article

8 Cara Mulai Bisnis Online Sendiri Bagi Pemula

Senin, 6 Mei 2024
image

Setiap badan usaha yang sudah besar saat ini, selalu dimulai dengan sebuah langkah awal kecil. Titik permulaan inilah yang menjadi awal perjalanan panjang  yang menjadi fondasi pertumbuhan perusahaan kelak. Untuk pemula tentunya memulai bisnis online menjadi syarat untuk menjadi kelak berubah menjadi perusahaan besar.

Berbisnis pun tidak melulu harus dimulai dengan modal besar untuk mendirikan kantor dan gerai penjualan. Saat ini sudah banyak platform digital baik e-commerce ataupun media sosial yang bisa dijadikan sarana berniaga para pebisnis pemula. Namun, dengan cara mulai bisnis yang tepat, bukan tidak mungkin Anda mengembangkan usaha ini hingga menjadi sebuah perusahaan berskala internasional. Lalu bagaimana cara mulai usaha online sendiri, khususnya bagi pemula? Yuk simak tips berikut ini!

Bagaimana Cara Mulai Bisnis Online dari Nol?

Meski tak harus punya modal besar, tetap saja untuk memulai bisnis online diperlukan persiapan dan strategi yang matang. Nah, sebagai permulaan, coba deh ikuti cara-cara berikut ini:

1. Persiapkan Kebutuhan yang Diperlukan

Langkah pertama dalam memulai bisnis online adalah mengetahui apa saja yang diperlukan untuk menjalankannya. Anda perlu memiliki akses internet yang stabil, perangkat komputer atau smartphone, serta keterampilan dasar dalam menggunakan teknologi dan platform online.

Selain itu, pengetahuan tentang pemasaran digital, pengelolaan website, dan layanan pelanggan juga akan sangat membantu. Jadi, pastikan cari tahu apa yang diperlukan sebelum melangkah lebih jauh.

2. Riset

Riset menjadi salah satu kunci untuk memahami pasar dan menentukan strategi bisnis online yang tepat. Mulailah dengan mengidentifikasi tren pasar dan kebutuhan konsumen. Cari tahu produk atau layanan apa yang sedang diminati serta bagaimana permintaan tersebut berkembang.

Anda bisa memanfaatkan alat riset online seperti Google Trends, survei konsumen, atau platform media sosial untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang pasar yang ingin Anda masuki.

3. Pilih Produk untuk Dijual

Setelah melakukan riset, selanjutnya adalah memilih produk atau layanan yang akan jual. Pilihlah produk yang memiliki permintaan tinggi dan sesuai dengan minat atau keahlian. Anda bisa memilih produk fisik, digital, atau servis. 

Apapun pilihannya, pastikan produk yang Anda pilih memiliki nilai tambah dan bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Jangan lupa juga untuk mempertimbangan harga, kualitas, dan potensi keuntungan dari produk itu. Satu hal yang pasti produk berkualitas akan lebih mudah dipasarkan. Jadi fokuskan perhatian Anda kepada kualitas produk terlebih dahulu.

4. Target Konsumen

Tentukan segmen pasar yang ingin Anda sasar berdasarkan demografi, geografis, psikografis, dan perilaku konsumen. Buat juga profil konsumen ideal yang mencakup informasi seperti usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan kebiasaan belanja.

Dengan memahami target konsumen potensial, penyusunan strategi pemasaran yang lebih efektif dan personal akan lebih mudah.

5. Riset Kompetitor

Riset kompetitor membantu dalam pemahaman persaingan di pasar dan menemukan cara untuk bersaing dengan efektif. Jadi, identifikasi siapa saja pesaing utama Anda, produk yang mereka tawarkan, dan bagaimana strategi pemasarannya.

Kompetisi adalah hal yang tidak terhindarkan. Pastikan Anda juga menganalisis kekuatan dan kelemahan mereka. Dari sana Anda akan menemukan peluang untuk menawarkan sesuatu yang berbeda bahkan lebih baik.

6. Tentukan Model Bisnis

Memilih model bisnis yang tepat merupakan bagian krusial dalam memulai bisnis online. Ada beberapa model bisnis yang bisa jadi pertimbangan. Beberapanya antara laini:

  • Dropshipping: Metode penjualan produk tanpa perlu menyimpan stok sedangkan pemasok akan mengirimkan produk langsung ke konsumen
  • Affiliate marketing: Metode penjualan dengan mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang terjadi melalui tautan afiliasi Anda.
  • Subscription: Dalam metode ini konsumen membayar biaya berlangganan untuk mendapatkan produk atau layanan secara berkala.
  • E-commerce: Metode dengan menjual produk langsung ke konsumen melalui toko online.

7. Promosi

Promosi adalah langkah kunci untuk menarik perhatian konsumen untuk meningkatkan penjualan. Manfaatkan berbagai platform digital untuk mempromosikan bisnis Anda melalui diversifikasi platform media sosial, email marketing, SEO, dan iklan berbayar.

