article

Hari Batik Nasional 2024: Sejarah, Tujuan, dan Tema Tahun Ini!

Selasa, 1 Okt 2024
image

Setiap tanggal 2 Oktober, Indonesia merayakan Hari Batik Nasional. Perayaan ini bukan hanya sekadar formalitas, melainkan momen penting untuk menghargai warisan budaya yang telah menjadi identitas bangsa.

Tahun 2024 menandai peringatan ke-15 sejak UNESCO mengakui batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Sebelum turut merayakan Hari Batik Nasional 2024, mari kita telusuri dulu sejarah, tujuan, dan tema perayaan tahun ini.

Sejarah Hari Batik Nasional

Sejarah Hari Batik Nasional dimulai pada tahun 2009 ketika batik ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO. Inisiatif penetapan Hari Batik Nasional digaungkan oleh Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang meresmikannya melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional. Keppres ini diikuti juga oleh Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ mengenai Pemakaian Baju Batik pada Hari Batik Nasional.

Penetapan ini menjadi tonggak penting bagi Indonesia karena batik tidak hanya diakui sebagai seni tekstil, tetapi juga sebagai identitas budaya yang kaya. Batik sendiri telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia selama berabad-abad, dengan berbagai motif dan teknik yang bervariasi di setiap daerah.

Seni membatik telah ada di Nusantara sejak era Kerajaan Majapahit. Awalnya, batik hanya digunakan oleh kalangan bangsawan dan kerajaan. Namun seiring waktu, batik menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Indonesia secara luas.

Peringatan Hari Batik Nasional pertama kali dilakukan pada tahun 2010. Pemerintah Indonesia, bersama masyarakat, berupaya untuk mengedukasi tentang nilai-nilai budaya yang terkandung dalam batik. Momen ini juga dijadikan kesempatan untuk memperkenalkan batik kepada dunia internasional sebagai salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan.

Tujuan Perayaan Hari Batik Nasional

Perayaan Hari Batik Nasional memiliki beberapa tujuan penting, yaitu:

1. Pelestarian Warisan Budaya

Hari Batik Nasional menjadi pengingat akan pentingnya melestarikan warisan budaya Indonesia. Batik bukan sekadar kain, tetapi juga cerminan filosofi dan nilai-nilai luhur bangsa.

2. Penguatan Identitas Nasional

Batik adalah salah satu identitas kuat bangsa Indonesia. Hari Batik Nasional menjadi momen untuk mempertegas identitas ini di tengah arus globalisasi.

3. Edukasi Masyarakat

Perayaan ini menjadi sarana edukasi bagi generasi muda tentang nilai sejarah, filosofi, dan budaya yang terkandung dalam setiap helai kain batik.

4. Diplomasi Budaya

Hari Batik Nasional juga menjadi ajang untuk memperkenalkan batik Indonesia ke kancah internasional, memperkuat posisi Indonesia dalam diplomasi budaya.

5. Promosi Ekonomi Kreatif

Perayaan ini menjadi momentum untuk mendorong industri batik nasional. Dengan tingginya apresiasi terhadap batik, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan para pengrajin dan pelaku usaha batik. Pemerintah dan masyarakat pun dapat berkolaborasi untuk mempromosikan produk batik lokal, baik di dalam maupun luar negeri.

Tema Hari Batik Nasional 2024

Setiap tahun, Hari Batik Nasional diusung dengan tema yang berbeda-beda. Di tahun 2023 lalu, tema perayaan adalah “Batik, Bangkit”. Tema ini diangkat dengan harapan industri batik dapat bangkit kembali pasca pandemi COVID-19. Lantas apa tema Hari Batik Nasional 2024?

Untuk saat ini masih belum ada keputusan resmi tentang tema Hari Batik Nasional 2024. Nah, sambil menunggu, Anda bisa mempersiapkan diri untuk memeriahkan perayaan ini. Salah satunya dengan mempromosikan produk batik lokal yang beragam di Indonesia.

Promosi Produk Batik Lokal Makin Efektif dengan Indibiz Ruko dari Indibiz by Telkom Indonesia

Demi mendukung promosi ekonomi kreatif di Indonesia, Indibiz by Telkom Indonesia berkomitmen untuk menghadirkan solusi digital yang memahami kebutuhan bisnis Anda. Solusi digital ini dapat Anda temukan melalui Indibiz Ruko   

Produk Indibiz Ruko merupakan solusi digital untuk modernisasi operasional toko, resto / café, bengkel, dan small office home office (SOHO). Salah satu rekomendasi produk Indibiz Ruko adalah layanan internet bisnis untuk mendukung produktivitas, perluasan pasar, dan layanan pelanggan prima guna mengoptimalkan operasional bisnis Anda.

Melalui beragam pilihan Paket Internet Bisnis, Indibiz menghadirkan solusi internet bisnis komprehensif. Mulai dari  dedicated internet dengan kecepatan 1:1 dan keamanan tinggi, unlimited tanpa FUP untuk bandwidth besar, hingga WiFi manage service untuk layanan WiFi profesional. Seluruh Paket Internet Bisnis dari Indibiz hadir guna mendukung produktivitas, ekspansi, dan layanan pelanggan optimal di era digital.

Memilih Paket Internet Bisnis dari Indibiz artinya Anda akan memperoleh beragam keuntungan, di antaranya:

  • Mendukung transformasi bisnis
  • Akses penuh jaringan internet berkualitas
  • Konektivitas cepat tanpa batas FUP
  • Jangkauan yang luas dengan harga yang terjangkau

Mulai dari Rp300ribu-an saja perbulan, Anda dapat meningkatkan peluang bisnis agar makin eksis melalui ekosistem digital dari Indibiz. Plus ada juga promo-promo menarik seperti potongan 70% untuk biaya pasang baru yang bakal bikin bisnis Anda lebih untung lagi. 

Untuk informasi selengkapnya tentang layanan internet bisnis dari Indibiz serta berbagai ekosistem solusi digital usaha lainnya plus penawaran spesial yang sayang untuk dilewatkan, kunjungi website resmi Indibiz atau  bertanya langsung melalui di platform media sosial @indibiz.id dan @indibizcare.

Bagikan:

Cari Tahu Info Terbaru

Jangan lewatkan penawaran eksklusif!

Daftarkan email Anda sekarang!