dengan literasi penggunaan e-commerce yang hampir menyeluruh pada masyarakat Indonesia telah membuka peluang lebar bagi siapapun untuk memasarkan produknya sendiri. Kunci kesuksesan toko online terletak pada bagaimana menemukan niche yang tepat dan menawarkan produk berkualitas dengan layanan pelanggan yang baik.

2. Jual Skincare dan Makeup

Jika anda bingung mau berbisnis di sektor apa. Tidak ada salahnya menengok pada potensi bisnis kecantikan. Industri kecantikan sedang dalam tren berkembang pesat hingga saat ini. Bahkan 10 perusahaan kecantikan nasional, lebih dari separuhnya diisi oleh pemain baru. 

Anda bisa memulai bisnis dengan menjual produk kecantikan yang populer atau bahkan menciptakan merek sendiri. Manfaatkan media sosial dan influencer marketing untuk mempromosikan produk Anda. Selain itu, menjual produk melalui e-commerce atau marketplace bisa meningkatkan jangkauan pasar Anda.

3. Content Creator

Semua orang adalah content creator. Tren pasar yang terjadi saat ini pun, para brand lebih melirik content creator mikro. Karena itu content creator merupakan ide usaha online yang menguntungkan jika Anda memiliki kreativitas dan kemampuan untuk membuat konten menarik. 

Anda bisa menjadi YouTuber, blogger, atau podcaster dan mendapatkan penghasilan dari iklan, sponsor, atau penjualan produk.Konsistensi dan kualitas konten adalah kunci untuk membangun audiens yang loyal sekaligus meningkatkan pendapatan Anda.

4. Freelancer

Menjadi freelancer merupakan pilihan ideal bagi Anda yang memiliki keterampilan khusus seperti menulis, desain grafis, pemrograman, atau digital marketing. Anda bisa bergabung dengan platform khusus freelancer atau mempromosikan sendiri melalui kanal pribadi.

Keuntungan menjadi freelancer yaitu fleksibilitas waktu dan tempat kerja serta potensi penghasilan yang besar tergantung pada keahlian dan pengalaman. Bahkan berkat kemajuan internet, posibilitas seorang freelancer mendapatkan pekerjaan dari klien luar negeri cukup besar dengan bayaran yang menggiurkan dengan nilai tukar mata uang asing.

5. Asisten Virtual

Kalaupun anda merasa tidak memiliki keahlian khusus ketika ingin jadi seorang freelancer, asisten virtual bisa dijadikan solusi. Menjadi seorang asisten virtual adalah orang yang menawarkan layanan administratif, teknis, atau kreatif kepada klien dari jarak jauh. Tugas-tugas yang biasa dilakukan oleh asisten virtual termasuk mengatur jadwal, mengelola email, melakukan riset, dan membuat konten.

Menjadi asisten virtual menawarkan fleksibilitas dan kesempatan untuk bekerja dengan berbagai klien dari industri yang berbeda. Terlebih ide usaha online ini juga semakin mudah terealisasi dengan adanya platform yang mewadahi asisten virtual.

6. Jasa Kursus Online

Meningkatnya permintaan pembelajaran online menjadikan kursus sebagai peluang bisnis online yang menguntungkan. Jika memiliki keahlian atau pengetahuan di bidang tertentu, Anda bisa membuat kursus dalam bentuk video, ebook, atau webinar.

Selain memasarkan sendiri, Anda juga dapat mengoptimalkan keuntungan dengan bergabung dalam platform kursus online. Dengan begitu Anda dapat menjangkau siswa dari seluruh dunia dan menghasilkan pendapatan pasif dari jasa kursus ini.

7. Reseller

Menjadi reseller termasuk ide usaha online yang mudah tanpa perlu memproduksi barang sendiri. Anda cukup membeli produk dalam jumlah besar dari supplier atau distributor kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Produk yang menjadi favorit kalangan reseller biasanya produk fesyen, gadget, atau alat rumah tangga. Untuk memasarkannya, manfaatkan media sosial atau layanan e-commerce yang dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak pelanggan.

8. Dropshipper

Bisnis dropship merupakan salah satu model usaha online yang paling mudah dimulai. Anda tidak perlu menyimpan stok barang, cukup bekerjasama dengan supplier yang akan mengirimkan produk langsung ke pelanggan Anda.

Keuntungan menjadi dropshipper yaitu risiko rendah dan modal awal yang minim. Anda tinggal fokus pada pemasaran dan penjualan produk melalui platform e-commerce atau media sosial.

9. Jasa Titip

Merupakan ide usaha online yang menawarkan layanan titip beli barang-barang tertentu dari kota lain ataupun luar negeri. Biasanya barang-barang itu tidak mudah didapatkan oleh konsumen di daerah tertentu. Bisnis ini cocok bagi yang sering bepergian atau memiliki akses ke produk-produk unik dan eksklusif.