Buat konten yang menarik dan relevan dengan target konsumen. Serta gunakan strategi pemasaran yang sesuai dengan perilaku konsumen target. Selain itu, manfaatkan juga influencer marketing dan kolaborasi dengan brand lain untuk memperluas jangkauan promosi Anda.

8.Evaluasi Berkala

Evaluasi perlu dilakukan secara berkala. Hal ini sangat penting untuk mengetahui efektivitas strategi bisnis yang sudah dijalankan. Gunakan alat bantu analitik untuk memantau kinerja bisnis seperti Google Analytics untuk trafik di website, atau alat analisis media sosial untuk interaksi dan jangkauan.

Analisis data memberi pemaparan hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki. Selain itu, mintalah feedback dari konsumen untuk mendapatkan wawasan tentang kepuasan mereka dan bagaimana Anda bisa meningkatkan layanan atau produk.

Memulai bisnis online memang memerlukan persiapan dan strategi yang matang. Dengan mengikuti delapan langkah di atas, Anda bisa membangun fondasi yang kuat sebagai cara mulai bisnis online yang tepat.

Untungnya memulai bisnis di era digital seperti sekarang ini akan semakin mudah. Terlebih ada layanan Indibiz by Telkom yang siap mengoptimalkan peluang usaha Anda di tengah persaingan yang kompetitif.

Mulai Bisnis Online Bareng Indibiz By Telkom

Indibiz adalah ekosistem solusi digital dunia usaha dari Telkom Indonesia yang membantu pebisnis menciptakan peluang dan mewujudkan harapannya. Ekosistem yang dihadirkan Indibiz terdiri dari empat pilar strategis untuk memberikan ragam solusi digital bagi UKM.

Pilar pertama adalah solusi platform dan layanan digital. Pilar kedua, inisiatif kolaborasi dengan startup dan para developer yang fokus untuk solusi kemajuan UKM. Pilar ketiga yaitu kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan. Terakhir, pilar keempat adalah kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Indibiz by Telkom menawarkan beragam layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya karena hadir dengan berbagai layanan. Mulai dari Indibiz Education, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel, dan Indibiz Finance, semuanya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Manfaatkan Layanan Indibiz Telkom untuk Bisnis Anda

Indibiz by Telkom Indonesia hadir sebagai solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan akses internet dengan dukungan konektivitas yang handal bagi pengembangan UKM di era modern dan digital saat ini.

Tujuan dari Indibiz adalah untuk mendukung pertumbuhan bisnis, dengan menyediakan berbagai solusi digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk menciptakan lebih banyak peluang bisnis.

Dengan biaya terjangkau, Anda dapat memanfaatkan berbagai solusi digitalisasi bisnis dari Indibiz. Antara lain:

  • Internet Bisnis

Solusi jaringan koneksi internet yang menghubungkan bisnis Anda dengan dunia digital secara cepat, stabil, dan efisien. Solusi ini menghadirkan enam produk digital, salah satunya adalah HSI B2B Bisnis Unlimited, yaitu koneksi internet cepat tanpa batas FUP dengan biaya berlangganan mulai dari Rp 300 ribu/bulan.  

  • Operasional

Solusi kebutuhan digital untuk manajemen bisnis yang inovatif dan terintegrasi serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Mulai dari platform digital untuk mempermudah manajemen properti dan sekolah sampai perangkat keamanan untuk memantau lokasi bisnis Anda. Solusi ini dapat Anda peroleh dengan biaya berlangganan Rp 40 ribu/bulan saja.

  • Finansial

Kumpulan produk digital pilihan untuk membantu membangun serta meningkatkan visibilitas brand dengan efektif melalui pinjaman modal usaha dengan proses yang mudah dan cepat.

  • SDM

Produk yang dapat memfasilitasi pengembangan keterampilan dan meningkatkan produktivitas melalui pelatihan bisnis online dan offline.

  • Promosi

Produk untuk dapat meningkatkan inovasi dan mengoptimalkan kinerja bisnis dalam era teknologi yang terus berubah. Terdapat enam produk yang dapat memudahkan pemasaran Anda. Salah satu contohnya adalah chatbot untuk meningkatkan layanan komunikasi dengan pelanggan sampai analisis bisnis untuk memaksimalkan peluang usaha Anda. Solusi digital ini hanya berbiaya mulai dari  Rp 100 ribu/bulan.

Indibiz hadir sebagai solusi digitalisasi bisnis yang komprehensif dan terjangkau untuk semua pelaku usaha. Dengan Indibiz, bisnis Anda dapat mengakses ekosistem digital dan teknologi yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha dan sukses di industri yang semakin dinamis. Untuk informasi lengkap kunjungi website resmi Indibiz atau hubungi melalui di platform media sosial @indibiz.id dan @indibizcare.

Bagikan:

Tips & Trik Bisnis Lainnya

Lihat Semua

Cari Tahu Info Terbaru

Jangan lewatkan penawaran eksklusif!

Daftarkan email Anda sekarang!