article

Berbagai Manfaat Nyata Penggunaan Jaringan Internet untuk Bisnis Perusahaan

Rabu, 1 Mei 2024
image

Pemanfaatan internet dalam berbisnis merupakan salah satu faktor penting yang mampu mendukung keberhasilan usaha Anda. Terlebih di era serba digital seperti sekarang ini, kegunaan internet sudah menyentuh hampir di semua aspek bisnis.

Contohnya, sebuah kantor akan mendapat banyak manfaat melalui internet. Manfaat akan dirasakan semua unit yang menopang realisasi dari target penjualan, SDM, promosi, hingga efisiensi operasional internal. Berikut penjelasannya.

Keuntungan Menggunakan Jaringan Internet untuk Bisnis

Setidaknya ada lima keuntungan dalam memanfaatkan jaringan internet untuk bisnis Anda, di antaranya:

  • Permudah Perekrutan SDM

Saat ini, internet telah menjadi salah satu instrumen yang sangat penting dalam proses perekrutan sumber daya manusia (SDM). Internet telah melahirkan platform online seperti LinkedIn, Indeed, dan situs karir lainnya. Perusahaan dapat menjangkau calon karyawan potensial dengan lebih cepat dan efisien melalui platform-platform online tersebut.

Hal ini memungkinkan pelaku bisnis bisa menjaring talent berkualitas sesuai kebutuhan dengan cakupan audiens yang luas dari dalam hingga luar negeri. Ditambah lagi ada utilitas teknologi penunjang seperti Applicant Tracking System (sistem pelacakan pelamar) memudahkan perusahaan untuk menyaring dan mengelola lamaran secara efektif.

Alhasil, bisnis Anda semakin efisien. Sebab tidak perlu banyak melakukan perekrutan offline sendiri atau bahkan jadi peserta jobfair yang memakan biaya cukup tinggi.  

  • Pertajam Analisis dan Intelijen Produk dan Pasar

Internet membuka akses ke berbagai data dan analytic tool yang dapat membantu pemahaman pasar dan kinerja produk. Misalnya dengan menggunakan Google Analytics, Anda dapat melacak lalu lintas website perusahaan, perilaku konsumen, preferensi, dan tren pasar secara akurat dan real – time.

Informasi di atas tentunya sangat berharga untuk dijadikan acuan dalam setiap perumusan strategi pemasaran yang lebih efektif. Anda pun dapat menyesuaikan produk supaya lebih sesuai dengan kebutuhan pasar.

Sejak adanya internet, informasi lebih mudah diperoleh dan disebarkan. Bisnis Anda dapat memanfaatkan keuntungan ini untuk mengumpulkan data penting mengenai industri, kompetitor, dan inovasi terbaru.

Dengan berlangganan newsletter, membaca blog industri, dan mengikuti webinar, perusahaan dapat terus meng-update pengetahuan dan tetap kompetitif di pasar. Tak hanya itu, internet untuk bisnis juga memungkinkan usaha Anda menyebarkan informasi secara luas dan cepat.

Baik itu melalui website, blog bisnis, hingga media sosial, Anda dapat membagikan berita terbaru, penawaran spesial, dan informasi penting lain kepada pelanggan.  Ini meningkatkan visibilitas perusahaan dan membantu dalam membangun reputasi yang kuat di industri.

  • Membangun Jaringan Pelanggan

Manfaat internet dalam berbisnis juga telah terbukti terhadap hal perluasan jaringan konsumen perusahaan. Semua orang baik pelanggan eksisting atau pelanggan potensial sudah terhubung dengan internet. Karena itulah lahir istilah digital marketing melalui media sosial, email marketing, dan website. Internet membuat pelaku bisnis dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan, menawarkan layanan pelanggan yang lebih baik, dan mengumpulkan feedback lebih cepat.

Internet juga ramah terhadap badan usaha yang masih kecil atau merintis. Sebab ada platform e-commerce untuk bertransaksi secara digital tanpa perlu membangun website bisnis sendiri yang sejatinya membutuhkan cukup banyak dana untuk hal maintenance. 

