article

Batasi Penggunaan WiFi Agar Tidak Kehabisan Kuota di Tengah Jalan

Kamis, 4 Jul 2024
image

Di era digital ini, penggunaan internet melalui jaringan WiFi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama di dunia bisnis. Namun, penggunaan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kehabisan kuota internet.

Hal ini akan menimbulkan masalah karena bisa mengganggu operasi bisnis dan meningkatkan beban biaya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara membatasi penggunaan WiFi guna menjaga efisiensi serta produktivitas perusahaan.

Pembatasan konsumsi WiFi juga berperan dalam meningkatkan keamanan jaringan. Dengan membatasi akses ke situs-situs tertentu atau jenis konten tertentu, perusahaan dapat mengurangi risiko terkena serangan siber atau malware.

Lantas bagaimana sih cara membatasi penggunaan WiFi biar tidak kebablasan? Simak tips berikut!

Cara Membatasi Penggunaan WiFi

Untuk membatasi penggunaan WIFI, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Berikut langkah-langkahnya:

1. Gunakan Router dengan Fitur Kontrol Penggunaan

Banyak router modern dilengkapi dengan fitur kontrol penggunaan yang memungkinkan administrator jaringan untuk mengatur batasan penggunaan data. Fitur-fitur ini meliputi:

  • Pembatasan bandwidth; pengaturan batasan bandwidth untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. Hal ini untuk memastikan tidak ada perangkat yang menggunakan terlalu banyak bandwidth hingga mengganggu koneksi perangkat lain.
  • Pembatasan waktu akses; pengaturan waktu akses untuk perangkat tertentu. Misalnya, akses internet dapat dibatasi hanya selama jam kerja sehingga menghindari penggunaan yang sia-sia di luar kebutuhan operasional.
  • Blokir situs dan aplikasi tertentu; router dengan fitur kontrol penggunaan dapat digunakan untuk memblokir akses ke situs-situs atau aplikasi tertentu yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

2. Gunakan Software Manajemen Jaringan

Selain fitur kontrol pada router, Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak tersendiri/software manajemen jaringan untuk membatasi penggunaan WiFi. Software ini menawarkan kontrol yang lebih detail dan fleksibel, termasuk:

  • Monitoring penggunaan data; Untuk memonitor penggunaan data secara real-time software ini memungkinkan administrator untuk melihat perangkat mana yang menggunakan data terbanyak dan mengambil tindakan yang diperlukan secara real-time.
  • Pengaturan kebijakan penggunaan; perusahaan dapat mengatur kebijakan penggunaan internet yang lebih spesifik. Contohnya, larangan melakukan streaming video selama jam kerja atau kegiatan internet yang memakan banyak kuota internet.
  • Peringatan penggunaan data; berfungsi untuk mengirim peringatan ketika penggunaan data mendekati limit kuota yang ditetapkan. Ini membantu perusahaan untuk mengambil tindakan sebelum kuota habis.

3. Edukasi dan Penegakan Kebijakan Perusahaan

Pembatasan penggunaan WiFi tidak hanya tentang perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga melibatkan edukasi dan kebijakan perusahaan. Beberapa langkah yang dapat diambil meliputi:

  • Edukasi Karyawan

Perusahaan harus mengedukasi karyawan tentang pentingnya penggunaan internet yang efisien dan bertanggung jawab. Karyawan pun harus memahami bagaimana penggunaan yang tidak terkontrol dapat berdampak pada bisnis secara keseluruhan.

  • Kebijakan Penggunaan Internet

Perusahaan harus menetapkan kebijakan penggunaan internet yang jelas dan mengkomunikasikannya kepada semua karyawan. Kebijakan ini harus mencakup batasan penggunaan data, waktu akses, dan situs atau aplikasi yang diperbolehkan.

  • Penegakan Kebijakan

Penting untuk memastikan bahwa kebijakan yang telah ditetapkan diterapkan dengan konsisten. Perusahaan harus memiliki mekanisme untuk memonitor dan menegakkan kebijakan ini, termasuk tindakan disiplin jika diperlukan.

Bisnis Makin Eksis Bareng Indibiz by Telkom Indonesia

Dengan pembatasan konsumsi kuota WiFi yang efektif, perusahaan dapat memastikan efisiensi penggunaan internet dan mencegah kehabisan kuota hingga menghindari biaya operasional yang tidak terduga. Langkah-langkah ini juga berkontribusi pada peningkatan produktivitas karyawan dan keamanan jaringan yang lebih baik.

Nah, untuk memastikan produktivitas kerja dan efektivitas keamanan jaringan, Indibiz hadir sebagai solusi internet demi memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Indibiz sendiri merupakan ekosistem solusi digital dunia usaha dari Telkom Indonesia yang membantu pebisnis menciptakan peluang dan mewujudkan harapannya. Ekosistem yang dihadirkan Indibiz terdiri dari empat pilar strategis yang memberikan ragam solusi digital bagi UKM.

Pilar pertama adalah solusi platform dan layanan digital. Pilar kedua merupakan kolaborasi dengan startup dan para developer yang fokus untuk solusi kemajuan UKM.

Pilar ketiga yaitu kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan. Terakhir, pilar keempat yang mencakup kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Indibiz menawarkan beragam layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya karena hadir dengan berbagai layanan. Mulai dari Indibiz Education, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel, Indibiz Finance, Indibiz Health, Indibiz Ekspedisi, dan Indibiz Energi. Semuanya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Salah satu layanan yang dihadirkan oleh Indibiz untuk mendukung eksistensi bisnis Anda adalah Paket Internet Bisnis. Melalui paket ini, Indibiz mengajak Anda untuk menciptakan ekosistem digital bisnis dengan konektivitas andal tanpa batas dan tanpa hambatan jaringan lagi.

Tersedia beragam pilihan paket internet bisnis dengan kecepatan up to 200 Mbps serta layanan digital lainnya. Misalnya monitoring jaringan by Netmonk, layanan customer omnichannel engagement, bundling IPTV, hingga bonus teleponan ratusan menit

Cukup mulai dari Rp 400 ribu saja perbulan, Anda dapat meningkatkan peluang bisnis agar makin eksis melalui ekosistem digital dari Indibiz. Plus ada juga promo-promo menarik yang bakal bikin bisnis Anda lebih untung lagi. Yuk berlangganan Paket Internet Bisnis dari Indibiz sekarang juga dan dapatkan promo potongan 70% untuk biaya pasang baru!

Nah, untuk informasi selengkapnya tentang layanan internet bisnis dari Indibiz serta berbagai ekosistem solusi digital usaha lainnya plus penawaran spesial yang sayang untuk dilewatkan, kunjungi website resmi Indibiz atau  bertanya langsung melalui di platform media sosial @indibiz.id dan @indibizcare.

Bagikan:

Tips & Trik Bisnis Lainnya

Lihat Semua

Cari Tahu Info Terbaru

Jangan lewatkan penawaran eksklusif!

Daftarkan email Anda sekarang!