Untuk mempromosikannya, Anda perlu menggunakan platform media sosial sebagai alat promosi layanan dan pengumpul pesanan dari pelanggan. Atau Anda juga bisa bekerjasama dengan pihak pengada produk agar mendapatkan benefit khusus jastipers.

10. Affiliate Marketing

Ide usaha online ini melibatkan promosi produk atau jasa orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dilakukan melalui link afiliasi Anda. Peluang bisnis online ini mudah ditemukan di banyak marketplace populer di Tanah Air. Tetapi, agar sukses dalam affiliate marketing, Anda perlu membangun audience yang tertarget melalui blog, media sosial, atau email marketing.

Ada beragam pilihan ide usaha online yang bisa dipilih sesuai dengan minat, keahlian, dan modal yang dimiliki. Namun jangan lupa bahwa kunci kesuksesan terletak pada konsistensi, inovasi, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan dinamika pasar.

Yang pasti jangan takut untuk mencoba dan terus belajar. Apalagi sudah ada Indibiz by Telkom yang siap membantu Anda agar usaha online dapat berkembang dan menguntungkan di tahun 2024 ini dan seterusnya.

Meraup Peluang Bisnis Online Bareng Indibiz By Telkom

Indibiz adalah ekosistem solusi digital dunia usaha dari Telkom Indonesia yang membantu pebisnis menciptakan peluang dan mewujudkan harapannya. Ekosistem yang dihadirkan Indibiz terdiri dari empat pilar strategis untuk memberikan ragam solusi digital bagi UKM.

Pilar pertama adalah solusi platform dan layanan digital. Pilar kedua, inisiatif kolaborasi dengan startup dan para developer yang fokus untuk solusi kemajuan UKM. Pilar ketiga yaitu kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan. Terakhir, pilar keempat adalah kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Indibiz menawarkan beragam layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya karena hadir dengan berbagai layanan. Mulai dari Indibiz Education, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel, dan Indibiz Finance, semuanya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Manfaatkan Layanan Indibiz Telkom untuk Bisnis Anda

Telkom Indibiz hadir sebagai solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan akses internet dengan dukungan konektivitas yang handal bagi pengembangan UKM di era modern dan digital saat ini.

Indibiz bertujuan mendukung pertumbuhan bisnis, dengan menyediakan berbagai solusi digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk menciptakan lebih banyak peluang bisnis. 

Dengan biaya terjangkau, Anda dapat memanfaatkan berbagai solusi digitalisasi bisnis dari Indibiz. Antara lain:

  • Internet Bisnis

Solusi jaringan koneksi internet yang menghubungkan bisnis Anda dengan dunia digital secara cepat, stabil, dan efisien. Solusi ini menghadirkan enam produk digital, salah satunya adalah HSI B2B Bisnis Unlimited, yaitu koneksi internet cepat tanpa batas FUP dengan biaya berlangganan mulai dari Rp 300 ribu/bulan.  

  • Operasional

Solusi kebutuhan digital untuk manajemen bisnis yang inovatif dan terintegrasi serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Mulai dari platform digital untuk mempermudah manajemen properti dan sekolah sampai perangkat keamanan untuk memantau lokasi bisnis Anda. Solusi ini dapat Anda peroleh dengan biaya berlangganan Rp 40 ribu/bulan saja.

  • Finansial

Kumpulan produk digital pilihan untuk membantu membangun serta meningkatkan visibilitas brand dengan efektif melalui pinjaman modal usaha dengan proses yang mudah dan cepat.

  • SDM

Produk yang dapat memfasilitasi pengembangan keterampilan dan meningkatkan produktivitas melalui pelatihan bisnis online dan offline.

  • Promosi

Produk untuk dapat meningkatkan inovasi dan mengoptimalkan kinerja bisnis dalam era teknologi yang terus berubah. Terdapat enam produk yang dapat memudahkan pemasaran Anda. Salah satu contohnya adalah chatbot untuk meningkatkan layanan komunikasi dengan pelanggan sampai analisis bisnis untuk memaksimalkan peluang usaha Anda. Solusi digital ini hanya berbiaya mulai dari  Rp 100 ribu/bulan.

Indibiz hadir sebagai solusi digitalisasi bisnis yang komprehensif dan terjangkau untuk semua pelaku usaha. Dengan Indibiz, bisnis Anda dapat mengakses ekosistem digital dan teknologi yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha dan sukses di industri yang semakin dinamis. Untuk informasi lengkap kunjungi website resmi Indibiz atau hubungi melalui di platform media sosial @indibiz.id dan @indibizcare.

Bagikan:

Tips & Trik Bisnis Lainnya

Lihat Semua

Cari Tahu Info Terbaru

Jangan lewatkan penawaran eksklusif!

Daftarkan email Anda sekarang!