  • Perlancar Arus Lalu Lintas Dokumen

Dahulu kala, menjalankan sebuah kebijakan perusahaan antar lintas divisi lingkup internal dibutuhkan dokumen sebagai legalitas. Bisa dibayangkan, amat butuh banyak waktu hanya untuk sekedar menjalankan sebuah kebijakan karena arus lalu lintas dokumen pengesahan didistribusikan secara manual. Waktu kian tersita jika dokumen harus didelegasikan ke kantor cabang. Belum lagi risiko hilangnya dokumen dan mudahnya dokumen dipalsukan dan disalahgunakan.

Dengan internet, pertukaran dokumen digital secara cepat dan aman. Semua bisa dilakukan melalui berbagai media online seperti cloud storage dan platform kolaborasi Dropbox, Google Drive, dan sebagainya.

Ditambah lagi, penggunaan tanda tangan elektronik (e-signature) yang memungkinkan penandatangan kontrak dan dokumen resmi lainnya dilakukan secara aman dan efisien. Kemajuan teknologi ini akan mempercepat proses bisnis dan mengurangi beban operasional perusahaan terhadap penggunaan kertas, tinta, dan alat printing.

Demikian beberapa contoh pentingnya internet bagi pelaku bisnis. Sudah bisa dikatakan integrasi internet dalam strategi bisnis bukan lagi pilihan, tetapi kebutuhan untuk tetap kompetitif dan berkembang. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, Indibiz pun hadir sebagai ekosistem digital yang dapat meningkatkan usaha Anda.

Indibiz, Solusi Digital Tepat Agar Bisnis Lebih Efektif dan Efisien

Telkom Indibiz hadir sebagai solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan akses internet dengan dukungan konektivitas yang handal bagi pengembangan UKM di era modern dan digital saat ini.

Indibiz bertujuan mendukung pertumbuhan bisnis, dengan menyediakan berbagai solusi digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk menciptakan lebih banyak peluang bisnis. 

Dengan biaya terjangkau, Anda dapat memanfaatkan berbagai solusi digitalisasi bisnis dari Indibiz. Antara lain:

  • Internet Bisnis

Solusi jaringan koneksi internet yang menghubungkan bisnis Anda dengan dunia digital secara cepat, stabil, dan efisien. Solusi ini menghadirkan enam produk digital, salah satunya adalah HSI B2B Bisnis Unlimited, yaitu koneksi internet cepat tanpa batas FUP dengan biaya berlangganan mulai dari Rp 300 ribu/bulan.  

  • Operasional

Solusi kebutuhan digital untuk manajemen bisnis yang inovatif dan terintegrasi serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Mulai dari platform digital untuk mempermudah manajemen properti dan sekolah sampai perangkat keamanan untuk memantau lokasi bisnis Anda. Solusi ini dapat Anda peroleh dengan biaya berlangganan Rp 40 ribu/bulan saja.

  • Finansial

Kumpulan produk digital pilihan untuk membantu membangun serta meningkatkan visibilitas brand dengan efektif melalui pinjaman modal usaha dengan proses yang mudah dan cepat.

  • SDM

Produk yang dapat memfasilitasi pengembangan keterampilan dan meningkatkan produktivitas melalui pelatihan bisnis online dan offline.

  • Promosi

Produk untuk dapat meningkatkan inovasi dan mengoptimalkan kinerja bisnis dalam era teknologi yang terus berubah. Terdapat enam produk yang dapat memudahkan pemasaran Anda. Salah satu contohnya adalah chatbot untuk meningkatkan layanan komunikasi dengan pelanggan sampai analisis bisnis untuk memaksimalkan peluang usaha Anda. Solusi digital ini hanya berbiaya mulai dari  Rp 100 ribu/bulan.

Indibiz hadir sebagai solusi digitalisasi bisnis yang komprehensif dan terjangkau untuk semua pelaku usaha. Dengan Indibiz, bisnis Anda dapat mengakses ekosistem digital dan teknologi yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha dan sukses di industri yang semakin dinamis. Untuk informasi lengkap kunjungi website resmi Indibiz atau hubungi melalui di platform media sosial @indibiz.id dan @indibizcare.

 

Bagikan:

Tips & Trik Bisnis Lainnya

Lihat Semua

Cari Tahu Info Terbaru

Jangan lewatkan penawaran eksklusif!

Daftarkan email Anda sekarang!